Panduan Microsoft Office Word 2010 | Terlengkap (Part 1)

Pagi Sobat ? saya pada kali ini akan memberikan panduan yang sangat top lengkapnya , jitu materinya .

Panduannya adalah Microsoft Office Word 2010 . 

Panduan Microsoft Office Word 2010 | Serilkom
Panduan Microsoft Office Word 2010

Buat apa mempelajari Microsoft Office Word ? Microsoft Office Word sangat banyak kegunaannya seperti dapat membantu membuat berita , artikel, skripsi , makalah , laporan, dll.
Bagi pemula , bila kita niat dalam belajar kita akan lebih mudah menguasai ilmunya . Bagi anda yang ingin belajar atau mendalami Software Microsoft Office Word 2010 , Serilkom akan memaparkan tutorialnya secara lengkap . berikut ..

Panduan terlengkap Microsoft Word 2010 dari Serilkom ini terbagi menjadi 2 Part , 
yaitu 

Part 1 : 

RIBBON
Tab Home
Tab Insert
Tab Page Layout
Tab Reference
Tab Mailings
Tab Review
Tab View

Memulai Microsoft Office 2010
Memulai Microsoft Office 2010
Membuat Dokumen Baru
Menggunakan Template
Membuka dokumen

Cut, Copy and Paste
Paste Teks
Undo
Show/Hide Formatting Marks

Memformat Text
Modifying Fonts
Change Text Case
Menambahkan efek teks
Menghapus efek teks
Format Painter
Clear Formatting

Memformat Dokumen
Mengatur Line Spacing
Orientasi Halaman
Ubah Orientasi Halaman

Page Margins
Mengatur Margins Halaman yang ditetapkan sebelumnya
Membuat Custom Margins

Page Breaks
Menyisipkan Page Break
Menghapus Page Break

Headers, Footers, and Page Numbers
Menambahkan Page Numbers
Menambahkan Header atau Footer
Menghapus page numbers, headers, and footers

Bulleted dan Numbered List
Menyisipkan daftar Bulleted atau Numbered
Memilih Tipe Bullets atau Numbering
Pindah Daftar Kiri atau Kanan

Document Ruler
Tab Stops
Setting Manual Tab Stops
Mengatur Tab Stop Secara Detail
Hapus Tab Stop
Bekerja dengan Grafik
Menyisipkan Shapes
Menyisipkan Teks ke Shapes
Format Shapes
Menghapus Shapes
Menyisipkan Text Boxes
Menghapus Text Boxes

 Part 2 :

WordArt
Menyisipkan Picture/Clip Art
Menyisipkan Clip Art
Menyisipkan Gambar dari Web
Menyisipkan Gambar dari File

Mengubah ukuran Grafis
Mengubah ukuran grafis secara manual
Cropping sebuah gambar
Uncrop Gambar

Teknik Memformat Lanjutan
Membuat Kolom
Tambahkan kolom ke bagian dokumen

SmartArt Grafis
Membuat SmartArt Grafis:
Tambah atau Hapus Shapes di SmartArt Grafis
Memformat SmartArt Grafis

Tabel
Menyisipkan Tabel
Menambahkan Baris/Kolom ke Tabel
Menghapus Tabel
Hapus Isi Tabel

Menyelesaikan Dokumen
Print Preview
Print
Menyimpan document
Help

Styles
Cara memakai Styles
Mengedit tata tulis pada Styles

Mail Merge


Yang akan kita pelaji terlebih dahulu adalah Panduan terlengkap Microsoft Office Word 2010 Part 1 . Baiklah tanpa berlama-lama simaklah panduannya .  

Selamat belajar

RIBBON 
Memahami Ribbon adalah cara yang bagus untuk membantu memahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft 2010. Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnya dari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang mencakup berbagai fitur program yang sangat besar.Untuk pengaksesan ribbon dapat dilakukan dengan mouse (klik pada tab yang diinginkan) atau dengan menekan tombol F10 (tampil huruf atau angka pada ribbon) diikuti dengan menekan huruf atau angka untuk memilih menu.ribbon terdiri dari 7 tab yaitu :
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Ribbon



Tab Home
Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Home



Tab Insert 
Tab ini memungkinkan untuk memasukkan berbagai itemke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan footer
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Insert


Tab Page Layout 
Tab ini memiliki perintah-perintah untuk mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi, menyisipkan kolom, latar belakang halaman dan tema.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Page Layout


