Cara Scan Virus Dengan Eset NOD 32 Antivirus

Komputer anda terserang virus? memang hal ini sangat menjengkelkan. Beberapa efek virus komputer diantaranya adalah komputer jadi lemot, sering hang, file hilang atau rusak, komputer suka ngaco, mati sendiri, blue screen, dan lain sebagainnya. Untuk mengatasinya anda harus menginstal sebuah antivirus yang handal pada komputer/laptop anda. Beberapa antivirus yang bisa anda andalkan diantaranya adalah kaspersky, norton, McAfee, avg, bitDefender, eset NOD 32, dll. Pada artikel ini kita akan membahas lebih mendalam tentang antivirus eset nod32, yaitu bagaimana cara kita scan virus dengan eset nod 32. Ikuti selengkapnya di bawah ini.



Sebelum kita beranjak ke cara scan virus dengan eset nod 32, mari kita telusuri dulu apa sebenarnya eset nod 32 ini dan apa saja kelebihan dari antivirus ini dibanding dengan antivirus lainnya. Eset sendiri sebenarnya terdiri dari 2 varian yang berbeda yaitu ESET NOD32 Antivirus (EAV) dan ESET Smart Security (ESS). Perbedaan keduanya ada pada fiturnya saja, fitur pada ESS lebih lengkap dibanding dengan fitur pada EAV

Berikut adalah beberapa kelebihan eset nod32 antivirus diabanding dengan antivirus lainnya:

  1. instalasi yang mudah.

  2. GUI (graphical user interface)/tampilan yang mudah untuk dimengerti/user friendly.

  3. Ringan, penggunakan memori relatif kecil dibanding dengan antivirus lainnya seperti bitDefender dan lain-lain.

  4. Memberikan fasilitas perlindungan untuk user internet seperti proteksi dari Keyloggers, Adware, dan Dialer serta email, dll.

  5. Update database tergolong sangat cepat jika dibanding dengan antivirus lainnya.


Secara kesuluruhan Eset Nod 32 tergolong antivirus yang cepat dan efektif dalam memproteksi dan "mengobati" komputer dari serangan virus.

antivirus eset nod 32


Mengetahui kelebihannya sudah maka sekarang mari kita masuk pada cara scan virus dengan eset nod 32, berikut ini caranya.

Saya asumsikan komputer/laptop anda sudah terinstall antivirus eset nod32. Jika belum silahkan download dan install antivirus eset nod32. Anda bisa download antivirus ini dari website resmi eset nod 32.

Pertama, buka antivirus eset nod32 dengan cara tekan icon eset nod32 pada systray pojok bawah kanan di taskbar samping jam.

Kemudian pilih "computer scan". nah di situ anda bisa langsung melakukan scan secara menyeluruh atau scan per drive/partisi. Jika ini adalah pertama kalinya anda melakukan scan maka lebih baik lakukan scan secara menyeluruh.

Untuk menghindari terjangkitnya virus pada komputer anda ada baiknya lakukan scan secara periodik, misal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali agar komputer anda terbebas dari virus. Beberapa daerah yang wajib anda scan adalah pada partisi/drive c, drive tempat anda menyimpan software, serta drive tempat anda menyimpan file-file document seperti word, excel dan lain-lain karena file-file tersebut sangat rentan terhadap serangan virus.

Jangan lupa juga untuk update database antivirus secara rutin agar antivirus eset nod32 anda mengenali varian-varian virus yang baru muncul.

Demikian artikel singkat tentang cara scan virus dengan Eset Nod 32 Antivirus ini semoga bermanfaat.

Comments