Cara saya mengatasi redirect blogger mobile url m=1 setelah migrasi wordpress

Akhir-akhir ini , banyak dari kita mungkin yang mencoba menggunakan wordpress . Karena banyak blogger berpengalaman yang menyarankan wordpress .

Alasan Migrasi Blogger ke Wordpress

Bagi kamu yang belum tahu kenapa wordpress begitu dipercayai blogger dunia , kamu bisa baca artikel saya Migrasi wordpress sekarang !!! 7 Alasan, Wajib buat kamu yang niat .

Setelah membaca banyak artikel tentang migrasi wordpress dan mencari panduannya di internet . Kita sudah tau bayangan tentang wordpress , walupun belum coba langsung .

Akhirnya kita beranikan diri untuk order hosting walaupun pake uang tabungan . Rela mengeluarkan uang untuk sesuatu yang belum pasti .

Kita berharap dengan hosting , blog kita jadi self domain dan dengan begitu kita bisa lebih fokus mengurus blog untuk dijadikan bisnis dan bisa memberikan keuntungan kedepannya .

Saran saya , cara memilih hosting yang tepat buat kamu dapat dengan mencari rekomendasi hosting ke blogger yang udah pengalaman , misalnya Om Gany dari KlikMania.net , ato kamu bisa tanya-tanya di forum blogger .

Tapi pada artikel ini saya melihatnya, kamu sudah beli hosting , sudah migrasi dari blogger ke wordpress .

Redirect link versi mobile

Setelah kamu migrasi ke wordpress , banyak hal yang seharusnya kamu perbaiki . Selain masalah permalink yang harus diganti , ada masalah lain yang harus selesaikan . Yaitu redirect link ketika user menggunakan perangkat mobile dengan url .html?m=1

Ini masalah serius bagi saya , karena ternyata wordpress tidak mengenali link tersebut . Hal itu membuat situs menampilkan page not found .

Cara saya mengatasi redirect blogger mobile url m=1 setelah migrasi wordpress | serilkom
Page not found karena situs dibuka di mobile

Ini menyebabkan traffic blog kita akan turun drastis, selain itu ranking kita juga di google akan turun , karena google ketika ngeindeks artikel dan ternyata situsnya not found , maka google menganggap situs tersebut telah tidak ada . 

Pasti sayangkan kalo artikel kita udah masuk yang masuk page one google . Dan sering menjadi sumber organik traffic . Menjadi berguguran karena situs menampilkan page not found .

Baca juga page one google bukan hal yang mustahil bagi kamu . Kalo kamu merasa butuh agar setiap artikel di dapat masuk page one di google .

Selain itu page not found juga menyebabkan hilangnya kepercayaan dari visitor yang telah mengunjungi . Ini penting banget , kalo kita udah punya pembaca yang loyal . 

Apalagi pembaca yang baru saja mengenal situs kita . Pasti langsung ngejudge situs tidak bagus ato apalah .

Jadi ..

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan setelah migrasi wordpress

1. Coba semua perubahan yang ingin kamu lakukan di wordpress , di konsep terlebih dahulu di kertas atau dimanapun . Ini karena wordpress cepet di crawl robot .

Ketika ada link not found yang kamu pada web baru mu , itu sangat berpengaruh ke ranking situsmu .
Ini saya alami , karena menggunakan berganti ganti theme , plugin , dan install ulang wordpress . Semua perubahaan itu dalam waktu kurang dari 1 hari sudah beruba semua di search engine . Ini salah satu yang bikin saya frustasi .

2. Coba kamu pilih , desain bagus , loading cepet , dan user suka . Atau desain simple , loading sangat cepet, dan user sangat nyaman .

Karena menurut para blogger dunia seperti problogger, dan di forum-forum AllTechBuzz , Algoritma google sekarang lebih memperioritaskan blog dengan dengan loading cepat .

Selain itu , google juga lebih mengutamakan blog yang bisa menahan user selama mungkin di blognya . Ini kenapa blog-blog di luar negeri panjang banget artikel nya .

Kembali ke topik . Cara mengatasi redirect blogger mobile url m=1 setelah migrasi wordpress . Kebanyakan dari artikel yang baca menggunakan plugin . Plugin lagi , plugin lagi .

Dan itu tidak cukup memberikan solusi bagi permasalahan yang saya alami . Itu cukup membuat saya kesal .

Tapi , Allhamdulillah .

Akhirnya saya menemukan solusi redirect blogger mobile url m=1 setelah migrasi wordpress dari forum kesukaan saya untuk belajar tips dan trik tentang blogger , adsense, wordpress . https://ask.alltechbuzz.net .


Cara mengatasi redirect blogger mobile url m=1 setelah migrasi wordpress

Copy code dibawah ini , dan paste di htaccess . Situsmu .

Lokasi htaccses

Untuk cara masuk ke htaccess , kamu bisa masuk lewat cpanel . Dengan mengetik www.namadomain.com/cpanel

File manager , dan pilih directory situsmu . Jangan lupa di setting , show hidden files . Karena file htaccess ini sangat sensitif dan penting jadi default nya di hidden . Setelah muncul kamu bisa edit , dengan klik kanan dan edit .

Atau kamu bisa mengakses htaccess tanpa cpanel dengan memasang plugin wp htaccess control . Bisa di download disini https://wordpress.org/plugins/wp-htaccess-control/ . Kemudian kamu add new di plugin upload plugin atau dengan search wp-htaccess-control , jangan lupa di aktifin .

Paste kode dibawah ini


Begin Wordpress
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteEngine On
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^m=1$
RewriteRule ^(.*)$ /$1? [R=301,L]
RewriteRule ^index.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
END WordPress

Begin Redirection

Redirect archives
RewriteRule ^([0-9]{4})([0-9]{1,2})([0-9]{1,2})_archive.html$ $1/$2/ [L,R=301]

Redirect labels/categories
RewriteRule ^search/label/(.*)$ category/$1/ [L,R=301]
RewriteEngine On
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^m=1$
RewriteRule ^(.*)$ /$1? [R=301,L]

ATOM Feeds
RewriteRule atom.xml feed/atom/ [L,R=301]
RewriteRule feeds/posts/default feed/atom/ [L,R=301]
RSS FEEDS
RewriteRule feeds/posts/default?alt=rss feed/ [L,R=301]
RewriteRule rss.xml feed/ [L,R=301]

Comments Feed
RewriteRule /feeds/comments/default comments/feed/ [L,R=301]
RewriteRule /feeds/comments/default?alt=rss comments/feed/ [L,R=301]

End Redirection
Dengan menambah kode diatas maka semua halaman situsmu yang versi mobile www.example.com/postURL.html?m=1 akan ke redirect ke www.example.com/postURL.html

Wohoo . Solusi ini terbaik bagi saya, dan Site stats sudah mulai naik kembali setelah 1 minggu down karena page not found .

Comments

  1. Itu kode di paste semua di htaccses gan? Tepat di atasnya atau di bagian mana?

    ReplyDelete
  2. mantap bos..makasih
    udh pusing bngt baru pindah wp..wkk

    ReplyDelete

Post a Comment