Takut Rahasia Negara Bocor, Rusia Kembali ke Mesin Ketik

Di zaman internet sekarang ini, kalau mau data di komputer anda aman satu-satunya cara adalah cabut koneksi internet komputer, masukkan komputer ke safety box dan gembok dari luar. Nampaknya idion tersebut benar-benar dijalankan oleh lembaga kepresidenan Rusia.

[sociallocker]Masih ingat kasus wikileaks baru-baru ini? dimana banyak sekali dokumen-dokumen penting dari berbagai negara terutama AS yang berhasil dicuri oleh Assenge Wenger. Nampaknya Rusia benar-benar ketakutan akan terjadi hal yang serupa.

Lembaga komunikasi kepala presiden Rusia Federal Guard Service (FGS) memutuskan kembali menggunakan mesin ketik. Mesin ini untuk menggantikan komputer. Pilihan ini diambil guna menjaga kerahasiaan data komunikasi Kremlin dan Presiden Vladimir Putin.

Menurut zakupki.gov.ru, situs pengadaan barang negara, Rusia telah menghabiskan sedikitnya 486 ribu rubel (sekitar Rp 150 juta) untuk pengadaan mesin ketik made-in Jerman sebanyak 180 buah.

Dari bocoran Snowden, Perdana Menteri Dmitry Medvedev juga disadap saat menghadiri KTT G20 di London pada 2009 lalu. Rusia marah usai mengetahui penyadapan ini.

Selain itu Putin juga memerintahkan militer dan pertahanan untuk menggunakan kertas.

Sepertinya sejarah memang selalu berputar, kembali lagi ke tahun 80-an.[/sociallocker]

Comments