Tab Reference 
Tab ini memiliki perintah-perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas. Ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Reference


Tab Mailings 
Tab ini memungkinkan dokumen untuk mengirimkan surat seperti mencetak amplop , label dan gabungan pengolahan surat.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Mailings


Tab Review 
Tab ini memungkinkan membuat perubahan ke dokumen karena masalah ejaan dan tata bahasa. Hal ini juga memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang-orang dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab Review


Tab View
Tab ini memungkinkan Kita untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tab View


Setelah mempelajari apa itu Ribbon dan macam-macam tabnya , selanjutnya kita akan mempelajari cara memulai membuat dokumen , silahkan simak penjelasan berikut ini :

Memulai Microsoft Office 2010


Memulai Microsoft Office 2010 
Sekarang mari kita lihat langkah yang diperlukan untuk membuat dokumen :
Klik dua kali ikon Word 2010 di desktop dan Word akan terbuka..

Jika di desktop tidak ikon word , maka ikuti langkah berikut :
  1. Klik pada tombol StartPanduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
  2. Sorot All Programs Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

  3. Sorot Microsoft OfficePanduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

  4. Klik pada Microsoft Office 2010
    Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

Membuat Dokumen Baru

  1. Membuat Dokumen Baru
  2. Klik tab File kemudian klik New.
  3. Dalam Available Template, klik Blank Document.
  4. Klik Create.




Menggunakan Template
Word 2010 memungkinkan Anda untuk menerapkan built-in template dari berbagai pilihan template Word populer, termasuk resume, agenda, kartu bisnis, dan faks. Untuk menemukan dan menerapkan template di Word, lakukan hal berikut: 
  1. Pada Tab File, Klik New
  2. Berdasarkan Template yang tersedia 
  3. klik Template
  4. kemudian klik Create Untuk menggunakan kembali template yang Anda baru saja digunakan,

Untuk mencari template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik kategori template yang Anda inginkan, kliktemplate yang Anda inginkan, dan klik Download untuk mendownload template dari Office.com ke komputer Anda. 


Membuka dokumen
  1. Klik tab File, kemudian klik Open.
  2. Pada panel kiri dari kotak dialog Open, klik drive atau folder yang berisi dokumen.
  3. Di panel sebelah kanan dari kotak dialog Open, buka folder yang berisi dokumen yang Anda inginkan.
  4. Klik dokumen dan kemudian klik Open.
Selanjutnya kita akan mempelajari Cut, Copy , and Paste , Apa tuh Cut ? Copy? Paste ? simak penjelasannya  


Cut, Copy and Paste
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Cut, Copy, and paste

Cukup sorot teks lalu ke tab Home di grup Clipboard dan klik Cut atau Copy. Anda juga dapat klik kanan pada mouse anda dan pilih Cut atau Copy. Copy berarti membiarkan teks asli tetap ada di dokumen, sedangkan cut berarti melakukan copy tetapi menghapus teks tersebut dari dokumen. Saat teks dilakukan Copy atau Cut, teks tersebut disalin pada Clipboard (memory komputer).


Paste Teks
Untuk menyalin teks digunakan Paste di suatu tempat. Fitur Paste di Word 2010 jauh lebih rinci daripada di versi sebelumnya Word. Ketika melakukan paste konten, pilihan tombol Paste menyediakan pilihan yang berbeda, tergantung pada sumber konten.
Untuk Paste, klik pada area yang Anda ingin informasi Anda untuk dimasukkan.
  • Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli.
  • Keep Text Only: Pilihan ini menghapus semua format asli dari teks.
  • Link & Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli, dan mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.
  • Link & Use Destination Styles: Ini pilihan format teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan. Hal ini juga mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.
  • Merge Formatting: Pilihan ini merubah format sehingga cocok dengn teks yang mengelilinginya
  • Picture: Pilihan ini menyisipkan teks sebagai gambar.
  • Use Destination Styles: Pilihan ini memformat teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan
  • Use Destination Theme: Pilihan ini memformat teks untuk mencocokkan tema yang diterapkan pada dokumen mana teks yang disisipkan.


Undo
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Undo
  • Quick Access Toolbar memegang berbagai perintah tepat pada ujung jari. Hal ini terletak di bagian kiri atas dokumen di atas tab File dan Home.
  • Quick Access Toolbar dapat ditambahkan atau dihapus dengan mengklik pada panah di sebelah kanan.

