Cara Install Signing Key Blackbery Pada Eclipse Untuk Akses Secure APIKey

Berikut ini adalah Cara Install Signing Key Blackbery Pada Eclipse Untuk Akses Secure API Key. Solusi ini akan anda perlukan saat anda mencoba menginstall aplikasi balckberry yang anda kembangkan pada device blackberry asli. Ketika melakukan instalasi pada device asli anda akan menemukan error seperti berikut ini "error starting app: attempts to access a secure API key". Error di atas tidak akan muncul saat anda mencoba aplikasi di emulator. Error hanya akan muncul saat anda melakukan instalasi di device asli. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? dan bagaimana solusinya? di bawah ini pembahasan selengkapnya.



Error tersebut muncul karena Anda belum menyematkan atau install signing key pada file cod blackberry anda. Anda bisa mendapatkan signing key dari blackberry https://www.blackberry.com/SignedKeys/. Caranya cukup mudah, tinggal register dan isi saja kolom isian yang diminta, nantinya anda akan mendapatkan 3 file blackberry signing key dengan ekstensi yang berbeda melalui email anda. Anda harus menginstall ketiga file tersebut, kesalahan yang sering terjadi pada developer blackberry adalah mereka biasanya hanya menginstall 1 file saja. Jangan lupa. password yang anda gunakan untuk register signing key nantinya akan di pakai ketika anda ingin menyematkan key tersebut ke cod file.

Cara installnya cukup mudah, buka eclipse anda kemudian pada menu blackberry pilih sign > Install new keys

install signing key blackberry secure api

Jika sudah tinggal anda ikuti saja petunjuk yang diminta, lakukan untuk ke tiga file signing key. Jika instalasi sudah selesai sekarang tinggal anda build project blackberry anda, caranya klik kanan pada project anda kemudian pilih blackberry > packages project.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah menyematkan signing key ke file cod anda, dengan cara klik kanan project pilih blackberry > sign with signature tool.

Tunggu sampai proses signing selesai. Anda membutuhkan koneksi internet untuk melakukan hal ini.

Jika sudah selesai sekarang cobalah install aplikasi anda pada device asli.

Catatan:

Anda bisa mengetahui apakah API yang anda gunakan termasuk dalam secured api atau tidak dengan melihatnya di deskripsi api tersebut atau melalui website. Misalnya untuk API display anda bisa melihatnya di sini http://www.blackberry.com/developers/docs/6.0.0api/net/rim/device/api/system/Display.html#getHorizontalResolution%28%29

Jika di sebelah kiri API tersebut ada tanda kunci nya maka API tersebut termasuk dalam kategori secure API.

Comments