Mempercepat kerja komputer windows xp, vista, dan windows 7 ultimateedition

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana mempercepat kerja komputer windows xp, vista, dan windows 7 ultimate edition. Penulis menggunakan windows 7 ultimate edition, namun cara yang penulis paparkan pada arikel ini bisa juga diaplikasikan pada windows xp, atau windows vista.

windows timer


Sebenarnya ada banyak sekali cara dan aplikasi untuk mempercepat kinerja komputer windows kita, namun akan menjadi sangat panjang dan membingunkan kalau saya jadinkan satu dalam satu artikel. Biar lebih enak pada artikel ini kita bahas cara mempercepat kerja komputer windows dengan aplikasi ccleaner saja. Untuk cara atau aplikasi yang lain insya Allah kita bahas lagi pada artikel selanjutnya.

Baiklah untuk memulainya tentu saja anda harus install dulu ccleaner, silahkan download di sini http://www.ccleaner.com, saya asumsikan anda sudah ahli menginstall aplikasi ini. lanjut.

jalankan ccleaner, kemudian pada bagian cleaner contreng semua pilihan yang ingin anda hapus filenya. Dengan cara ini akan membebaskan beberapa space pada harddisk anda dari file-file yang tidak berguna. lihat gambar.

ccleaner

Ingat, jika anda mencontreng semuanya maka history anda akan hilang, misalnya history pada web browser atau history pada recent opened document.

Yang kedua bada bagian registry, contreng semua kotak pada registry integrity kemudian klik scan for issues. tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai klik "fix selected issues". Bagian ini akan membersihkan registry windows anda dari registry-registry yang tidak diperlukan lagi. lihat gambar.

ccleaner2

Yang ketiga adalah pada bagian tools. Gunakan bagian ini hanya saat anda ingin meng-uninstall sebuah program atau ingin menghentikan proses startup sebuah program.

Yang paling terasa efeknya adalah pada pilihan startup. Coba klik tombol startup kemudian disable beberapa service yang tidak anda perlukan untuk dijalankan pada saat windows pertama kali dinyalakan. lihat gambar biar lebih jelas.

ccleaner3

Anda lihat, pada komputer saya pada saat pertama kali dinyalakan ada banyak sekali program yang harus dijalankan secara otomatis satu persatu, misalnya: broadcom wireless manager utk wifi, globetroterconnect untuk modem, dan aplikasi snagit. Sebenarnya aplikasi ini tidak mutlak harus jalan saat windows nyala. maka untuk menghemat waktu loading saya bisa mendisable aplikasi ini biar tidak jalan secara otomatis saat windows pertama kali nyala. Pilih aplikasi yang ingin anda disable (tekan tombol ctrl untuk memilih beberapa aplikasi sekaligus) kemudian klik disable, kemudia coba restart komputer anda dan rasakan bedanya. Insya Allah kerja komputer anda akan terasa lebih cepat.

Untuk sementara itu dulu, mungkin akan kita bahas tips dan trick lainya untuk mempercepat kerja komputer windows xp, vista, dan windows 7 ultimate edition pada artikel-artikel yang akan datang.

semoga berguna, jangan lupa like dis yo.

Comments