Dolar AS Mendominasi Pasca Apiknya Data New Home Sales Agustus 2014

Dolar AS mendominasi pergerakan harga mata uang selama sesi perdagangan Amerika malam tadi. Positifnya laporan dari AS berpadu dengan sedikit aksi penghindaran risiko menjadi bahan bakar bagi laju Dolar. Data penjualan rumah baru (new home sales) Amerika Serikat ditutup dengan kenaikan 18% atau 504,000 pada bulan Agustus. Angka tersebut lebih tinggi daripada perolehan sebelumnya serta ekspektasi di 430,000.

dolar_rumah

Terdongkrak Data New Home Sales

Data penjualan rumah baru AS bulan Agustus tahun ini menjadi lompatan satu bulanan terbesar sejak tahun 1992 dan level tinggi yang pertama kalinya sejak tahun 2008. Apabila lonjakan permintaan dari konsumen terus berlanjut, hal itu bisa berarti peningkatan aktivitas konstruksi dalam perekonomian.

Apiknya data ekonomi AS dan eskalasi konflik geopolitik inilah yang dianggap sebagai faktor penyebab bullishnya Greenback dan hujan pip bagi mata uang AS. EUR/USD ambruk sebanyak 53 pip ke posisi 1.2783 akibat Euro yang terimbas oleh buruknya Ifo Jerman serta pidato Draghi. GBP/USD juga masih menyambung kemerosotannya ke posisi 1.6339. Sedangkan USD/JPY melompat 32 pip ke posisi 109.07, setelah kemarin Yen juga mengalami kelemahan akibat buruknya data manufaktur Jepang.

Gubernur PBOC Mundur

Kamis (25/09) pagi ini, satu berita yang tak kalah pentingnya adalah laporan dari Wall Street Journal mengenai kemungkinan penggantian Gubernur PBoC, Zhou Xiaochuan. Padahal, Zhou sendiri telah menyatakan bahwa dia belum berencana untuk mengundurkan diri. Akhirnya, para trader forex pun berasumsi bahwa kabar tersebut adalah sebuah sinyal bahwa Tiongkok akan menjadi lebih agresif dalam merespon lambannya pertumbuhan negara tersebut.

Comments