Administrasi System Pada Linux Menggunakan “KControl”

Pada linux auditor seurity, administrasi system dapat dilakukan juga dengan menggunakan “KControl” yang memiliki tampilan GUI, KControl disini dapat kita pandang seperti sebuah control panel pada system operasi windows. Untuk menjalankan KControl anda dapat memulai dengan klik start menu à System à KComtrol , untuk lebih jelasnya ada dapat melihat gambar dibawah 

[caption id="attachment_720" align="alignnone" width="300" caption="Memulai KControl"]Memulai KControl[/caption]

Appearance & Themes

Option appearance and themes digunakan untuk melakukan beberapa setting, diantaranya adalah setting background, colors, fonts, icons, launch feedback, screen saver, splash screen, style, theme manager, dan window decorations.

Background

Option background digunakan untuk melakukan setting background atau wallpaper. Background atau wallpaper dapat disetting sama untuk semua desktop atau berbeda untuk masing-masing desktop. Jika pilihan “setting  for desktop : All desktop”, maka background atau wallpaper untuk semua desktop (desktop1, desktop2, desktop3,dst) akan sama. Terdapat tiga macam background :

- no picture, yaitu jika diinginkan tanpa ada background.

- picture, yaitu jika diinginkan 1 buah gambar sebagai background. untuk menampilkannya kllik tanda folder disbelah kanan kemudian tentukan direktori dimana gambar anda berada, kemudian klik ok.

- slide show, yaitu jika diingnkan wallpaper terdiri dari banyak gambar dan ditampilkan bergantian dalam interval waktu tertentu.

Background sendiri memiliki tiga option, yaitu : positions, colors dan blending. Option-option ini digunakan untuk mengatur tampilan background anda, sehingga background dapat diatur sesusai selera anda.

Colors

colors digunakan untuk menggatur warna tampilan dari window sehingga sesuai dengan selera anda. Pada options colors ini terdapat setting untuk warna, misalnya warna untuk active window, inactive window, link, button, text, dsb.

Fonts

Fonts digunakan untuk mengatur style dari font misalnya font pada toolbar, taskbar desktop, menu, window title, fixed width dan general. Font pada tiap-tiap pilihan dapat diganti dengan font lainya dengan meng-klik tombol choose pada sebelah kanan option.

Icons

Menu icons digunakan untuk mengganti model icon.

Launch feedback

Digunakan untuk seting kursor indikasi yaitu cursor pada saat sedang sibuk.

Screen saver

Screen saver digunakan untuk seting screen saver. Pada linux auditor security ini belum disediakan pilihan screen saver.

Splash screen

Splash screen yaitu tampilan awal sebelum masuk ke mode xwindow. Terdapat 5 macam splash screen yang disediakan linux auditor security:

default, kanotix, reedmond, standart dan blu-bend. Untuk membuat tampilan splash screen anda terlihat mirip seperti splash screen pada windows anda dapat memilihredmond.

Style

Style digunakan untuk mengatur tampilan menu pada window misalnya tampilan pada button, combo box, check box, dsb.

Desktop

Option desktop digunakan untuk seting desktop, misalnya untuk seting taskbar, desktop icon, jumlah desktop, mouse event, ukuran taskbar, dsb.

Behavior

Terdapat beberapa pilihan setting pada behavior seperti:

-          show icon on desktop, digunakan untuk  menampilkan icon pada desktop. Jika pilihan ini di disable maka tidak akan ada icon pada desktop anda, dengan kata lain icon-icon yang sudha ada pada desktop anda akan disembunyikan.

-          mouse button actions, digunakan untuk mengatur aksi apa yang terjaadi jika anda mengklik button mouse pada desktop (baik kllik kanan, tengah, ataupun klik kiri).

Multiple desktop

Digunakan untuk mengatur berapa banyak desktop yang diinginkan.

Panels

Option panel digunakan untuk mengatur setting pada taskbar. Pada otions panel terdapat 4 tab: arrangement, hiding, menus dan appearance.

tab arangement digunakan untuk mengatur :

-          posisi, posisi dari taskbar bisa diatur sesuai kenginan dan selera anda, bisa di kanan, kiri,  atas ataupun bawah.

-          lenght, digunakan untuk mengatrur panjang dari taksbar

-          size, digunakan untuk mengatur besar kecilnya taksbar anda. Terdapat 5 pilihan ukuran taskbar yaitu: tiny, small, normal, large dan custom. Untuk custom anda bisa mengaturnya dengan menggeser control bar.

Pada tab hidding terdapat option-option yang digunakan untuk mengatur muncul tidaknya sebuah taskbar. Anda dapat mengatur taskbar menghilang saat anda meng-kllik tombol hidding yaitu dengan memilih "only hide when a panel-hiding button is clicked" atau menghilang setelah beberapa detik dengan memilih option "hide automatically". Tombol panel-hiding dapat diatur juga letaknya pada sisi kiri taskbar, kanan taskbar atau pada kedua sisi taskbar, dengan mengaatur setting pada option "panel-hidding button". Option "panel animation" digunakan untuk menentukan apakah saat tombol hiding-button di click taskbar akan menghilang secara perlahan-lahan atau tidak. jika "animate panel-hiding" dipilih maka ketika tombol panel-hiding di click taskbar akan menghilang secara perlahan-lahan

Pada tab appearance anda dpt mengatur transparansi dari taskbar dengan memilih option "enable transparance", dan juga anda dapat mengatur background dari taskbar dengan memilih option "enble background image".

