PMI Manufaktur Jepang September Loyo, Kenaikan Pajak Tahap Dua Butuh Data Lain




Aktivitas manufaktur Jepang dilaporkan menurun pada bulan ini. Akan tetapi, para ekonom mengatakan bahwa mereka membutuhkan informasi yang lebih banyak, terutama mengenai upah dan belanja konsumen, untuk mempertimbangkan apakah pemerintah harus menaikkan pajak lagi atau tidak tahun depan.

 Angka flash PMI manufaktur Jepang untuk bulan September tercatat melemah daripada ekspektasi yakni di 51.7 dengan perkiraan 52.5, dan menurun juga dari sebelumnya di 52.2. Hal ini mengindikasikan bahwa ekspansi industri melambat pada bulan ini.

Perusahaan yang sedang berkembang sebenarnya sedang menanti tindakan selanjutnya dari PM Jepang Shinzo Abe, terutama setelah perekonomian terkontraksi secara tajam dalam kuartal kedua pasca kenaikan pajak tahap pertama dilaksanakan.

Sedangkan pemerintah Jepang sendiri, yang lebih memilih untuk mengawasi perkembangan ekonomi pada kuartal ketiga sebelum menaikkan pajak, tampaknya masih khawatir jika belanja konsumen masih belum pulih sepenuhnya saat kenaikan pajak tahap kedua diberlakukan. Abe dijadwalkan akan mengambil keputusan final pada akhir tahun 2014 nanti. (Baca : Pengertian Investasi)

Akibatnya, Yen pun mengalami pelemahan selama sesi perdagangan Asia siang hari ini. USD/JPY naik ke 108.67 setelah sebelumnya sempat menghuni posisi 108.46. Sementara itu, AUD/JPY melompat ke 96.09 setelah rilisnya indeks CB Australia dan aktivitas manufaktur Jepang tersebut.

Comments