Panduan Microsoft Office Word | Part 2 Terlengkap

Halo pembaca setia Serilkom ? Masih semangat , tadi pagi saya telah memberikan panduan Microsoft Office Word 2010 Part 1 yaitu tentang Ribbon , Margin, Header and Footer dan lain-lain . bila anda belum tahu Panduan yang part 1 , silahkan belajar Panduan Microsoft Office Word 2010 part 1
Selanjutnya saya akan memberikan panduan lanjutannya yaitu

"Panduan Microsoft Word 2010 Part 2"

Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
Panduan Microsoft Office Word Part 2

Untuk part 2 akan dibahas materi sebagai berikut :

WordArt
Menyisipkan Picture/Clip Art
Menyisipkan Clip Art
Menyisipkan Gambar dari Web
Menyisipkan Gambar dari File

Mengubah ukuran Grafis
Mengubah ukuran grafis secara manual Cropping sebuah gambar
Uncrop Gambar

Teknik Memformat Lanjutan
Membuat Kolom
Tambahkan kolom ke bagian dokumen

SmartArt Grafis
Membuat SmartArt Grafis:
Tambah atau Hapus Shapes di SmartArt Grafis
Memformat SmartArt Grafis

Tabel
Menyisipkan Tabel
Menambahkan Baris/Kolom ke Tabel
Menghapus Tabel
Hapus Isi Tabel.

Menyelesaikan Dokumen
Print Preview
Print
Menyimpan document
Help

Styles
Cara memakai Styles
Mengedit tata tulis pada Styles


Mail Merge

Baiklah mari kita pelajari satu-satu : 

WordArd
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
WordArt
WordArt dapat digunakan untuk menambahkan efek teks khusus ke dokumen. Sebagai
contoh, dapat meregang judul, teks miring, membuat teks sesuai dengan bentuk yang telah
ditetapkan, atau menerapkan gradien fill. WordArt menjadi obyek yang dapat Anda
pindahkan atau posisikan dalam dokumen Anda untuk menambahkan hiasan atau penekanan.
Anda dapat memodifikasi atau menambahkan teks dalam objek WordArt yang ada kapanpun
Anda inginkan. Untuk menambah tulisan berbentuk WordArd beikut caranya :
  1. Tab Insert, dibagian Text group, klik WordArt
  2. Sebuah Drop down menu akan muncul, klik jenis WordArt yang diinginkan
  3. Sebuah Text Box akan muncul dengan kata-kata” Enter your text here”, Masukkan teks


Menyisipkan Picture/Clip Art
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

Pictures and clip art dapat dimasukkan atau disalin ke dalam dokumen dari berbagai sumber, termasuk download dari situs Web penyedia clip art, disalin dari halaman Web, atau dimasukkan dari folder di mana Anda menyimpan gambar Menyisipkan Clip Art
  1. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Clip Art.
  2. Sebuah Clip Art task pane akan muncul di sebelah kanan layar, pada kotak Search for, ketik kata atau frase yang menggambarkan clip art yang diinginkan
  3. Klik Go
  4. Pada daftar hasil, klik ganda pada clip art utuk disisipkan ke dalam dokumen 


Menyisipkan Gambar dari Web
  1. Buka document
  2. Dari halaman Web, drag gambar yang Anda inginkan ke dalam dokumen Word 


Menyisipkan Gambar dari File
Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di komputer, masukkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik di mana ingin memasukkan gambar dalam dokumen
  2. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Picture
  3. Cari gambar yang ingin disisipkan. Contoh, file gambar yang terletak diMy Documents
  4. Double-klik gambar yang ingin dimasukkan dan akan muncul dalam dokumen

  • CATATAN: Untuk mengubah ukuran gambar, pilih gambar yang dimasukkan dalam dokumen. Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran dalam satu atau lebih arah, tarik gagang ukuran menjauh dari atau ke tengah, sementara Anda melakukan salah satu dari berikut:  

Mengubah ukuran Grafis
Mengubah ukuran gambar, text box, shape, dan Word Art dapat dilakukan dengan mudah.

