google adsense untuk video dan game

beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk berhenti menjadi flash game developer karena beberapa alasan. salah satu alasanya karena saya merasa cukup kesulitan untuk menyelesaikan sebuah game dalam waktu kurang dari 3 bulan. selesai lebih dari 3 bulan saja hasilnya belum ada yang memuaskan. untuk membuat sebuah flash game, idealnya menurut saya butuh minimal 3 orang, 1 sebagai programmer, 1 orang sebagai animator dan 1 orang lagi sebagai pencari ide, tester, sekaligus marketing.

sebenarnya sudah agak terlambat bagi google untuk meluncurkan adsense for games. sudah ada beberapa advertising company besar lainnya yang secara fokus bergerak di jalur game ini, seperti misalnya mochiads, dan cpmstar. yang paling populer adalah mochiads karena proses registrasinya sangat mudah dan semua game developer bisa mencicipi meskipun kualitas game yang dibuatnya masih ecek-cek. sedangkan untuk masalah revenue, digadang-gadang cpmstar lah rajanya. namun proses registrasinya cukup sulit.

memang terlihat google sedikit terlambat masuk ke dunia game ini, tapi seperti yang kita tahu selama ini, apa sih yang gak bisa dikalahin sama google? kita tahu blackberry dan iPhone sudah beberapa tahun lebih dulu memasuki pasar iPhone, dalam waktu beberapa bulan saja terlumat habis oleh datangnya android.

google mengambil data dari eMarketer yang memprediksi bahwa pada tahun 2015 76% dari pengguna internet di amerika akan menghabiskan waktu untuk menonton video online sedangkan 40% nya akan menghabiskan waktu untuk bermain game online. data itulah yang mendasari google untuk memasukin pasar video dan game online.

untuk mengikuti program adsense for video dan adsense for game ini cukup mudah, kamu tinggal masuk ke akun adsense kamu dan di sidebar sebelah kiri akan ada link untuk registrasi adsense for video & games. saya tidak tahu apakah proses aprovalnya mudah atau sulit.

saya tidak bisa membuat flash game, apakah saya bisa ikut program ini?

dari pengalaman saya, untuk bisa meletakkan kode ads di dalam flash game kamu harus membuka source code dari game tersebut. kemudian meletakan code ads nya dan kemudian kamu compile ulang source tersebut untuk dijadikan file .swf. kurang tahu untuk adsense for games ini seperti apa proses menempatkan ads-nya, kemungkinan sih juga seperti itu.

anda bisa saja tidak bisa membuat flash game mengikuti program ini. caranya, anda bisa membeli lisense sebuah game beserta source code nya. ada banyak tempat untuk membeli sebuah lisensi game beserta source code, salah satu tempat yang paling populer untuk membeli lisense flash game adalah di FGL (flashgamelisence), silahkan anda cari game yang cocok harganya lalu tawar untuk membeli lengkap dengan sourcenya.

selamat mencoba!

Comments