Cara Membuat Disk Data Cadangan Windows Vista

Pagi Semua .. Apa kabar ? Sudah lama , sekitar seminggu saya vakum karena tugas dari dunia nyata yang sangat banyak.

Syukur semuanya dapat selesai dengan lancar ..

Oke sekarang ke topik pembahasan. Pada kali ini saya akan memberikan Cara membuat Disk Data Cadangan pada Windows Vista . tentu hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketika suatu saat data anda hilang karena virus atau terkena hapus dan . untuk caranya simak berikut ini :
Cara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkom

Membuat Disk Data Cadangan Windows Vista

Gunakan software perekam (atau pembakar) CD atau DVD yang diinstal dalam komputer Anda, (misalnya, CyberLink Power2Go) untuk membuat disk cadangan informasi penting, misalnya file pribadi, pesan e-mail, daftar situs Web favorit. Anda juga dapat memindahkan data ke drive hard disk eksternal.
  1. Klik Tombol Start (Mulai)Cara membuat disk data cadangan windows vista | SerilkomWindows Vista™ , All Programs, lalu klik CyberLink DVD Suite. Window registrasi CyberLink akan muncul. Registrasi sekarang atau nanti.
  2. Klik ikon dataCara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkomdi bagian atas window
  3. Klik Make a data DVD (Buat DVD data) atau Make a data CD (Buat CD data). Window Power2Go akan muncul, menampilkan daftar folder Anda.
  4. Sorot file atau folder yang akan dipindahkan, lalu klik ikon Add (Tambah)Cara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkom!
    *Untuk menghapus file, pilih file tersebut, lalu klik ikon Delete a Folder(Hapus Folder)Cara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkom
    *Untuk menghapus semua file, klik ikon Delete all Folders (Hapus Semua Folder)!Cara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkom*Untuk membuat folder baru dalam direktori tersebut, klik ikon Add Folder (Tambah Folder)
    Cara membuat disk data cadangan windows vista | Serilkom
    Catatan : Satu folder akan dibuat di bawah direktori yang aktif. 
  5. Setelah selesai menambah file, klik ikon Burn a Disc (Bakar Disk). Window Configuration/Information akan terbuka dengan tab Burner (Pembakar), agar Anda dapat mengatur konfigurasi perekaman. Biarkan pengaturan default yang digunakan. 
  6. Ketika muncul pesan yang meminta Anda memasukkan disk lakukanlah. Power2Go akan mulai merekam data ke disk, dengan menampilkan baris proses.
  7. Pada pesan Data Disc: Completed Successfully (Disk Data: Berhasil Diselesaikan), klik OK. Disk secara otomatis akan keluar
  8. Keluarkan disk dari drive disk, beri label, lalu simpan baik-baik data cadangan anda. 

Ketika menulis data ke disk cadangan, Anda harus menggunakan software yang dilengkapi fungsi verifikasi penulisan (software CyberLink Power2Go dilengkapi fitur ini). Fitur ini akan membandingkan data yang ada dalam drive hard disk dengan data yang ada dalam disk untuk memastikan keduanya sama. Tergantung software perekam, Anda mungkin perlu secara manual mengaktifkan fitur ini (lihat dokumentasi software tersebut). Jika menemui masalah dalam merekam, cobalah media alternatif (ganti tipe atau merek). Gunakan juga Windows Explorer untuk melihat file-file lalu pastikan semua file sudah disalin. Untuk membuka Windows Explorer, klik-kanan tombol Start(Mulai) Windows Vista, lalu klik Explore (Jelajah).

Sekian untuk Cara membuat Disk Data Cadangan pada Windows Vista , semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda .

Terima kasih

Comments