Jika membuat kesalahan dalam dokumen, klik pada perintah Undo dan akan menghapus hal terakhir yang dilakukan

Show/Hide Formatting Marks
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Show/Hide Formatting Marks

Perintah Show / Hide memungkinkan untuk melihat setiap kali menekan space bar, tekan enter atau tab. Fitur ini bisa sangat berguna ketika membuat dokumen untuk memahami di mana semuanya ditempatkan dalam dokumen dan lihat jika ada kesalahan yang telah dibuat.
  • Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Show/Hide

Cut, Copy,Paste dan undo sudah dipelajari , lalu selanjutnya belajar apa ? selanjutnya kita belajar memformat text . 

Memformat Text
Memformat dokumen dapat berkisar dari ukuran teks memodifikasi untuk grafis menambahkan. Sangat mudah untuk menambahkan sentuhan kreatif untuk dokumen dengan opsi Microsoft Word yang ditawarkan.

Modifying Fonts
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Editing Text

Font Group memungkinkan Anda untuk mengubah teks gaya font, ukuran, warna dan elemen lainnya
  1. Sorot teks yang ingin memodifikasi.
  2. Klik pada panah drop-down gaya font dan ukuran font dan pilih perubahan yang ingin dibuat. 
  3. Saat teks akan disorot, perubahan format dapat dilakukan misalnya mengklik pada warna, tebal, miring atau garis bawah perintah untuk memodifikasi teks bahkan lebih.


Change Text Case
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

Pegubahan teks yang dipilih dalam dokumen dengan mengklik tombol tunggal yang disebut Change Case.
  1. Sorot teks yang ingin ubah.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Change Case.
  3. Pilih opsi dari daftar dropdown, yang mencakup Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, and tOGGLE Case 


Menambahkan efek teks
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Add caption

  1. Pilih teks yang ingin ditambahkan efek.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Text Effect.
  3. Klik efek yang diinginkan.

  • Untuk lebih banyak pilihan, arahkan ke Outline, Shadow, Refleksi, atau Glow, dan kemudian klik efek yang ingin ditambahkan. 


Menghapus efek teks
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

  1. Pilih teks yang ingin dihapus efeknya.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Clear Formatting. 


Format Painter
Fitur Format Painter memungkinkan untuk cepat menyalin format yang sudah ada
  1. Pilih teks atau gambar yang memiliki format yang ingin disalin.
  2. Pada tab Home, dibagian Clipboard group, klik Format Painter. Pointer akan berubah menjadi ikon kuas.
  3. Arahkan kursor ke teks atau grafis yang ingin diformat dan klik pada teks.

Untuk menghentikan format, tekan ESC atau klik pada perintah Format Painter lagi.
CATATAN: Double-klik tombol Format Painter jika ingin mengubah format beberapa pilihan dalam dokumen Anda 

Clear Formatting
Untuk menyingkirkan semua style, efek teks, dan format font dalam dokumen, lakukan berikut:
  1. Pilih teks yang ingin dihapus formatnya. Atau tekan CTRL + A untuk memilih semuanya dalam dokumen.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Clear Formatting.

CATATAN: Perintah Format Hapus tidak akan menghapus penyorotan dari teks. Untuk menghapus penyorotan, pilih teks yang disorot, dan kemudian klik tanda panah di sebelah Sorot Warna Teks dan klik No warna.

Memformat Dokumen
Mengatur Line Spacing
Jarak default adalah 1,15 spasi baris dan 10 poin setelah setiap paragraf. Jarak default pada dokumen Micorosoft Office 2003 adalah 1.0 antara garis dan tidak ada baris kosong antara paragraf.
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Memformat dokumen

Cara termudah untuk mengubah jarak baris untuk seluruh dokumen adalah 
  1. Menyorot seluruh paragraf atau dokumen yang ingin diubah spasi barisnya.
  2. Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Line Spacing
  3. Lakukan salah satu dari langkah berikut:
  4. Klik nomor ruang baris yang diinginkan.Sebagai contoh, klik 1,0 untuk single - ruang dengan jarak yang digunakan dalam versi Word sebelumnya. Klik 2,0 untuk double - ruang paragraf yang dipilih. Klik 1,15 untuk single-ruang dengan jarak yang digunakan dalam Word 2010
  5. Klik Remove Space Before Paragraph untuk menghapus baris tambahan ditambahkan setelah setiap paragraf sebagai standar. 