Peripherals

Options peripherals digunakan untuk mengatur  konfigurasi device-device yang terkoneksi pada komputer seperti display, joystick, keyboard dan mouse.

Keyboard

Option keyboard digunakan untuk setting keyboard seperti delay, rate , dan NumLock. NumLock digunakan untuk mengatur aktif tidaknya Tombol num pad. Num pad dapat diatur aktif atau tidak dengan memilih option pada "NumLock on KDE startup", pilih Turn on jika diinginkan num pad aktif ketika masuk ke xwindow.

Mouse

Options mouse digunakan untuk mengatur kinerja dari mouse. Pada tab general kita dapat mengatur button order, yaitu tombol mouse yang mana yang ingin digunakan untuk melakukan eksekusi. Jika dinginkan tombol kiri mouse yang dipakai untuk eksekusi maka pilih option "Righ handed", tetapi bila diingkan tombol kanan mouse yang ingin dipakai untuk melakukan eksekusi maka pilih option “Left handed".

Options "reverse scroll direction" dipakai untuk membalikan arah pergerakan dari scroll mouse.

Pada options mouse ini juga terdapat pilihan apakah eksekusi sebuah file dengan memakai double klik atau single klik, jika diinginkan eksekusi sebuah file menggunakan double klik maka pilih "Double click to open file and folder".

Pada tab cursor theme anda dapat memilih beberapa model cursor, linux auditor security menyertakan 5 jenis model cursor yaitu: industrial, No Theme, handheld, redglass dan whiteglass, anda dapat memilih salah satu sesuai dengan selera anda.

System Administration

Options System Administration digunakan untuk mengatur administrasi sistem seperti tanggal, waktu, login dan path.

Date and Time

Option “date & time” digunakan untuk mengatur tanggal, waktu dan time zone. Jika tanggal yang tertera tidak cocok dengan tanggal saat ini, anda dapat mengubahnya dengan meng-klik tanggal sesuai dengan tanggal saat ini kemudian klik apply.  Untuk mencocokan jam anda dapat mengubahnya dengan mengganti angka pada kolom dibawah gambar jam sesuai dengan waktu saat ini.

Login manager

Options login manager digunakan untuk mengatur user  dan tampilan window “login box”. “Login box” adalah tampilan pertama kali ketika user diminta untuk memasukan password sebelum masuk ke xwindow. Pada tab appearance anda dapat mengganti tulisan yang tertera pada “login box” dengan mengubah text yang terdapat pada option "greeting" sesuai dengan kehendak anda. Options logo area digunakan untuk mengatur logo kecil yang ingin ditampilkan pada window “login box”.

Terdapat 3 pilihan logo area, yaitu:

-          None,  jika diinginkan tanpa logo pada “login box”.

-          Show clock, jika dinginkan logo diganti dengan sebuah animasi jam analog.

Show logo, jika dinginkan logo berupa sebuah gambar. Jika pilihan ini diaktifkan, anda dapat menganti gambar logo dengan meng-klik tombol yang berada pada sebelah kanan option "Logo", kemudian pilih gambar yang ingin anda jadikan logo dan klik open.

Option position digunakan untuk mengatur letak window “login box”, anda dapat mengubah posisinya dengan mengubah nilai yang ada pada text area sebelah kanan  x dan y, x berarti koordinat x dan y berarti koordinat y. Font dari text yang ditampilkan pada tampilan login dapat diatur pada tab font, sedangkan background dapat diatur pada tab background.

Tab shutdown digunakan untuk mengatur hak dari user untuk mematikan sistem. Terdapat 3 pilihan user yang berhak untuk mematikan system baik dari lokal maupun secara remote, yaitu:

-          Everybody, yang berarti semua user mempunyai hak untuk mematikan system.

-          Only root, yang berarti hanya root yang berhak mematikan system.

-          Nobody, yang berarti tidak ada 1 user-pun yang berhak mematikan system.

Pada tab shutdown option "allow shutdown" dibedakan menjadi 2 pilihan, yaitu: lokal dan remote. Lokal berarti user login melalui sistem secara langsung (user mempunyai akses secara fisik ke komputer), remote berarti user melakukan login tidak melalui sistem secara langsung, dengan kata lain user tersebut berbeda IP  dengan IP pada sistem lokal, hal ini memungkinkan jika user tersebut memakai program remote seperti SSH.

Tab user dipakai untuk mengatur user. Option "System UIDs" digunakan untuk mengatur range nilai dari user ID. Pada option "user images" kita dapat mengganti simbol tiap user dengan memilih user yang ingin kita ganti simbolnya pada drop down list disebelah kanan option "User", kemudian klik tombol yang berada dibawah drop down list, dan pilih gambar yang anda inginkan dan kemudian klik open.

Tab Convenience diapakai untuk mengatur user auto login, yaitu user yang otomatis login tanpa diminta untuk memilih dan memasukan password ketika sistem dinyalakan. Option ini dapat diaktifkan dengan memberi tanda check pada option "Enable auto-login", kemudian pilih user  yang diinginkan pada drop down list.

Pilihan "enable pasword-less logins" digunakan untuk memilih user yang tidak dimintai untuk memasukan password, perlu diingat bahwa user pada option ini berbeda dengan user pada option "auto login".

Paths

Option paths digunakan untuk mengatur direktori desktop, trash, autostart dan documents.

Comments