Membuat server hosting sendiri pada komputer lokal

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana membuat server hosting sendiri pada komputer lokal. Pertanyaanya, buat apa membuat server hosting sendiri?

[sociallocker]Sebenarnya membuat server hosting sendiri ini sangat bermanfaat terutama untuk anda yang ingin melakukan running test sebelum website benar-benar live atau launching. Atau mungkin anda yang suka membuat theme atau script website, dengan membuat server sendiri anda bisa melakukan testing theme atau script anda di komputer lokal tanpa harus mempunyai koneksi internet.

 

Baiklah kita mulai saja. Studi kasus kali ini kita akan membuat server hosting pada windows 7 ultimate edition dengan menggunakan aplikasi wamp. Anda juga bisa menggunakan xamp untuk windows, atau jika anda menggunakan sistem operasi linux bisa mempelajari tentang LAMP (linux apache mysql php).

 

Pertama yang anda perlukan tentu saja adalah installer wamp, silahkan download secara gratis dari internet, search aja di google dengan kata kunci "download wampserver". Pasti males nyari kan? hehe ya udah langsung aja download dari web resminya disini http://www.wampserver.com/

 

Baiklah asumsi saya anda sudah memiliki aplikasi wampserver (yang saya gunakan adalah WampServer2.1e-x32).

 

 



    1. klik 2x installernya kemudian klik next.



 


  • pilih i accept the agreement


 

 


  • klik next 2x


 

 


  • klik install


 

 


  • jika windows firewall anda aktif, dia akan memberi peringatan seperti dibawah ini.
    wamp1
    contreng semuanya dan klik allow access


 

 


  • pada window php mail parameter biarkan setingan default, kemudian klik next.


 

 


  • klik finish


 

 


  • jika tidak ada yang salah maka pada systray anda pada taskbar bagian pojok kanan bawah akan muncul sebuah icon warna hijau berbentuk seperti huruf w. Jika warnanya hijau maka artinya anda sudah berhasil membuat server hosting pada komputer lokal dan server anda sedang running. Jika warnanya merah artinya server sedang dalam kondisi mati.


 

 

Sampai disini anda sudah berhasil membuat sebuah server hosting sendiri. Sekarang bagaimana jika ingin menginstall sebuah script website, misalnya wordpress? gampang banget! anda tinggal copy saja script wordpress anda kemudian pastekan pada directory "C:wampwww" lalu akses filenya dengan cara browse dari browser anda misal firefox dengan alamat http://localhost/directoryscript/.

 

Untuk membuat databasenya bagaimana? gampang kok, Anda bisa membuat database dengan menggunakan phpmyadmin seperti jika anda membuat database pada cpanel. caranya dengan cara akses alamat ini http://localhost/phpmyadmin , gampangkan?

 

Sampai disini semoga artikel Membuat server hosting sendiri pada komputer lokal ini berguna untuk anda. Untuk anda yang ingin mempelajari lebih lanjut  tentang cara hosting web silahkan mengunjungi ngehosting.com

[/sociallocker]

Comments