Mengubah ukuran grafis secara manual
  1. Klik bentuk gambar, kotak teks atau Word Art yang ingin diubah ukurannya
  2. Lingkaran atau kotak kecil, juga dikenal sebagai handle ukuran, akan muncul di sudut-sudut dan sisi dari suatu objek yang dipilih
  3. Klik dan tahan pada sizing handle jauh dari atau ke arah pusat untuk menambah atau mengurangi ukuran gambar


Cropping sebuah gambar
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

Cropping mengurangi ukuran gambar dengan menghapus tepi vertikal atau horizontal. Cropping sering digunakan untuk menyembunyikan atau memangkas bagian dari gambar, baik untuk penekanan atau untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan
  1. Klik gambar yang ingin di crop
  2. Arahkan Picture Tools, pada tab Format, dibagian Size group, klik Crop
  3. Garis putus-putus hitam akan muncul di sekitar gambar. Kemudian geser bagian tengah cropping handle ke arah dalam
  4. Ketika drag cropping handle, akan terlihat area grafis yang ingin dihapus akan menjadi abu-abu.
  5. Setelah mengkrop segala sesuatu yang diinginkan, klik di luar dari grafik untuk daerah abu-abu yang ingin dihapus untuk menghilang 

Uncrop Gambar
Ukurannya atau gambar yang dipotong untuk tampilan aslinya dapat dikembalikan ke asalnya.
  1. Klik gambar
  2. Arahkan ke Picture Tools, pada tab Format, dibagian Size group, klik Crop
  3. Garis putus-putus hitam akan muncul di sekitar gambar. Tarik garis-garis hitam jauh dari tengah gambar dan gambar asli akan muncul 


Teknik Memformat Lanjutan
Membuat Kolom

Kolom dapat digunakan dalam dokumen-dokumen seperti brosur, buletin atau untuk menghemat ruang.
Tambahkan kolom sebelum memasukkan teks:
  1. Buka tab Page Layout, pada kelompok Page Setup, klik Columns.
  2. Klik layout yang diinginkan. Dokumen akan diformat dalam kolom.

  • CATATAN: Untuk menambahkan garis vertikal antara kolom, klik Column lagi, klik More Column, lalu pilih check box Line between. Anda juga dapat menyesuaikan lebar dan spasi kolom


Tambahkan kolom ke bagian dokumen
Untuk melakukan sorot teks yang ingin diformat dalam kolom, atau menempatkan kursor di posisi diinginkan untuk memulai kolom.
  1. Pada tab Page Layout, pada Page Setup group, klik Columns.
  2. Klik More Columns
  3. Klik jumlah kolom yang diinginkan
  4. Pada Apply to, klik Selected text atau This point forward
  • CATATAN: Untuk mengubah tata letak lagi lebih lanjut dalam dokumen, pilih teks atau klik di mana ingin mengubah tata letak, dan kemudian ikuti langkah yang sama. Misalnya, dapat berubah dari satu kolom ke tata letak dua kolom, dan kemudian dapat mengubah kembali ke tata letak satu-kolom di halaman berikutnya.


SmartArt Grafis
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
SmartArt Grafis
SmartArt grafis adalah representasi visual dari informasi Anda bahwa Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat, memilih dari berbagai layout, untuk secara efektif mengkomunikasikan pesan Anda atau ide-ide.
Anda dapat membuat SmartArt grafis di Excel, Outlook, PowerPoint, and Word.
SmartArt grafis memungkinkan untuk membuat ilustrasi desainer berkualitas hanya dengan beberapa klik dari mouse. Bila ingin membuat SmartArt grafis, diminta untuk memilih jenis SmartArt grafis, seperti Process,Hierarchy, Cycle, atau Relationship. Setiap jenis grafis SmartArt berisi beberapa layout yang berbeda.

Membuat SmartArt Grafis:
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  1. Pada tab Insert, dalam Ilustrasi Group, klik SmartArt
  2. Pada kotak dialog Choose a SmartArt Graphic, klik jenis dan tata letak yang diinginkan
  3. Masukkan teks dengan melakukan salah satu hal berikut ini:

  • Klik [Text] di panel Teks, dan kemudian ketik teks
  • Salin teks dari lokasi lain, klik [Text] di panel Teks, dan kemudian paste teks

Tambah atau Hapus Shapes di SmartArt Grafis
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

  1. Klik SmartArt grafis yang ingin ditambahkan shape lain
  2. Klik shape yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat tersebut
  3. SmartArt Tools, pada tab Design, dalam grup Create Graphic, klik panah di bawah Add Shape
  4. Lakukan salah satu langkah berikut :

  • Untuk menyisipkan shape setelah shape yang dipilih, klikAdd Shape After
  • Untuk menyisipkan shape sebelum shape yang dipilih, klik Add Shape Before


  • CATATAN: Untuk menghapus shape dari SmartArt grafis, klik shape yang ingin dihapus, kemudian tekan DELETE. Untuk menghapus seluruh SmartArt grafis, klik batas grafis SmartArt, kemudian tekan DELETE


Memformat SmartArt Grafis
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom


  1. Variasi warna dan bentuk dalam SmartArt grafis dapat diatur
  2. Klik SmartArt grafis
  3. Dalam SmartArt Tools, pada tab Design, dibagian SmartArt Styles group
  4. Pilih Style SmartArt yang ingin diterapkan untuk menambah style garis bevels atau efek 3-D
  5. Di SmartArt Styles group dapat juga mengkklik Change Colors untuk lebih memodifikasi SmartArt grafis
  6. Klik variasi warna yang diinginkan

  • CATATAN: Jika tidak melihat SmartArt Tools atau tab Desain, pastikan bahwa telah memilih grafis SmartArt. Terkadang harus klik dua kali SmartArt grafis untuk membuka tab Desain.


