Memahami menu powerpoint 2007

menu pada powerpoint 2007 sedikit berbeda dengan menu pada powerpoint pendahulunya. untuk anda yang baru pertama kali menggunakan powerpoint 2007 dan sudah terbiasa dengan pendahulunya akan sedikit kebingunan saat menggunakan powerpoint yang baru ini. berikut akan kami jelaskan satu persatu dari menu powerpoint 2007.

menu yang pertama adalah menu home. tab home ini berisi menu-menu basic seperti pengaturan paragraf, font, menambah atau mengurangi slide, drawing/menggambar gambar-gambar basik seperti panah, kotak, lingkarang dsb.


selanjutnya menu yang kedua adalah menu insert. menu insert dipakai untuk menambahkan fitur-fitur pada slide presentasi anda, diantaranya adalah untuk menambahkan gambar, clip art, album foto, shapes, chart/grafik, link, tombol action, text, simbol, movie/clip, mp3, dll.


kemudian adalah menu design, yang mana menu ini kita gunakan untuk memodifikasi tampilan dari slide presentasi powerpoint kita agar terlihat lebih menarik. coba pilih salah satu theme pada kolom themes kemudian jalankan powerpoint anda, kemudian keluar dari slide powerpoint dan ubah ke theme yang lain kemudian jalankan lagi, lihat perbedaannya.


lanjut ke menu berikutnya adalah menu animations. menu animations kita gunakan untuk mengatur bagaimana animasi perpindahan dari satu slide ke slide berikutnya atau slide sebelumnya. pada kolom "transition to this slide" pilih salah satu animasi kemudian jalankan presentasi anda. coba anda berpindah-pindah dari satu slide ke slide yang lain dan lihatlah hasilnya.


selanjutnya adalah menu slide show yang kita gunakan untuk mengatur bagaimana slide show akan ditampilkan. tidak banyak yang bisa kita gunakan pada men ini untuk membuat presentasi lebih menarik. saran saya biarkan default saja.


selanjutnya adalah menu review. menu review kita gunakan untuk pengaturan bahasa. menambahkan komentar pada slide presentasi anda. dan memprotek slide presentasi anda agar orang lain tidak bisa mengubahnya.


lanjut ke menu berikutnya yaitu view. menu view digunakan untuk mengatur view atau lembar kerja dari presentasi anda. misalkan menambahkan garis bantu pada lembar kerja, dll.


menu add-ins berisi semacam tool tambahan yang akan muncul secara otomatis jika anda menginstall sebuah software yang mempunyai fitur yang berhubungan dengan microsoft powerpoint.


menu powerpoint yang terakhir adalah menu format. menu format akan muncul setelah kamu meng-klik salah satu shape pada slide presentasi kamu. menu format dipakai untuk mengatur format dari kotak shape dan huruf. perhatikan pada kolom "shape style", coba pilih salah satu format shape dan lihatlah hasilnya. kemudian pada kolom "wordart style" pilih salah satu format huruf yang bagus dan lihatlah perubahannya.


demikian tadi adalah penjelasan menyeluruh tentang menu powerpoint 2007.


semoga membantu

Comments