Orientasi Halaman
Orientasi halaman dapat memilih salah satu potret (portrait/vertikal) atau lanskap (landscape/horizontal) untuk semua atau bagian dari dokumen. 

Ubah Orientasi Halaman
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup Group, klik Orientation
  2. Klik Portrait atau Landscape
  3. Berbeda Halaman Orientasi dalam Dokumen yang sama
  4. Sorot halaman atau paragraf yang ingin diubah ke portrait atau landscape.
  5. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup Group, klik Margins 

  1. Klik Custom Margins di bagian bawah menu drop down
  2. Kotak dialog Page Setup akan muncul.
  3. Pada tab Margins, klik Portrait atau Landscape.
  4. Pada Apply to, klik Selected text atau This point forward

  • CATATAN: Jika diinginkan beberapa tapi tidak semua teks pada halaman untuk mengubah portrait atau orientasi landscape, Word menempatkan teks yang dipilih pada halaman sendiri, dan teks sekitarnya pada halaman terpisah.


Page Margins
Mengatur Margins Halaman yang ditetapkan sebelumnya
  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup group, klik Margins. Drop down menu galeri Margins akan muncul
  2. Klik jenis margin yang ingin diterapkan. 

Membuat Custom Margins
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Custom Margin

  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup group, klik Margins
  2. Di bagian bawah drop down menu galeri Margins, klik Custom Margins
  3. Kotak dialog Page Setup akan muncul.
  4. Masukkan nilai baru untuk margin pada semua atau beberapa, Atas Bawah, Kiri atau Kanan
  5. Klik OK

  • CATATAN: Kebanyakan printer memerlukan lebar minimum untuk pengaturan margin, karena mereka tidak dapat mencetak semua cara ke tepi halaman. Jika margin yang diatur terlalu sempit, Microsoft Word menampilkan pesan Satu atau lebih margin diatur di luar area cetak halaman 


Page Breaks
Word secara otomatis menyisipkan page break bila sudah mencapai akhir halaman. Jika teks ingin dibedakan halamannya, Anda dapat menyisipkan panduan page break 

Menyisipkan Page Break
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Page Breaks

  1. Klik di mana Anda ingin memulai halaman baru.
  2. Pada tab Insert, dibagian Pages group, klik Page Break
  • CATATAN: Page break dapat disisipkan ke dalam dokumen dengan menuju ke tab Page  Layout grup, Page Setup dan klik pada perintah Breaks untuk melihat berbagai pilihan. 

Menghapus Page Break
Page breaks yang diatur oleh Word secara otomatis tidak dapat dihapus, yang dapat dihapus adalah page breaks yang diatur secara manual
  1. Pergi ke page break yang ingin dihapus
  2. Pilih page break dengan mengklik di margin sebelah garis putus-putus
  3. Tekan DELETE pada keyboard. 


Headers, Footers, and Page Numbers
Header, footer dan nomor halaman dapat ditambahkan dengan berbagai cara. Cara termudah adalah klik dua kali pada bagian atas atau bawah halaman dan header footer dan daerah akan muncul. Masukkan teks yang ingin ditampilkan di bagian atas atau bawah setiap halaman.

Menambahkan Page Numbers
  1. Jika diinginkan nomor halaman pada setiap halaman, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  2. Pada tab Insert, dibagian Header & Footer group, klik Page Number.
  3. Klik lokasi page number yang diinginkan
  4. Dalam galeri, gulir/scroll melalui pilihan, dan kemudian klik format nomor halaman yang diinginkan.

Untuk kembali ke isi dokumen, 
  • klik Close Header and Footer pada tab Design (dibawah Header & Footer Tools) 


Menambahkan Header atau Footer
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom

  1. Pada tab Insert, dibagian Header & Footer group, klik Header or Footer
  2. Klik header or footer yang ingin ditambahkan ke dalam dokumen dan area header atau footer akan terbuka
  3. Ketik teks di area header atau footer
  4. Untuk kembali ke isi dokumen, klik Close Header and Footer pada tab Design (dibawah Header & Footer Tools). 


