I/O Error: Cannot run program "jar": CreateProcess error=2, The systemcannot find the file specified

" I/O Error: Cannot run program "jar": CreateProcess error=2, The system cannot find the file specified". Error seperti ini muncul ketika saya meng-compile sebuah aplikasi blackberry yang terdiri dari banyak sekali package dan class. Solusinya ternyata cukup mudah. Berikut ini adalah solusi untuk error di atas.



Error " I/O Error: Cannot run program "jar": CreateProcess error=2, The system cannot find the file specified" muncul karena java path belum Anda setting pada sistem operasi anda. Caranya (windows 7). ke menu start kemudian klik kanan pada "computer" dan pilih properties.

Kemudian masuk ke menu "advanced system settings". Pada tab "advanced" pilih "environment variable", kemudian pada bagian "system variables" cari variable dengan nama path. edit variable tersebut dan tambahkan path dari java jdk anda, tambahkan bari seperti ini  ";C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin" di paling belakang pada variable path. JIka variable path belum ada anda bisa menambahkan sendiri. Sehingga nanti hasilnya seperti ini.

menambahkan java path pada eclipse blackberry jdk

Jika sudah sekarang restart eclipse blackberry jdk anda dan cobalah compile ulang blackberry applicaiton anda. Voila... sekarang error " I/O Error: Cannot run program "jar": CreateProcess error=2, The system cannot find the file specified" sudah tidak muncul lagi kan? Selamat mencoba.

Comments