cara install google chrome pada ubuntu

secara default ubuntu telah dilengkapi dengan firefox sebagai default web browser-nya. meskipun firefox untuk versi terbaru telah mengalami peningkatan pada performa dan kecepatannya namun dari pengalaman saya google chrome masih jauh lebih cepat terutama jika dipakai pada sistem operasi linux.

web browser chrome berbasis pada proyek open source yang disebut chromium. software/installer chromium web browser sendiri sudah tersedia pada ubuntu software center, dan telah support untuk sebagian besar fitur seperti theme, extension dan berbagai fitur lainnya yang biasa anda pakai dengan google chrome.


firefox sangat populer karena banyaknya add-ons yang tersedia (dengan kata lain saya bisa bilang bahwa anda bisa mendapatkan add-ons apapun dengan firefox). tetapi untuk masalah kecepatan, firefox kalah jauh dengan google chrome terutama jika kamu memakai sistem operasi ubuntu, fedora, linux mint atau distro linux lainnya dengan banyak tab terbuka dan banyak plugins yang terinstall. dengan kata lain, google chrome memiliki performa yang lebih baik baik dalam speed dan stability pada ubuntu.

anda bisa menginstall chromium melalui  ubuntu software center, namun jika anda ingin menginstall google chrome anda harus download terlebih dahulu debian package nya kemudian install melalui command line atau bisa juga dengan klik kanan pada file yang baru kamu download kemudian open with ubuntu software center. lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) download debian package google chrome dari website remisnya di sini: http://www.google.com/chrome

2) sekarang kamu bisa install package google chrome tersebut menggunakan ubuntu software center atau bisa juga dengan menggunakan command line seperti berikut ini:

buka terminal/console dengan cara tekan ctrl+alt+T dan pindah ke direktori tempat kamu menyimpan hasil download tadi.

cd Downloads
sudo dpkg -i file_name.deb

 

 
jika ada error dependencies yang muncul maka gunakan perintah di bawah ini untuk menginstall dependencies package-nya


sudo apt-get -f install

 

 
bisa juga perintah di bawah ini untuk menginstall dependencies package satu persatu, jika ingin repot.


sudo apt-get install libnspr4-0d
sudo apt-get install libcurl3

 

 
jika sudah selesai maka kamu bisa check melalui menu applications > internet > google chrome

 
selamat mencoba! semoga bisa install google chrome dengan lancar.

Comments