Tabel
Menggunakan tabel di Word dapat diberikan elemen tambahan untuk dokumen. Tabel dapat digunakan untuk membuat daftar atau format teks secara terorganisasi. 
Menyisipkan Tabel
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

  1. Klik di mana ingin menyisipkan tabel
  2. Pada tab Insert, Tables grup, klik Table
  3. Sebuah drop down box akan muncul, klik dan tahan mouse kemudian tarik untuk memilih jumlah baris dan kolom yang ingin dimasukkan ke dalam dokumen. 

Menambahkan Baris/Kolom ke Tabel
  1. Klik pada table
  2. di bawah Tabel Tools, buka tab Layout
  3. Klik pada Insert Above atau Insert Below untuk menambahkan baris, Klik pada Insert Left atau Insert Right untuk menyisipkan kolom
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  4. Klik pada Delete untuk mengahpus kolom, baris atau cell

Menghapus Tabel
  1. Letakkan pointer pada tabel sampai ikon muncul , kemudian klik ikon tersebut
  2. Tekan BACKSPACE pada keyboard

Hapus Isi Tabel
  1. Ketika isi tabel dihapus, baris tabel dan kolom tetap dalam dokumen Anda.
  2. Pilih isi yang ingin dihapus dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
  3. Seluruh tabel : Dalam tampilan Cetak Layout, letakkan pointer ke tabel sampai ikon muncul, dan kemudian klik ikon
  4. Satu baris atau beberapa baris : Klik disebelah kiri baris.
  5. Satu kolom atau beberapa kolom : Klik garis paling atas dari kolom atau border
  6. Cell : Klik tepi kiri dari cell
  7. Tekan DELETE

Menyelesaikan Dokumen
Print Preview
Print Preview otomatis ditampilkan saat klik pada tab Print.Setiap kali membuat perubahan ke pengaturan cetak-terkait, preview secara otomatis diperbarui
  1. Klik tab File, kemudian klik Print. Untuk kembali ke dokumen, klik tab File.
  2. Sebuah preview dari dokumen secara otomatis muncul.Untuk melihat halaman masing-masing, klik panah di bawah preview.

Print
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

Tab Print adalah menu untuk memastikan bagian apa saja yang ingin dicetak.
  1. Klik tab File
  2. Klik perintah Print untuk mencetak dokumen
  3. Klik tombol Print untuk mencetak dokumen
  4. Dropdown ini menunjukkan printer yang sedang dipilih. Mengklik dropdown akan menampilkan printer lainnya yang tersedia
  5. Pengaturan ini menunjukkan menu dropdown yang sedang dipilih. Tidak hanya menunjukkan nama fitur, menu dropdown ini menunjukkan apa status fitur ini dan menggambarkannya.

  • TIP: Untuk kembali ke dokumen dan membuat perubahan sebelum mencetaknya, klik File tab.

Menyimpan document
Untuk menyimpan dokumen dalam format yang digunakan oleh Word 2010 dan Word 2007, lakukan hal berikut :
  1. Klik tab File
  2. Klik Save As
  3. Pada kotak File name, masukkan nama document
  4. Klik Save.


Untuk menyimpan dokumen sehingga kompatibel dengan Word 2003 atau sebelumnya, lakukan berikut:
  1. Klik tab File
  2. Klik Save As
  3. Pada Save as type list, klik Word 97-2003 Document. Ini akan merubah format file ke .doc
  4. Pada kotak File name, ketik nama untuk document.
  5. Klik Save


Help
Jika dibutuhkan bantuan tambahan ketika menyelesaikan dokumen, dapat menggunakan fitur bantuan.
  1. Klik pada lingkaran biru dengan perintah tanda tanya putih
  2. Kotak Help akan muncul
  3. Klik pada Search Help textbox dan ketikkan bantuan apa yang dibutuhkan
  4. Klik kaca pembesar di sebelah kotak teks dan solusi yang memungkinkan akan muncul. 

Styles
Styles atau bentuk format bertujuan untuk mempemudah dalam menjaga konsistensi penulisan mengikuti aturan tata tulis tertentu. Aturan tata tulis yang sudah ditentukan diatur dalam styles tertentu. Styles dapat dilihat pada tab Home di bagian Style group.
Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom

Microsoft Word 2010 menyediakan banyak styles set yang bisa langsung dipakai, antara lain : Black and White (default) Distintive, Elegant, Fancy, Formal, Manuscript dan lain sebagainya. Styles set dapat dilihat dengan mengklik pada tombol Chenge Styles > Styles set.
Pada tiap styles set terdiri dari beberapa styles antara lain : Normal, Title, Sub title, Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan sebagainya.
Aturan pada styles tersebut adalah default dari Microsoft Word.