Menghapus page numbers, headers, and footers
  1. Klik pada perintah Header, Footer dan Page Number
  2. Sebuah menu drop down akan muncul
  3. Klik Hapus di bagian bawah menu 


Bulleted dan Numbered List
Anda dapat dengan cepat menambahkan bullet atau nomor ke garis teks yang ada, atau Word secara otomatis dapat membuat daftar seperti yang Anda ketik. Secara default, jika Anda memulai sebuah paragraf dengan tanda bintang atau nomor 1., Word mengenali bahwa Anda mencoba untuk memulai sebuah daftar bullet atau nomor. Jika Anda tidak ingin teks Anda diubah menjadi daftar, Anda dapat mengklik tombol AutoCorrect Options yang muncul.

Menyisipkan daftar Bulleted atau Numbered
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Bulleted and Numbered List

  1. Klik area di mana Anda menginginkan daftar Anda untuk muncul atau sorot teks yang Anda inginkan untuk berada dalam daftar.
  2. Arahkan ke tab Home, dibagian Paragraph group, klik Bullets atau Numbering.
  3. Bullet(s) atau number(s) akan disisipkan 


Memilih Tipe Bullets atau Numbering
  1. Pilih items yang ingin anda tambahkan bullets atau numbering.
  2. Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik tanda panah disebelah perintah Bullets atau Numbering
  3. Pilih format bullet atau number yang ingin anda sisipkan 


Pindah Daftar Kiri atau Kanan
  1. Jika Anda tidak menyukai lokasi bullets atau nomor, dapat dengan mudah memindahkan ke lokasi yang lebih disukai.
  2. Klik bullet atau number dalam daftar untuk menyorot daftar
  3. Tarik daftar ke lokasi baru. Seluruh daftar bergerak seperti yang Anda tarik. Level penomoran tidak berubah



Document Ruler
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Dokument Ruler

Penggaris horisontal dan vertikal (rulers) di Word digunakan untuk menyelaraskan teks, grafik, tabel, dan elemen lainnya dalam dokumen. Untuk melihat penggaris horizontal di bagian atas dokumen Word dan penggaris vertikal di sepanjang tepi kiri dokumen, View harus berada dalam tampilan Print Layout.Untuk menampilkan atau menyembunyikan ruler horisontal dan vertikal, klik Lihat Ruler di bagian atas vertikal scroll bar.

Tab Stops
Membuat tab stop dapat membantu saat membuat sejumlah besar dokumen-dokumen seperti brosur, daftar isi atau bahkan ketika membuat resume. Mereka membantu untuk menampilkan dan berbaris informasi dengan benar. 

Setting Manual Tab Stops
  1. Klik tab di selector ujung kiri penggaris sampai menampilkan jenis tab yang Anda inginkan.
  2. Kemudian klik pada penggaris di bagian atas halaman Anda, di mana Anda ingin mengatur tab stop. 
Berbagai jenis tab stop ditemukan pada penggaris adalah:
  1. Left Tab stop set posisi awal teks yang kemudian akan berjalan ke kanan ketika mengetik.
  2. Center Tab stop set posisi dari tengah teks. Teks akan berpusat pada posisi ini ketika mengetik
  3. Right Tab stop set ujung kanan teks. Saat mengetik, teks bergerak ke kiri
  4. Decimal Tab stop menyelaraskan angka sekitar titik desimal. Independen dari jumlah digit, titik desimal akan berada dalam posisi yang sama. (Anda dapat menyelaraskan nomor disekitar karakter desimal saja)
  5. Bar Tab stop tidak memposisi teks. Ini menyisipkan vertikal bar pada posisi tab

  • CATATAN: Tab stop dapat ditarik ke kiri atau kanan bersama ruler ke posisi yang berbeda. Hanya Klik dan tahan tab stop pada ruler kemudian tarik ke mana pun sesuai diinginkan


Mengatur Tab Stop Secara Detail
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Tabs Stop

Jika tab stop diinginkan di posisi yang tepat yang tidak bisa didapatkan dengan mengklik ruler, atau jika Anda ingin menyisipkan karakter tertentu (leader) sebelum tab, Anda dapat menggunakan kotak dialog Tabs.
  1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher
  2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tab di bagian bawah kiri kotak dialog
  3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul
  4. Di bawah posisi area Tab stop, ketik lokasi di mana Anda ingin mengatur tab stop. Tekan Enter
  5. Di bawah Alignment, klik jenis tab stop yang diinginkan. Lihat tabel di atas untuk penjelasan berbagai jenis tab stop.
  6. Untuk menambahkan titik dengan tab stop, atau menambah tipe leader, klik opsi yang Anda inginkan di bawah Leader
  7. Klik Set
  8. Ulangi Langkah 4-5 untuk menambah tab stop lainnya, atau klik OK
  9. Kotak dialog Tab akan hilang dan Anda seharusnya melihat tab Anda pada penggaris dokumen 


