Nilai CPC untuk adsense bahasa Indonesia sangat kecil, bagaimana solusinya?

Dengan diijinkanya iklan adsense di taruh di website berbahasa Indonesia membuat para blogger kegirangan bukan main terutama mereka yang kemampuan bahasa inggrisnya sangat terbatas (seperti saya :P). Banyak dari para blogger yang langsung memasang adsense di beberapa blog berbahsa indonesia mereka yang kebetulang sudah punya trafik cukup tinggi. Tapi permasalahan muncul ketika mereka tahu earning yang didapat tidak sebanding dengan jumlah klik. Jumlah klik antara 50-70 klik hanya menghasilkan sekitar $0.1-$2, tentu saja nilai segitu tidak sebanding dengan biaya yang harus di keluarkan untuk hosting. Lalu bagaimana solusinya?



Salah satu solusinya adalah dengan memainkan HPK untuk indonesia. lalu keyword apa yang punya HPK tinggi untuk bahasa indonesia? ini yang sulit. Dari coba-coba nyari sebentar menggunakan google keyword external tool kemarin saya hanya mendapatkan HPK tertinggi sekitar Rp20rb dan terkecil Rp875 (sepertiny google mematok nilai advertising terendah 875,benar gak ya?).

Menurut saya yang bisa kita lakuin adalah bersabar saja dulu. Nilai per klik di indonesia masih cukup kecil karena adsense baru saja secara resmi mengijinkan web berbahasa indoneisa untuk memasangnya. Jumlah advertisernya tentu saja masih sangat sedikit, boleh dibilang masih tanpa persaingan antar advertiser. Semakin lama akan semakin banyak para advertiser dengan bergitu persaingan diantara mereka akan semakin ketat. Dengan semakin ketatnya persaingan antar advertiser akan menaikan pula nilai cpc, karena mereka akan memperebutkan keyword-keyword yang mereka bidik.

kalau menurut saya, lebih baik kita develope saja terus blog berbahasa indonesia kita. Sekalian bidik keyword-keyword yang kemungkinan besar nanti suatu saat akan menjadi HPK. dengan begitu saat keyword tersebut sudah menjadi sebuah keyword HPK kita sudah menang di posisi serp.

Seperti itulah solusinya. Sekali lagi ini hanya pendapat saya pribadi yang masih newbie. mungkin ada diantara para master adsense yang mau nambahin? silahkan :)

Comments