membuat sendiri metode pengiriman tiki/jne atau pos pada opencartdengan modul weight base

Pada post sebelumnya telah kita bahas bagaimana cara menggunakan dan konfigurasi module weight shipping pada opencart. kali ini kita akan menggunakan modul tersebut untuk disesuaikan dengan kondisi di indonesai, yaitu pengiriman dengan menggunakan tiki/jne atau pos.

pada pengiriman dengan menggunakan tiki/jne perhitungan ongkos di hitung berdasarkan jarak dan berat. dengan memanfaatkan zona pada modul weight base shipping maka modul tersebut bisa kita pakai untuk membuat metode pengiriman tiki. perlu diingat, dengan cara ini anda harus memasukan satu persatu biaya dari kota anda ke kota tujuan :D agak capek emang, tapi kalo anda gak mau capek sebenarnya ada modul kusus yang dikembangkan sesuai dengan metode pengiriman tiki/jne tapi berbayar :)

baiklah kita mulai saja.

masuk ke backend opencart anda (halaman administrator).
sebelumnya anda harus membuat geo zones terlebih dulu, caranya click system>localisation>geo zone>insert
sebagai contoh, isikan geo zone name dengan:"Jawa Timur" (tanpa tanda petik)
description:"zona jawa timur"
click tombol "add geo zone", pilih country = indonesia dan zone = jawa timur. kemudian click save. tambahkan zona2 untuk propinsi2 lainya seperti aceh,jawa barat,dst.
a
selanjutnya click extension>shipping kemudian click link "install" pada "weight based shipping", selanjutnya click edit.
Pada tab general ubah status ke enable.
selanjutnya pilih zone yang baru saja anda buat sebelumnya, misal zone jawa timur. kemudian isikan seperti gambar dibawah.
b
(silahkan lihat format/cara pengisian kolom rates pada postingan saya sebelumnya)
dengan pengisian seperti di atas maka pengiriman untuk semua kota ke daerah jawa timur biayanya adalah sebesar 10rb/kg dan 30rb untuk 2kg ke atas.
lakukan langkah yang sama untuk zona/propinsi yg lain. lakukan pengetesan, jika sudah benar hasilnya kurang lebih seperti berikut ini.
c
biaya yang dikenakan akan dihitung secara otomatis berdasarkan dengan propinsi yang anda pilih sewaktu checkout.

untuk menghemat tenaga anda bisa mengubah geo zone berdasarkan pulau, misal pulau jawa,kalimantan dst, jadi nantinya biaya pengiriman untuk semua kota dalam satu pulau adalah sama.
yang perlu di ingat bahwa tiki melakukan beban biaya bukan berdasarkan propinsi melainkan berdasarkan kota. untuk menyiasati hal tersebut gunakan country sebagai propinsi dan zone sebagai kota. itu kalau anda mau memasukan ratusan kota berikut biayanya satu persatu :D

lalu gmn caranya biar gak memasukan daftar kota satu persatu? gunakan modul pengiriman tiki gratisan dari saudara superbrand silahkan cari di google saya lupa linknya, atau beli yang versi berbayarnya :) mungkin lebih mudah.

cara lain yang lebih mudah lagi adalah berikan fasilitas free shipping untuk pembeli anda hehe.. :D
pada postingan berikutnya insya Allah akan kita bahas (tapi gak janji ya :D) bagaimana mengubah tulisan "wight based shipping" pada shipping method (lihat gambar diatas). gak cool kan kalo tulisanya seperti itu, lebih cool kalo begini "TIKI/JNE Shipping", atau "Zone & Weight Base Shipping" hehe.
sekian, semoga bermanfaat dan toko anda laris. amin.

Comments