Cara Transfer Domain Dari Hostgator ke Namecheap

Berikut saya paparkan cara untuk transfer domain anda dari hostgator ke namecheap. Sebenarnya cara ini bisa anda gunakan juga untuk transfer domain dari hostgator ke godaddy atau registrar lainya, cara agak sedikit berbeda tapi konsepnya sama. Yang berbeda hanya di sisi interface dari domain registrar yang dituju saja.

Baiklah kita mulai saja bagaimana mentransfer domain dari hostgator ke namecheap.

[sociallocker]Langkah pertama untuk bisa transfer domain ke registrar yang berbeda anda harus punya EPP.

apa itu EPP?

EPP merupakan transfer authorization key atau gampangnya sebuah key unik yang di generate oleh registrar lama (dalam hal ini hostgator) dan telah di verifikasi global registries untuk validitasnya. gunanya nanti akan kita pake pada proses transfer domain antar registrar.

Untuk mendapatkan EPP dari hostgator silahkan email pihak hostgator ke alamat email berikut ini: sales@hostgator.com

Bilang ke hostgator bahwa anda ingin mendapatkan EPP untuk domain blablabla.com, dah itu aja.

Tunggu email balasan dari team support hostgator (team support mereka sangat responsive dan cukup cooperative meskipun kita ingin mindahin domain ke pihak lain.. patut dicontoh)

Email balasannya kira-kira seperti ini, isinya memberitahu bahwa anda dapat me-manage domain yang ingin anda transfer di alamat berikut ini: http://hostgator.com/domains

Selanjutnya silahkan login ke halaman tersebut dengan menggunakan nama domain anda tanpa www untuk username dan passwordnya adalah password billing anda.

Ubah informasi registrant (whois) sesuai dengan data Anda, yang paling penting adalah alamat email karena nanti EPP akan dikirim ke alamat email tersebut.

Berikut seting yang harus anda lakukan:

Pada "general setting" :
allow transfer pilih yes

pada "contant information":
edit dan isi semua tabel (registrant maupun administratif contact) sesuai dengan data diri anda. Jangan lupa untuk mengubah emailnya ke email anda yg aktif karena nantinya kode EPP akan dikirim ke email anda.

PERHATIAN!: jangan pernah anda beritahu kode EPP anda ke orang lain.

cek dan pastikan semua data sudah benar, yang paling penting adalah alamat email anda. kemudian log out.

Setelah logout, sekarang buka kembali email dari pihak hostgator sebelumnya (email balasan yang memberitahu alamat/url untuk me-manage domain. Reply email tersebut, beritahu mereka bahwa anda sudah mengupdate domain whois informationnya.

Tunggu beberapa menit dan Anda akan menerima email dari hostgator berisi kode EPP. Simpan kode tersebut baik-baik.

Sampai disini proses di sisi hostgator (registrar lama) sudah selesai, sekarang tinggal proses di sisi namecheap (registrar baru).

Proses di sisi namecheap

Login ke akun namecheap anda.

masuk ke alamat url berikut ini https://www.namecheap.com/domains/transfer-a-domain.aspx

masukan nama domain anda (tanpa www) dan lanjutkan proses sampai checkout. jangan lupa saat proses checkout yang terakhir masukan kode EPP nya, caranya cari link "set EPP code" klik link tersebut dan masukan kodenya.

lanjutkan proses checkout sampai selesai (Anda akan diminta untuk membayar perpanjangan domain selama 1 tahun).

Setelah pembayaran selesai tunggu beberapa menit dan anda akan mendapat email dari namecheap (melalui name-service.com).

isi emailnya kurang lebih seperti ini "STANDARDIZED FORM OF AUTHORIZATION... bla bla"

Scroll aja emailnya sampai bawah, kemudian pada bagian bawah ada tulisan seperti ini "YOU MUST CLICK THIS LINK TO CONTINUE THE TRANSFER PROCESS"

klik link-nya untuk melanjutkan proses transfer.

Kemudian anda akan dihadapkan pada window/halaman agreement, silahkan dibaca dulu kalau gak males :P kalau males baca langsung saja pilih "i aprove...bla bla bla" dan klik "submit".

Tunggu beberapa jam nanti akan ada email dari namecheap lagi yg isinya kira2 begini: "Transfer Domain: Complete: namadomainkamu.com bla..bla.."

Kalau Anda sudah mendapatkan email seperti itu artinya domain anda sudah berpindah tempat dari hostgator ke namecheap. selamat!

Posting selanjutnya insya Allah akan kita bahas bagaimana transfer domain dari godaddy ke namecheap. ditunggu aja ya. oh ya.. mohon di like ya fanpage kami :)

Untuk tutorial lebih lengkap tentang domain, website, dan cara hosting web silahkan mengunjungi ngehosting.com

[/sociallocker]

Comments