Pilih mana, iPhone atau HTC smartphones?

Akhir-akhir ini perkembangan teknologi smartphone semakin canggih, persaingan antar pabrikan pun semakin ketat. Sebagai pengguna, terkadang kita kesulitan menentukan smartphones yang mana yang cocok untuk kebutuhan kita. Ada banyak pilihan cellphones, berdasarkan OS-nya, berdasarkan pabrikanya, berdasarkan carrier-nya atau berdasarkan hal lainya seperti design dan sebagainya.

iphone vs htc


Smartphones berdasarkan OS
Anda dapat memilih cellphones berdasarkan OS-nya, misal:
1. Symbian, OS symbian dibuat kusus hanya untuk Nokia. Kabar yang terakhir, kini anda bisa menjalankan beberapa microsoft apps seperti word, excel, power point, dsb pada Symbian phones.
2. iOS, iOS merupakan OS cellphones yang dibuat kusus untuk devices keluaran Apple seperti iPhone 4 atau iPhone 5.
3. Android, Android merupakan open source OS keluaran dari Google. Android begitu populer sejak kemunculanya, hal ini karena pabrikan-pabrikan smartphones dapat memakainya dengan gratis tanpa harus membayar lisence ke Google. Selain itu OS Android juga bersifat open source sehingga banyak developer yang bisa ikut mengembangkanya. Perkembangan Android sangat cepat sekali.

Smartphones berdasarkan pabrikan
Ada banyak pabrikan smartphones yang bisa anda pilih, diantaranya: Nokia, Apple dengan iPhone-nya, HTC, Motorola, Sony Ericsson, etc. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Smartphones berdasarkan carrier-nya
Ada banyak pilihan carrier yang menawarkan cheap cellphone deals seperti Sprint, Verizon, AT&T, Vodafone, etc.

Kenapa memilih iPhone sebagai smartphones?

Banyaknya fitur yang ditawarkan, design dan dukungan iPhone apps store menjadi alasan utama dipilihnya iPhone menjadi cellphone favorit.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, iPhone tentu saja juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan iPhone yang paling utama menurut kami adalah pada sistem update-nya. Jika ada bug yang ditemukan pada iPhone versi lama misalnya iPhone 4 maka bug fixing akan di update pada iPhone 5. Hal ini berarti anda harus membeli iPhone terbaru hanya untuk update sebuah bug. Selain itu release antara iPhone 4 dengan iPhone 5 sangat lama, artinya anda harus menunggu sekian lama hanya untuk sebuah bug fixing.

Kenapa memilih HTC sebagai smartphones?

Akhir-akhir ini HTC cellphones menjadi sangat populer, sejak masuknya HTC ke kancah smartphones dengan mengusung Android sebagai OS-nya. Seperti halnya iPhone apps store Android juga menyediakan apps store-nya sendiri, selain itu HTC sendiri juga sedang mempersiapkan dirilisnya HTC apps store. Dengan demikian anda sebagai pengguna HTC Android akan memiliki dua apps store.
Kecepatan update dan bug fixing merupakan faktor lain yang menjadi kelebihan dari Android. Karena bersifat open source, update untuk OS ini sangat cepat, bahkan dalam hitungan hari. Selain itu untuk melakukan update, anda hanya tinggal download versi terbaru dan install.

Tentu saja HTC sebagai Android phones juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti yang telah banyak kita ketahui, sistem operasi Android masih belum stabil. Banyak keluhan dari para penggunanya seperti crash dan sebagainya.

Pada akhirnya anda sendirilah yang menentukan pilihanya. Apakah ingin memilih iPhone 4, iPhone 5, HTC, Motorola, Nokia N9, atau yang lainya. Apakah ingin memilih Verizon sebagai carrier, AT&T, Sprint atau yang lainya. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari pilihan anda.

Comments