Kompasiana itu SEO banget!

Pasti sudah banyak yang mengetahui situs kompasiana.com. Ya, ini adalah  situs blog keroyokan. Siapa saja bisa mendaftar di situs ini sebagai penulis, baik penulis pemula maupun profesional. Setelah registrasi, tidak sampai lima menit, tulisan anda sudah bisa muncul di situs ini. Dan biasanya, kalau tulisan anda menarik, maka tidak sampai 1 hari, tulisan anda sudah bisa dibaca sampai ribuan orang.


Saya agak terkejut ketika baru menyadari bahwa Kompasiana itu SEO banget. Yah, buat yang belum tahu, apa itu SEO, akan saya jelaskan sedikit. SEO (search engine optimization) adalah suatu teknik optimisasi website untuk meletakkan halaman website yang kita punya di halaman pertama hasil pencarian google. Kalau belum mengerti, cari di google saja lah.


logo seo


Kompasiana itu SEO banget dalam artian tulisan yang kita bikin di kompasiana itu sangat mudah diindex google dan diletakkan di halaman pertama google tanpa perlu dioptimasi lagi oleh penulisnya.


Seperti pengalaman saya minggu lalu. Saya membuat tulisan dengan judul TERAPI ALAMI GUSI BENGKAK. Tanpa saya sangka, tidak sampai setengah jam, tulisan tersebut sudah nampang di halaman pertama google urutan ketiga setelah mengetikkan kata kunci yang sama dengan judul di atas di kotak pencarian google. Bahkan untuk kata kunci yang lebih pendek yaitu **GUSI BENGKAK**, tulisan tersebut menempati halaman ketiga google. Mengalahkan situsku sendiri yang berjudul CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK, yang sudah beberapa minggu saya optimasi setengah mati.


Bukankah ini luar biasa? Bagi yang suka blogging seperti saya tentunya ini luar biasa. Bayangkan jika anda menulis artikel untuk menjual 'sesuatu' dan tulisan anda cepat muncul di halaman pertama google. Tentunya 'sesuatu yang cetar membahana' :) yang anda jual, bisa cepat laku.


Tapi entahlah, apakah tulisan berbau dagang di Kompasiana itu disetujui administrator atau tidak. Soalnya saya belum coba. At least, kalau anda dilarang berdagang barang fisik, anda bisa menjual 'diri anda' lewat tulisan atau dengan kata lain *Personal Branding*.


Anda bisa membuat artikel apapun terserah anda seperti artikel dengan tema Bisnis Kuliner, Cara mengobati Kaki Bengkak, dan tulisan-tulisan yang berguna lainnya. Tulisan anda yang bermanfaat tentunya akan bisa menjadi amal jariah bagi anda karena ilmu anda yang tersebar luas.


So, ayo menulis di kompasiana.com untuk menyebarkan inspirasi dan ilmu.
Penulis


Amrizal Muchtar


http://www.dr.amrizal.com


Makassar. 28 November 2012

Comments