Panduan terlengkap Microsoft Office 2010 | Modul 2

Masih dalam tema saya yang kemaren yaitu "Panduan Terlengkap Micorosft Office 2010 "  Kemarin kita telah belajar pada modul 1 yaitu tentang "ribbon"  , sekarang kita mempelajari modul 2 .
Panduan Microsoft Office :  Modul 2 | Serilkom
Panduan Terlengkap Microsoft Office 2010 : Modul 2

Apa materi pada modul 2 ?
Berikut materi pada modul 2 :

Materi Modul 2 :
  • Memulai Microsoft Word 2010
  • Memulai Microsoft Word 2010
  • Membuat Dokumen Baru
  • Menggunakan Template
  • Membuka dokumen
  • Menggunakan tool Cut, Copy and Paste
  • Paste Teks
  • Undo
  • Show/Hide Formatting Marks

Itu dia yang akan saya berikan, atau kita pelajari hari ini , baiklah untuk mempersingkat waktu mari kita mulai belajarnya : 

Memulai Microsoft Word 2010

Sekarang mari kita lihat langkah yang diperlukan untuk membuat dokumen.
Klik dua kali ikon Word 2010 di desktop dan Word akan terbuka. Jika tidak ikuti langkah berikut:
1. Klik pada tombol Start 

2. Sorot All Programs 

3. Sorot Microsoft Office 

4. Klik pada Microsoft Word 2010 



Membuat Dokumen Baru

1. Klik tab File kemudian klik New.
2. Dalam Available Template, klik Blank Document.
3. Klik Create.


Menggunakan Template

Microsoft Word 2010 memungkinkan Anda untuk menerapkan built-in template dari berbagai pilihan template Word populer, termasuk resume, agenda, kartu bisnis, dan faks. Untuk menemukan dan menerapkan template di Word, lakukan hal berikut:
  1. Pada Tab File, Klik New
  2. Berdasarkan Template yang tersedia , lakukan salah satu berikut ini: Untuk menggunakan salah satu dari built-in template, klik Template.

    Contoh, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create 
    Untuk menggunakan kembali template yang Anda baru saja digunakan, klik Template terakhir, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create. Untuk mencari template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik kategori template yang Anda inginkan, klik template yang Anda inginkan, dan klik Download untuk mendownload template dari Office.com ke komputer Anda.
  3. Setelah Anda memilih template, Anda dapat memodifikasi dengan cara apapun untuk membuat dokumen yang Anda inginkan.



Tips : Anda juga dapat mencari template pada Office.com dari dalam Word. Dalam Office.com untuk kotak pencarian template, ketik satu atau lebih istilah pencarian, dan kemudian klik tombol panah untuk pencarian.

Membuka dokumen
  1. Klik tab File, kemudian klik Open.
  2. Pada panel kiri dari kotak dialog Open, klik drive atau folder yang berisi dokumen.
  3. Di panel sebelah kanan dari kotak dialog Open, buka folder yang berisi dokumen yang Anda inginkan.
  4. Klik dokumen dan kemudian klik Open.


Cut, Copy and Paste
  1. Cukup sorot teks 
  2. Lalu ke tab Home di grup Clipboard 
  3. Klik Cut atau Copy. Anda juga dapat klik kanan pada mouse anda dan pilih Cut atau Copy.
    Copy berarti membiarkan teks asli tetap ada di dokumen, sedangkan
    cut berarti melakukan copy tetapi menghapus teks tersebut dari dokumen. Saat teks dilakukan Copy atau Cut, teks tersebut disalin pada Clipboard (memory komputer).
Paste Teks 
Untuk menyalin teks digunakan Paste di suatu tempat. Fitur Paste di Word 2010 jauh lebih rinci daripada di versi sebelumnya Word. Ketika melakukan paste konten, pilihan tombol Paste menyediakan pilihan yang berbeda, tergantung pada sumber konten.

Untuk Paste, klik pada area yang Anda ingin informasi Anda untuk dimasukkan.
  • Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli.
  • Keep Text Only: Pilihan ini menghapus semua format asli dari teks.
  • Link & Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli, dan mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.
  • Link & Use Destination Styles: Ini pilihan format teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan. Hal ini juga mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.
  • Merge Formatting: Pilihan ini merubah format sehingga cocok dengn teks yang mengelilinginya
  • Picture: Pilihan ini menyisipkan teks sebagai gambar.
  • Use Destination Styles: Pilihan ini memformat teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan
  • Use Destination Theme: Pilihan ini memformat teks untuk mencocokkan tema yang diterapkan pada dokumen mana teks yang disisipkan.


Undo
Quick Access Toolbar memegang berbagai perintah tepat pada ujung jari. Hal ini terletak di bagian kiri atas dokumen di atas tab File dan Home.
Quick Access Toolbar dapat ditambahkan atau dihapus dengan mengklik pada panah di sebelah kanan.
Jika membuat kesalahan dalam dokumen, klik pada perintah Undo dan akan menghapus hal terakhir yang dilakukan

Show/Hide Formatting Marks
Perintah Show / Hide memungkinkan untuk melihat setiap kali menekan space bar, tekan enter atau tab. Fitur ini bisa sangat berguna ketika membuat dokumen untuk memahami di mana semuanya ditempatkan dalam dokumen dan lihat jika ada kesalahan yang telah dibuat.

Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Show/Hide

Sekian pelajaran untuk modul 2 , Saya peringatkan kembali bila ada yang kurang paham mohon untuk bertanya , terima kasih   


Comments