Macam-macam peralatan jaringan beserta penjelasan lengkapnya

Agar masing-masing komputer dapat terhubung dan terbentuk sebuah topology tertentu maka diperlukan peralatan jaringan berupa hardware. Pada sub bab ini akan dibahas beberapa peralatan jaringan yang banyak digunakan saat ini.



Network Interface Card

Network Interface Card (NIC) sering juga disebut Ethernet card, digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringanya. Ethernet dapat berupa card yang ditancapkan pada slot PCI ataupun onboard, saat ini hampir semua komputer telah dilengkapi dengan Ethernet onboard.

 

[caption id="attachment_734" align="alignnone" width="300" caption="Ethernet card."]Ethernet card.[/caption]

Kabel


Kabel merupakan salah satu perangkat yang diperlukan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainya dalam jaringan. Terdapat 3 macam jenis kabel yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer, yaitu kebel coaxial, kabel UTP, kabel fiber optik.

  • Kabel coaxial


Kabel coaxial biasanya digunakan pada jaringan komputer dengan topology bus. berikut ini merupakan gambar dari sebuah kabel coaxial.

[caption id="attachment_735" align="alignnone" width="300" caption="Kabel Coaxial."]Kabel Coaxial.[/caption]

Seperti terlihat pada gambar diatas bahwa kabel coaxial terdiri dari 4 bagian. Bagian dari yang paling dalam adalah konduktor, insulator dalam, konduktor luar, insulator luar.

  • Kabel UTP


Pengkabelan UTP untuk sebuah jaringan menggunakan sebuah modul yang disebut dengan RJ (Registered Jack)-45/ RJ-45. yang perlu dipahami disini bahwa tiap 1 kabel UTP terdiri dari 4 buah pairs, tiap pairsnya terdiri dari 2 pilinan, ini berarti bahwa tiap 1 kabel UTP terdiri dari 8 buah kabel kecil didalamnya dengan warna yang berbeda-beda. Berikut ini table warnanya:





























PairWarnaKabel
1BiruBiru dan biru-putih
2OrangeOrange dan orange-putih
3HijauHijau dan hijau-putih
4CoklatCoklat dan coklat-putih


Untuk memasang kabel UTP pada sebuah RJ-45 terdapat beberapa standart yaitu 568A dan 568B/258A. terdapat dua jenis konfigurasi kabel UTP yaitu straight-trough dan cross-over. Konfigurasi straight-trough digunakan untuk menghubungkan dua buah device yang berbeda, misalnya komputer dengan switch. Untuk membuat kabel UTP dengan konfigurasi straight-trough, ujung masing-masing kabel harus dipasangkan pada sebuah RJ-45 dengan menggunakan salah satu standart pemasangan kabel yaitu menggunakan standart 568A pada kedua ujungnya atau menggunakan standart 568B pada kedua ujungnya.

[caption id="attachment_736" align="alignnone" width="300" caption="Straight-trough. "]Straight-trough.[/caption]

Sedangkan konfigurasi cross-over digunakan untuk menghubungkan dua buah device yang sama, misalnya komputer dengan komputer. Berbeda dengan straight-trough, untuk membuat kabel UTP dengan konfigurasi cross-over maka kedua ujung kabel harus diapsangkan pada sebuah RJ-45 dengan standart yang berbeda, yaitu, ujung yang satu dipasang dengan standart 568A dan ujung yang satunya lagi harus dipasang dengan standart 568B/258A.

[caption id="attachment_737" align="alignnone" width="300" caption="Cross-over - RJ-45 dilihat dari depan dengan sisi menonjol/klip diletakan pada bagian bawah."]Cross-over - RJ-45 dilihat dari depan dengan sisi menonjol/klip diletakan pada bagian bawah.[/caption]

Standart 568A


Standart 568A terlihat seperti pada diagram dibawah ini :








































PinKabel
1Hijau-putih
2Hijau
3Orange-putih
4Biru
5Biru-putih
6Orange
7Coklat-putih
8Coklat


Standart 568B/258A


Table dari standart pengkabelan 568B/258A adalah seperti berikut ini:








































PinKabel
1Orange-putih
2Orange
3Hijau-putih
4Biru
5Biru-putih
6Hijau
7Coklat-putih
8Coklat



  • Kabel Fiber Optik


Kabel fiber optik merupakan salah satu jenis kabel yang memiliki kemampuan transfer data yang cukup tinggi. Kabel ini sangat baik digunakan dalam jaringan yang membutuhkan transfer rate yang cukup tinggi seperti teleconference, video streaming, dan lainya.

[caption id="attachment_738" align="alignnone" width="277" caption="Kabel fiber optik."]Kabel fiber optik.[/caption]

 

Sesuai dengan namanya, kabel serat optik mengunakan sinyal cahaya (fotonik) untuk mengirimlan data. Kelebihan yang utama dari kabel serat optik adalah kecepatanya, selain itu kabel jenis ini hampir tidak memiliki masalah gangguan, seperti gangguan derau elektronik dan lainya.

Comments