Modem | Pengertian, Jenis dan Cara Kerja Modem

Pengertian Modem, Jenis-Jenis dan Teknologinya

Pengertian Modem adalah perangkat keras jaringan komputer, singkatan dari modulator-Demodulator yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain melalui jaringan tertentu. modulator-demolator. Ini adalah proses di mana sinyal berbentuk digital yang dihasilkan oleh komputer dialihkan kepada isyarat berbentuk gelombang supaya dapat dikirimkan melalui saluran telepon dan juga sebaliknya yaitu kemampuan untuk mengalihkan isyarat gelombang kepada isyarat digital. Apakah itu sinyal digital, analog serta perbedaan diantara keduanya.

Sinyal digital adalah sinyal yang memiliki serangkaian switch elektronik yang diwakili oleh fitur hidup dan mati, fitur hidupnya diwakili oleh angka 1, sedangkan fitur matinya pula diwakili oleh 0. Dengan petunjuk fitur ini serta kombinasi angkanyalah maka komputer mampu menghasilkan data berbentuk teks, grafik dan sebagainya.

Berbeda pula dengan Sinyal Analog, ia adalah sinyal berbentuk gelombang melalui beberapa media telekomunikasi dan data serta informasi diproduksi berdasarkan kekuatan gelombang serta tahap frekuensinya. Singkatnya, fungsi modem mengubah sinyal berbentuk 1 dan 0 tadi kepada isyarat berbentuk gelombang serta frekuensi begitu juga sebaliknya.

Modem umumnya diklasifikasikan oleh jumlah data yang dapat ditransferkan/detiknya, biasanya dinyatakan dalam bit per detik (bit/s, atau bps). Modem dapat diklasifikasikan secara alternatif oleh simbol ratenya yang diukur dalam satuan baud. satuan baud menunjukkan simbol per detik, atau jumlah berap kali perdetik modem mengirimkan sinyal baru. Misalnya, ITU V. 21 standar yang digunakan frekuensi Audio tombol shift, artinya, tone frekuensi yang berbeda, dengan dua frekuensi yang mungkin sesuai dengan dua simbol yang berbeda (atau satu bit per simbol), untuk membawa 300 bit per detik menggunakan 300 baud. Sebaliknya, standar ITU V.22 asli, yang mampu mengirim dan menerima empat simbol yang berbeda (dua bit per simbol), menangani 1.200 bit / s dengan mengirim 600 simbol per detik (600 baud) dengan menggunakan pergeseran tombol shift.

Seiring dengan kemajuan perkembangan jaringan telekomunikasi Telepon seluler, berbagai type telah diciptakan. Bahkan saat ini Modem tanpa kabel sudah tidak asing lagi dengan spesifikasi dan kecepatan berbeda-beda. Selain dari modem analog yang kita gunakan sebelum internet sesemarak sekarang ini, ada banyak jenis yang telah merambah dunia cyber saat ini.

Jenis-jenis modem dibedakan dari jenis media yang digunakan, menurut ruang, dan menurut teknloginya

  1. Jenis Modem menurut Medianya
    1. Wired / media kabel
    2. Wireless / media nirkabel
  2. Jenis Modem menurut ruang
    1. Internal
    2. eksternal
  3. Jenis Modem menurut Teknologinya :
    1. Analog
    2. ADSL
    3. Broadband
    4. GSM
    5. CDMA
Ad 1. Pengertian Modem menurut medianya

pengertian Modem Wired/ kabel : menggunakan jaringan kabel, misalnya melalu kabel telepon. Pada dekade 90an setelah jaringan telekomunikasi beralih dari kabel tembaga ke kabel serat optik, ditawarkan pula jaringan melalui koneksi digital kabel FO ke pelanggan- yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps). Selain dari kabel fiber optik ada juga yang jaringan TV kabel. Diawal millenium ini muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon.

Pengertian Modem Wireless / nirkabel : adalah jenis modulator demodulator-yang menghubungkan ke jaringan nirkabel dengan menggunakan sistem radio ke wireless internet service provider (ISP) / acces point biasanya ke operator telepon mobile atau operator televisi kabel untuk mendapatkan akses internet.

Ponsel, smartphone, dan PDA dapat digunakan sebagai modem data untuk dihubungkan ke titik akses nirkabe (acces point) yang menghubungkan komputer ke internet. Operator ponsel menyediakan sebuah gateway antara antara layanan seluler penyedia jaringan teknologi data dan Point-to-Point Protocol (PPP) dengan Komputer. Hampir semua operator ponsel saat ini mendukung command Hayes set, metode standar pengendalian modem ke Komputer, telepon bertindak sebagai modem eksternal ketika terhubung melalui kabel serial, USB, IrDA inframerah atau Bluetooth nirkabel. Sekarang ini telah diciptakan pula type external yang dikoneksikan melalu port USB.

Ad 2 Jenis Modem menurut Letaknya.

Pengertian Modem External.

Modem eksternal biasanya tergolong modem hardware, kabel awalnyapun typenya adalah eksternal (disambung ke PC melalui kabel kabel ke serial port COMx dengan menggunakan kabel DB-9 atau DB-25.

Modem wired ADSL umumnya adalah jenis eksternal yang dihubungkan melaui kabel kabel STP dengan menggunakan konektor RJ45 ke NIC yang terpasang pada komputer.