Cara memakai Styles
1. Style Heading 1 (style untuk judul dokumen)
a. Letakkan kursor pada judul dokumen
b. klik style Heading 1
c. klik center untuk mengatur menjadi rata tengah

2. Style Heading 2 (submenu)
a. letakkan kursor pd sub menu
b. klik styles Heading 2 kemudian tekan enter untuk pindah baris

3. Style Normal (isi dokumen) : style normal biasanya di gunakan untuk isi dokumen,
a. letakkan kursor di pada paragraph
b. klik style normal
c. agar dokumen terlihat rapi (rata kiri kanan) klik Justify

Mengedit tata tulis pada Styles
Seringkali dalam pembuatan dokumen diminta mengikuti aturan tata tulis tertentu yang tidak sesuai dengan tata tulis dalam Styles yang disediakan oleh Microsoft Word secara default. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan modify pada Styles.
  1. Pilih styles yang ingin diubah
  2. Klik kanan pada nama styles tersebut
  3. Pilih Modify
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  4. Setelah tampil kotak modify style, isikan sesuai tata tulis yang dikehendaki, misal untuk judul bab, yaitu Times New Roman, Bold, ukuran 12, tulisan rata kiri
  5.  Klik tombol Format akan terlihat pilihan tata tulis yang bisa diatur 
Mail Merge

Bagi seorang sekretaris membuat surat merupakan pekerjaan rutin yang hampir setiap hari dikerjakannya. Untuk surat biasa mungkin tidak terlalu merepotkan, namun apabila harus membuat surat undangan yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan dan harus dikirimkan ke banyak orang ini pekerjaan yang melelahkan. Namun pekerjaan ini akan menyenangkan apabila dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi canggih yang disediakan Microsoft Office 2010 bernama Start Mail Merge. Dengan fitur Start Mail Merge tersebut pekerjaan membuat surat sebanyak apapun akan terasa menyenangkan dan cepat. Karena di sini cukup membuat satu surat, kemudian data yang akan menerima surat tersebut dibuat secara terpisah dengan memanfaatkan aplikasi database lain atau fitur yang memang sudah tersedia di Microsoft Word 2010 itu sendiri.
Contoh kasus yang dipakai untuk latihan mail merge adalah pembuatan formulir pendaftaran yang akan diisikan data peserta.
  1. Pertama kali yang harus dibuat dokumen induk /dokumen utama, dalam contoh mungkin bisa di lihat di bawah ini
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  2. Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama contoh “Formulir”. Kemudian klik tab menu Mailings.
  3. Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard.
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
    Add caption
  4. Pada kotak dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select document type. Kemudian klik Next: Starting document.
  5. Kemudian pada step selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.
  6. Pada Step yang ketiga ini, sumber data diatur (datasource) untuk mail merge. Sumber data dalam contoh kali ini adalah sebagai berikut :
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  7. Pilih Type a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next :Write your letter.
  8. Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita. Klik tombol Customize Columns, kemudian pilih Field Name yang akan diganti, klik tombol Rename.
  9. Ketikkan Nama pada Change field name. Setelah selesai klik tombol OK. Lakukan hal yang sama untuk field yang lain.
  10. Untuk menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk menghapus field yang lain. 
  11. Kemudian klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk menambah data yang baru klik tombol New Entry.
  12. Setelah semua data diinput, klik tombol OK.
  13. Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data sourcenya misal adalah 123. Kemudian klik tombol Save
  14. Kemudian klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang muncul, letakkan kursor di sebelah field nama, kemudian klik More Item, Pilih field Nama, kemudian klik Insert. Lakukan untuk memasukkan field yang lainnya.
  15.  Klik tombol Next : Write your letter.
  16.  Pada step ini anda dapat melihat masing–masing isi datanya dengan mengklik Preview your letter.
    Panduan Microsoft Office Word Part 2 | Serilkom
  17. Jika ingin melihat formulir dengan data berikutnya, silakan klik tanda >>. Dan untuk melihat data sebelumnya silakan klik tanda <<.
  18. Untuk mengakhiri pembuatan formulir, klik Next: Complete the merge
  19. Untuk mencetak formulir, klik Print 

Sekian ,, Yang dapat saya paparkan .. Bagaimana tentang panduan Microsoft Office Word Part 2 ? Sudah paham ? Bila ada yang kurang dimohon untuk bertanya bisa via komentar

Terima kasih , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Comments