Cara Menggunakan Bouncy Castle Lightweight Cryptographic API di Netbeans Untuk Enkripsi AES J2ME

Pada artikel ini kita akan mempelajari bagaimana menggunakan Bouncy Castle Lightweight Cryptographic API di Netbeans untuk enkripsi AES J2ME. Implementasi ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin membuat sebuah aplikasi yang memerlukan sebuah enkripsi untuk keamanan data aplikasi anda. Misalnya aplikasi kirim sms ke pacar, anda bisa mengenkripsi SMS anda sehingga hanya anda dan pacar anda yang bisa membukanya hehe... Baiklah berikut ini adalah langkah-langkah selengkapnya bagaimana menggunakan Bouncy Castle Lightweight Cryptographic API di Netbeans untuk enkripsi AES J2ME.



Sebelumnya anda harus download terlebih dahulu source API bouncy castle lightweght for j2me silahkan anda lihat di bagian "source and java doc", di paling bawah ada bagian J2ME, download file dengan nama lcrypto-j2me-14x.zip.

Jika sudah sekarang extract file hasil download tadi dan buka project J2ME di netbeans Anda. Klik kanan pada project anda dan pilih properties.

Pada bagian "libraries and resources" pilih "add jar/zip" kemudian arahkan ke file hasil extract tadi ke bagian zip, sehingga hasilnya seperti ini.

enkripsi AES pada J2ME

Masih di bagian properties > build, sekarang pilih obfuscasting dan setting menjadi seperti di bawah.

aes j2me netbeans

Perhatikan pada kolom additional obfiscation settings. tambahkan parameter seperti di atas.

Dengan menggunakan obfuscasting, ukuran aplikasi anda akan lebih kecil karena class yang tidak terpakai tidak akan ikut tercompile.

Pada postingan selanjutnya akan kita bahas bagaimana mengimplementasikan Bouncy Castle Lightweight Cryptographic API ini pada palikasi J2ME.

Comments