Backup Data BlackBerry Ke Kartu Memori

Data Backup
Beragam cara bisa dilakukan untuk memindahkan (backup) data yang tersimpan di BlackBerry. Salah satunya dengan cara konvensional, yakni melalui Desktop manager hingga melakukannya secara online. Masing-masing tehnik tersebut tentunya punya kelebihan dan kekurangan.



Nah, buat yang tak ingin repot, sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk membackup semua data handheld seperti contacts, memos, tasks, calendar events, email, categories, dan call log. Yakni, dengan menggunakan aplikasi "Data Backup".



Aplikasi bikinan S4BC Limited ini sifatnya gratisan untuk yang versi Beta, dan hanya membutuhkan kartu memory (microSD) sebagai wadah tempat menyimpan hasil backup-an. Jadi, jika Anda mengganti handheld BlackBerry namun ingin semua data tersebut berpindah tempat dengan mudah dan simple, tinggal restore saja melalui kartu memori. Tapi tentu saja harus memiliki aplikasi ini di BlackBerry baru.



Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk melakukan proses backup, menggunakan aplikasi "Data Backup":



1. Download aplikasi " Data Backup" dari Aplikasi BlackBerry atau langsung via widget BlackBerry Application World dengan key code "Data Backup".



2. Ikuti proses instalasinya hingga selesai.



3. Buka dan jalankan aplikasi "Data Backup".



4. Untuk mulai melakukan proses backup, pilih menu "Create New Backup".



5. Ditampilan berikutnya, Anda bisa menentukan mana saja data yang ingin di-backup. Ada contacts, memos, tasks, calendar events, email, categories, dan call log. Tinggal berikan tanda contreng di kotak dialog yang tersedia.



6. Selanjutnya buat nama file backup, bisa apa saja sesuai keinginan.



7. Jika sudah, tinggal klik "Backup".



8. Normalnya, proses backup tak memerlukan waktu lama. Namun, semua ditentukan oleh kapasitas data dari semua pilihan backup.



9. Jika prosesnya telah selesai, tinggal klik "OK". Dan secara otomatis, file backup akan tersimpan di kartu memori dengan folder khusus.



10. Jika Anda ingin mengembalikan data tersebut ke BlackBerry baru, tinggal instal aplikasi yang sama dan cari file backup tersebut.



11. Terakhir, klik "Restore" untuk mengembalikan semuanya. Selesai.



Mudah dan tentunya tak memerlukan proses yang rumitkan?



Selamat mencoba!

Comments