Kenapa nilai adsense bahasa indonesia kecil?

banyak dari para publisher/blogger yang mengeluhkan nilai adsense bahasa indonesia sangat kecil. beberapa diantaranya ada yang mengeluh hanya mendapatkan nol koma atau 1$ untuk jumlah klik lebih dari 50. memang nilai tersebut tergolong sangat kecil jika dibanding dengan pendapatan adsense pada web berbahasa inggris, terlebih lagi web yang mentarget visitor dari US. kenapa bisa sekecil itu nilai adsense untuk web bahasa indonesia?

Sebetulnya hal tersebut wajar, mengingat adsense untuk web berbahasa indonesia masih seumur jagung. selain itu dari pihak marketing google juga belum mempublikasikan kepada calon advertiser tentang sudah dibolehkannya adsense untuk web berbahasa Indonesia. pengiklan/advertiser adsense untuk bahasa indonesia masih sangat sedikit sekali, inilah yang menyebabkan nilai adsense sangat kecil karena persaingan antar pengiklan masih rendah.


ibaratnya seperti ini, ada 5 pengiklan memperebutkan 100 slot iklan tentu saja semua iklan dari pengiklan tersebut akan muncul tanpa harus berebutan tempat. beda lagi kalau kondisinya seperti ini, ada 100 pengiklan memperebutkan 50 slot iklan, tentu saja persaingan antar pengiklan tersebut akan sangat ketat sekali. mereka akan berani membayar lebih mahal dari pesaingnya agar iklan mereka muncul di salah satu slot dari 50 slot iklan yang tersedia.


lalu bagaimana solusinya? sebenarnya tidak ada solusi yang tepat untuk masalah ini. karena nilai iklan akan naik secara alami berbanding lurus dengan jumlah pengiklan.


saya yakin dalam waktu dekat google melalui cabangnya di indonesia akan segera mempromosikan adsense untuk web berbahasa Indonesia. Kabarnya dalam waktu dekat ini google akan segera buka kantor di Indonesia, bahkan mereka sudah mempunyai country manager untuk negara Indonesia.


Kalau dulu kita pernah lihat iklan google chrome di tv-tv, nanti kita akan lihat iklan google adsense di tv-tv lokal kita. nah, saat itulah nilai adsense akan berangsur-angsur naik sejalan dengan pertumbuhan jumlah advertiser. dan satu hal lagi, jumlah advertiser akan berbanding lurus dengan jumlah pengusaha dan dipengaruhi oleh perekonomian. semakin banyak pengusaha maka akan semakin banyak pula pengiklan. jangan harap ada PNS memasang iklan adsense untuk instansinya (sangat kecil kemungkinannya). sedangkan faktor perekonomian negara juga berpengaruh besar pada nilai adsense. semakin baik tingkat perekonomian kita maka akan semakn besar nilai adsensenya.

Comments