Perubahan desain baru pada facebook fan page efektif per 30 maret

facebook baru saja merilis perubahan baru pada fan pages-nya (new timeline for facebook fan pages). sementara ini perubahan masih bersifat optional, dan akan efektif per 30 maret semua facebook fan pages akan mengikuti perubahan baru ini.



berikut ini beberapa perubahan yang akan facebook lakukan pada facebook fan pages kamu. silahkan persiapkan dari sekarang untuk testing dan menyesuaikan perubahan pada facebook fan page kamu. masih ada waktu sekitar 3 minggu untuk testing.

cover photo (cover/bingkai foto)


cover photo in maksudnya adalah banner atau header yang muncul pada bagian paling atas pada halaman facebook fan page kamu. header ini akan berfungsi sebagai visual status update. dimensi dari banner ini adalah 851x315 px. Kamu yang mempunyai fan page untuk tujuan komersial/jualan barang akan sangat di untungkan dengan adanya cover photo ini, tampilkan saja logo atau brand dari produk kamu beserta produk-produknya di cover photo ini. silahkan lihat contoh bagaimana nike memanfaatkan perubahan baru ini untuk memasarkan produknya.

facebook cover photo

bagus kan?

satu hal yang perlu anda ingat, hati-hati dalam menggunakan cover photo ini karena menyangkut TOS facebook. berikut hal-hal yang harus anda hindari:

  • mencantumkan harga atau informasi pembelian, misal "diskon 40%" atau "download produk ini di website kami", dll.


 

  • contact information atau informasi kontak, misal alamat dari toko anda atau no telp. toko anda, alamat web, alamat email, atau informasi-informasi yang seharusnya berada pada halaman "about us".


 

 

  • gambar/kalimat yang mengarahkan pengunjung agar like atau share halaman fan page anda.


 

 

  • call to action, kalimat yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu. misal "get it now" atau "dapatkan sekarang juga", "tell your friend" atau "kasih tau teman-teman kamu", dll.


 

 

  • melanggar hak cipta


 

profile photo/profile picture/foto profil


anda bisa menempatkan profil pic/profile photo pada sebelah pojok kiri atas. lihat logo nike pada gambar di atas. sangat cocok untuk menempatkan logo perusahaan/brand produk anda. ukuran foto profil adalah 32x32 px.

Tidak ada lagi default landing tab


default landing tab tidak ada lagi pada update kali ini.

Tabs dan Apps


pada update kali ini facebook menempatkan tabs pada bagian bawah cover image.

Post Function/fungsi posting


pada bagian atas setiap postingan akan muncul icon pensil dan bintang yang memiliki fungsi penting.

bintang - untuk membuat postingan lebih besar pada timeline
pin - untuk membuat postingan menjadi featured post atau sticky post yang berada pada posisi paling atas.
change date - mengubah tanggal postingan agar postingan berada pada posisi timeline dimanapun yang anda mau

Direct messages/PM (personal message)


fans kamu bisa langsung mengirim pesan ke kamu tanpa harus berkomunikasi melalui fan pages. mirip fitur PM.

change fan page name/mengubah nama fan page kamu


sekarang kamu bisa merubah nama fan page facebook kamu. caranya cukup mudah, anda hanya perlu request untuk merubah nama fan page melalui link berikut ini: https://www.facebook.com/help/contact_us.php?id=262629790471076

Panel admin dan log aktivitas baru


sekarang dengan panel admin yang baru kamu dapat melacak semua aktivitas halaman fan page kamu. fiturnya sangat lengkap, silahkan lihat gambar di bawah ini:

facebook new admin panel

Milestones


kini anda bisa membuat milestone untuk perusahaan anda. milestone bisa anda gunakan misal untuk memberi tahu pada konsumen tentang pencapaian-pencapaian perusahaan anda, launching produk, dll.

Admin Level


kini anda bisa mempunyai beberapa admin pada facebook fan page dan masing-masing dari mereka bisa mempunyai level yang berbeda-beda.

itulah tadi beberapa update dan desain baru pada facebook fan page yang akan mulai efektif per 30 maret 2012. selamat memanfaatkan fitur baru ini untuk fan pages anda.

Comments