Belajar SEO sendiri secara otodidak, Mungkinkah...???

Belajar SEO sendiri atau otodidak

Belajar SEO sendiri secara otodidak, mungkinkah ?

Saya baru terjun ke dunia bloger. Masih awam dengan apa yang namanya blog, tidak tau harus bagaimana mengoptimasinya. 

Optimasi adalah kata yang membuat saya penasaran, kata itu pertama kali saya kenal di twitter. Setelah beberapa kali googling akhirnya ketemu dengan kata Search Engine Optimization atau SEO yang menjelaskan kata optimasi itu sendiri. Banyak sekali ternyata orang yang memperbincangkannya.

SEO itu sendiri menurut saya adalah salah satu cara untuk meningkatkan kwalitas blog kita supaya dapat masuk ke jajaran pertama search engine istilahnya PageOne dan mendapatkan trafic atau visitor yang banyak.

Teknik SEO ini banyak digunakan oleh para Internet Marketer, sedang jarang sekali digunakan oleh bloger-bloger biasa yang tujuannya hanya mensharing tulisannya tanpa menghiraukan posisi SERP di Search Engine.

Ada dua cara yang saya pahami dalam teknik SEO ini, yaitu OnPage dan OffPage. Walaupun hanya dua saja tapi penjelasannya sangat luas sekali.

Belajar SEO sendiri secara otodidak 
Tempat saya belajar SEO sendiri secara otodidak yaitu dari :

Otodidak yang saya maksudkan adalah belajar mandiri tanpa bertemu tatap muka secara langsung dengan gurunya. Media belajar bisa melalui buku, radio, tv, dan yang paling memungkinkan adalah melalui internet.

Belajar otodidak tidak mudah, perlu banyak kesabaran dan kerja keras. Seperti halnya kita akan wisata ke sebuah objek wisata yang tidak kita kenal tanpa didampingi seorang guide. Kita akan bingung harus bagaimana, meraba-raba mencari jalan. Berbeda jika kita didampingi guide, kita tidak bingung harus ngapain, mulai dari mana, dan yang penting kita bisa bertanya langsung. 

Dalam belajar SEO pun saya rasa sama. 

Karena belum punya guru langsung, saya coba serching ternyata biaya untuk berguru sangat mahal-mahal, ada yang mencapai jutaan. Walau belum mempunyai guru saya coba saja belajar sendiri melalui media internet.


1. Google
Saya ketikkan di search engine Googel kata-kata SEO atau belajar SEO atau juga dasar-dasar SEO. Hasilnya banyak yang memberi informasi. Namun kelemahannya karena terlalu banyak jadi merasa bingung dan jika bertanya jarang atau bahkan tidak langsung dijawab.

2. Forum SEO di Internet
Ada banyak forum tersedia di internet, tidak terkecuali forum untuk belajar SEO. Silahkan googling sendiri untuk mencarinya dan jangan lupa register. Salah satunya adalah forum id-ads.

3.  Grup Facebook
Facbook jangan hanya digunakan tempat curhat atau galau-galauan, tapi gunakanlah sebagai media belajar. Banyak sekali grup yang memberi manfaat positif. Salahsatunya grup yang membahas tentang SEO yaitu grup salam pejwan.

4. Youtube
Cari video-video yang membahas tentang SEO, jangan cari video-video SE* .. :) Banyak bertebaran video yang menerangkan cara-cara belajar SEO di youtube ini. Ada yang menggunakan bahasa indonesia dan lebih banyak menggunakan bahasa asing.

Saya rasa banyak sekali sumber atau media lain untuk belajar SEO selain yang saya paparkan di atas. Silahkan cari dan kembangkan. Mudah-mudahan bisa mengeksplor cara-cara yang lainnya.

Semoga motivasi saya untuk belajar SEO tidak mudah luntur, karena yang namanya belajar SEO ini harus penuh ketekunan dan keseriusan. Awal-awal kita akan merasa overload atau kebanyakan informasi namun sejalan waktu kita akan menemukan pola kita sendiri.

Mudah-mudahan belajar SEO sendiri secara otodidak yang saya jalani bisa bermanfaat. Belajar mandiri inilah yang menjadi inti dari blog ini. Walaupun kedepannya mungkin saya akan berguru secara langsung kepada para master SEO atau Pakar SEO, untuk meningkatkan kemampuan SEO saya.

Comments