Hapus Tab Stop
Tab stop dapat dihapus dalam berbagai cara, yang paling sederhana arahkan ke ruler, klik dan tahan pada tab stop dan tarik ke bawah ke arah dokumen. Tab stop akan hilang. Untuk cepat menghapus beberapa tab stop:
  1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher
  2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tabs disebelah kiri kotak dialog
  3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul
  4. Dalam daftar di bawah posisi Tab stop, klik posisi tab stop yang ingin Anda bersihkan, dan kemudian klikClear. Untuk menghapus spasi dari semua panduan tab stop, klik Clear All
  5. Klik OK 


Bekerja dengan Grafik
Menyisipkan Shapes
Panduan Microsoft Office 2010 | Serilkom
Shapes

Shapes dapat ditambahkan ke file atau menggabungkan beberapa shapes untuk membuat gambar atau shapes yang lebih kompleks. Tersedia shapes termasuk garis, geometris dasar, panah, persamaan, flowchart, bintang, spanduk, dan callouts. Cara cepat untuk menambahkannya:
  1. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Shapes
  2. Sebuah drop down menu akan muncul, klik shape yang Anda inginkan
  3. Klik di manapun dalam dokumen, dan kemudian tarik untuk menempatkan shapes. 


Menyisipkan Teks ke Shapes
Yang harus dilakukan adalah klik pada bagian dalam shape dan mulai mengetik.
  • CATATAN: Teks yang ditambahkan menjadi bagian dari shape , jika memutar atau membalik shape, teks berputar atau membalik juga


Format Shapes
Setelah menyisipkan shape tab baru bernama Drawing Tools Format akan muncul setiap kali Anda mengklik pada shape
  1. Klik shape baru yang ingin Anda terapkan
  2. Arahkan ke tab Drawing Tools Format, pada Shape Styles group, klik the style yang ingin Anda terapkan 
    Tab Drawing Tools Format juga memungkinkan untuk mengubah shape fill, garis, efek dan pilih bagaimana teks dalam dokumen sudah membungkus shape 

Menghapus Shapes
Jika Anda memutuskan tidak lagi menginginkan shape dalam dokumen Anda, klik pada shape kemudian tekan DELETE. 

Menyisipkan Text Boxes
Sebuah text box adalah obyek yang memungkinkan untuk mengetik teks di manapun.
  1. Pada tab Insert, dibagian Text group, klik Text Box dan sebuah drop down menu akan muncul.
  2. Klik pada template text box atau klik Draw Text Box di bagian bawah menu drop-down untuk menggambar text box.
  3. Jika memilih untuk menggambar text box, perlu untuk mengklik di dalam dokumen, kemudian drag untuk menggambar ukuran text box yang Anda inginkan.
  • Untuk menambahkan teks ke text box, klik di dalam text box, dan kemudian ketik atau sisipkan teks
  • Untuk memformat teks pada text box, pilih teks, kemudian gunakan opsi format pada Font group pada tabHome
  • Untuk posisi text box, klik text box, ketika pointer berubah menjadi , geser text box ke lokasi 
  • CATATAN: Jika memiliki masalah pencetakan text box, pastikan bahwa gambar-gambar Cetak yang dibuat dalam Word check box dipilih. Untuk melakukan ini, klik tab File, klik Options, klik Display, dan kemudian di bawah Pilihan Percetakan, pilih Word check box pada Mencetak gambar 

Menghapus Text Boxes
Untuk menghapus text box cukup mengklik border text box yang ingin Anda hapus, kemudian tekan DELETE. Pastikan pointer tidak berada di dalam text box, melainkan pada border text box. Jika pointer tidak pada border, menekan DELETE akan menghapus teks di dalam text box dan bukan text box. 


Bagaimana ? Mudah kan belajarnya ? Untuk saya WordArt , Kolom, Tabel, Styles , dan Mail Merge akan saya jelaskan di Part 2 nanti .

Terima kasih , semoga bermanfaat ..

Comments