Backup & restore file/database server to server dengan ssh

Jika pada artikel sebelumnya (baca artikel sebelumnya di sini: cara pindah hosting cepat ) telah kita bahas cara migrasi website menggunakan php script tanpa harus download semua file & database-nya ke local disk. Kali ini kita akan menggunakan metode yang lebih cepat lagi, tanpa menggunakan php script. Sama dengan metode sebelumnya, pada metode kali ini file backup dan database tidak perlu anda download ke hardisk melainkan akan langsung kita pindah server to server.

Jika pada metode sebelumnya kita menggunakan bantuan script php untuk transfer file dari server lama ke server baru atau untuk merestore database, kali ini kita akan menggunakan fasilitas ssh yang disediakan oleh hosting kita. Apa itu SSH? yang familiar dengan linux pasti paham apa itu SSH. ssh itu kalau di windows mungkin mirip dengan command prompt.  yang perlu diingat, tidak semua hosting memberikan fasilitas ssh, setau saya hawkhost support untuk ssh. baiklah kita mulai saja.



Sama seperti metode sebelumnya, kita harus membuar arsip dari file yang website yang ingin kita backup commandnya adalah seperti di bawah:

tar -czvf backup.tar.gz /home/userdikau/public_html/folderwebsite/

Kemudian kita backup databasenya. Jika sebelumnya kita menggunakan plugin wp-db-backup kali ini kita cukup menggunakan 1 baris perintah saja melalui ssh. berikut perintahnya:

mysqldump --opt -u userDB -p namaDB > /home/user/public_html/backup.sql

ingat: 2 perintah di atas anda jalankan di hosting lama.

Sekarang pada server/hosting baru.

Download file website & database dari hosting lama ke hosting baru dengan perintah:

wget http://hostinglama.com/backup.tar.gz
wget http://hostinglama.com/backup.sql

Selanjutnya adalah extract file backup.tar.gz yang baru saja kita download, dengan perintah:

tar -zxvf backup.tar.gz

langkah yang terakhir adalah dumping database (restore database), gunakan perintah berikut ini:

mysql -u userdb -p namaDBbaru < /hostingbaru/website/backup.sql

ingat: buat database dulu sebelum mengeksekusi perintah di atas.

Comments