Modem eksternal biasanya disukai karena lebih cepat daripada jenis internal. Untuk komputer portabel, seperti laptop, patut disebutkan satu jenis modem lagi namun karena sifatnya pasang pakai alias dilepas-lepas maka dikategorikan jenis eksternal, yaitu modem yang menggunakan slot PCMCIA. alat ini berbentuk kartu yang dimasukkan ke slot PCMCIA di laptop/notebook. alat ini tergolong ringkas karena cocok buat pemakai yang mobile. Sekarang ini rata-rata telah menggunakan koneksi USB, misalnya modem GSM dan CDMA

Pengertian Modem Internal

ketika internet menjadi kebutuhan pokok, maka type internal diciptakan. type semacam ini tertanam pada slot PCI di motherboard. type yang yang ditanam pada motherboard biasanya berbentuk kartu, ditancapkan ke slot PCI. Kartu tersebut menyediakan port yang bisa dihubungkan ke kabel telepon (port RJ-11). Komputer yang mempunyai port RJ-11 kemungkinan besar dilengkapi dengan jenis ini., karena sudah ada pada casing komputer, jelas menghemat tempat karena tidak perlu piranti eksternal. Namun bila dari awal komputer Anda belum dilengkapi dengan modem internal, memasang periferal satu ini lebih sulit.

Teknologi saat ini telah mengintegrasikan modem GSM ataupun CDMA kedalam notebook.

Ad 3 Jenis Modem Menurut Teknologinya

Modem Analog

Masih ingat? Modem yang digunakan sebelum speedy dan internet provider GSM, merambah dunia internet kita terhubung ke internet melalui dialup modem analog. Cara kerjanya adalah Modem mengganti (modulasi) sinyal digital (representasi bit: 0 & 1 saja) dari komputer ke sinyal analog saat sinyal itu melalui medium seperti saluran telepon kemudian modem pada komputer tujuan akan mengubah (demodulasi) sinyal analog tersebut ke digital kembali agar dipahami oleh komputer.

Modem Analog ini terdiri 2 jenis modem yaitu modem internal dan external. Modem Internal berbentuk papan elektronik yang akan dipasang pada papan induk di slot PCI yang kosong. Modem External pula akan di pasang secara standalone dimana ia bisa di on dan off tanpa tergantung pada komputer. Ia bisa diinstal berdasarkan jenisnya. Antara port yang bisa dipasang modem external adalah serial port, usb port dan fire wire port (tercepat).

Modem ADSL
Pengertian Modem ADSL adalah tehnologi baru dikembangkan, tidak terbatas pada frekuensi voiceband audio dan telepon. Beberapa modem ADSL menggunakan frekuensi coded orthogonal frequency division modulation ( (DMT, untuk MultiTone Diskrit, juga disebut COFDM, untuk TV digital di sebagian besar penguna di dunia) Kabel modem menggunakan rentang frekuensi awalnya ditujukan untuk penggunaan saluran televisi RF. Beberapa kabel modem terpasang pada kabel tunggal dan dapat menggunakan band frekuensi yang sama, menggunakan protokol akses media tingkat rendah (low-level media access protocol) memungkinkan akses saluran yang sama. Biasanya, sinyal ‘atas’ dan ‘bawah’ disimpan terpisah menggunakan divisi frekuensi multi akses (frequency division multiple access).

Modem Broadband
Jenis baru modem broadband mulai muncul, seperti doubleway satelit dan modem saluran listrik.

Modem broadband masih harus digolongkan sebagai modem, karena menggunakan bentuk gelombang kompleks untuk membawa data digital. Broadband adalah perangkat lebih maju dibandingkan modem dial-up tradisional karena mampu melakukan ratusan modulasi demodulasi saluran secara bersamaan.

Banyak modem broadband juga ber fungsi sebagai router (dengan Ethernet dan WiFi port) dan fitur lainnya seperti DHCP , NAT dan fitur firewall.

Broadband adalah jaringan dan router yang asing bagi konsumen Ketika teknologi broadband ini diperkenalkan. Namun, banyak orang tahu modem adalah sebagai akses internet melalui dial-up. Karena pemahamn masyarakat mengena modem maka beberapa vendor mulai memproduksi dan menjual modem broadband dengan menggunakan istilah akrab yaitu modem ketimbang menggunakan istilah yang samar-samar seperti adapter atau transceiver, atau bridge.

Modem GSM
Modem GSM menggunakan sistem telepon selular ( GPRS , UMTS , HSPA , EVDO , WiMax , dll), dikenal sebagai modem nirkabel (kadang-kadang juga disebut modem selular). Modem nirkabel dapat tertanam di dalam laptop atau type alat eksternal. Modem nirkabel eksternal berupa : connect card (karti koneksi), modem usb untuk mobile broadband dan router selular . Sebuah kartu koneksi adalah PC Card atau ExpressCard di tanamkan ke slot PCMCIA / PC Card/ ExpressCard slot pada komputer. USB modem nirkabel menggunakan port USB pada laptop.. Sebuah router selular mungkin memiliki datacard eksternal (AirCard) yang dimasukkanke dalamnya. Sebagian besar router seluler membolehkan datacards atau modem USB.

Sebagian besar modem GSM nirkabel terintegrasi dengan SIM bawaan (seperti, Huawei E220 , Sierra 881, dll) dan beberapa model juga dilengkapi dengan slot memori microSD dan / atau jack untuk antena eksternal tambahan seperti Huawei E1762 dan Sierra Wireless Kompas 885. versi CDMA (EVDO) tidak menggunakan R-UIM card, tetapi menggunakan Serial Number Elektronik (ESN) sebagai gantinya.

Modem CDMA
Pengertian Modem CDMA adalah modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA. modem nirkabel berperilaku seperti a Hayes compatible dial-up modem. Perbedaan utama antara modem Hayes standar dan modem CDMA adalah bahwa modem hayes mengirim dan menerima data melalui saluran telepon tetap sementara modem CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.

Modem CDMA bisa saja berbentuk unit eksternal seperti PCMCIA card (disebut juga PC Card). Modem CDMA eksternal terhubung ke PC melalui kabel serial, kabel USB, Bluetooth atau Inframerah.

Comments