Dampak Positif dan Dampak Negatif Internet

Dampak Positif Internet Vs Dampak Negatif Internet.

Dampak internet memunculkan dua persepsi yang berbeda. Munculnya Internet menjadi salah satu peristiwa besar yang paling menarik di paruh kedua abad ke-20. Mimpi kuno “para ilmuwan untuk menjelajahi dunia ini tanpa keluar rumah akhirnya menjadi kenyatan”. Sejak tahun 1993, Internet mulai lepas landas. Saat ini, Internet telah menyebar ke lebih dari 180 negara, menghubungkan lebih dari dari 600.000 berbagai jenis jaringan domestik, mengaitkan lebih dari 20 juta komputer tersedia untuk 80 juta pengguna (1.5 % dari seluruh populasi global). Dalam Internet terdapat  harta-karun informasi yang yang bisa dimanfaatkan. Tapi terlepas dari dampak positif internet dan dampak negatif internet tidak bisa diabaikan begitu saja. Internet sebagai produk revolusi teknologi di bidang komunikasi dan informasi memberikan pengaruh dan dampak positif internet yang luar biasa di segala lini kehidupan ini, namun kemudahan informasi dan komunikasi yang didapatkan, tidak jarang menjadi penyelewengan tujuan baik dari teknologi dan memberi dampak negatif internet bagi pengguna yang umumnya adalah generasi muda bangsa.

Pada artikel ini saya sedikit berbagi mengenai dampak internet baik dari segi dampak positif internet yang ditimbulkan, juga saya akan memberi informasi mengenai dampak internet dari sisi negatif dan solusi dari dampak internet ini, mari kita simak bersama-sama.

Alasan mengapa Dampak Internet memiliki pengaruh yang besar?  Internet  memiliki dua karakteristik tidak dimiliki oleh mekanisme teknologi lain
  1. pertama, Internet berisi sumber daya informasi terbesar di seluruh dunia;
  2. kedua, memungkinkan orang untuk mendapatkan mekanisme interaktif untuk langsung berkomunikasi satu sama lain.
Sebagaimana posting saya sebelumnya mengenai manfaat internet, dan keuntungan penggunaan internet terdahulu menjelaskan bagaiman peran penting internet dalam kehidupan sehari-hari dan  dampak internet pada kehidupan. Dibawah ini saya kembali mengulas dampak internet dari sisi positif. Untuk memudahkan pemahaman kita kepada dua sisi dampak internet dan bagaimana Solusinya terhadap dampak internet yang tidak diinginkan.

Uraian Dampak Positif  & Dampak Negatif Internet

Setelah terhubung dengan Internet, setiap orang dapat menikmati dampak positif internet dengan kekayaan sumber daya informasi global tak tertandingi termasuk informasi tekstual, audio dan grafis. Informasi di Internet begitu kaya bahkan tidak ada seorang pun dapat memberitahukan informasi seperti pada internet memberikan informasi kepada penggunanya sehingga memberi dampak positif Internet yang luar biasa bagi pencari informasi. Selain itu, sumber-sumber informasi dari internet secara terus menerus diperbaharui. Jenis-jenis informasi di Internet sangat luas, mulai dari penelitian ilmiah, pendidikan, kebijakan publik, peraturan hukum, informasi perdagangan, seni, hiburan dll. Dengan internet informasi bisa di cari melalui mesin pencarian, dan mesin pencari mengindeks dan mengurutkan informasi yang dibutuhkan secara cepat,

Dampak positif Internet tidak hanya memiliki informasi seluas samudra, tetapi juga memiliki mekanisme yang interaktif dalam hal-hal positif  karena manfaat internet bisa digunakan untuk komunikasi, bertukar informasi dan sebagai alat hiburan yang murah dan terjangkau. Selama keinginan orang mengembangkan  informasi tertentu, untuk memenuhi keinginan  orang-orang yang membutuhkannya. Informasi itu tidak pernah terputus dan terbaharui secara terus menerus.

dan informasi tersebut secara bertahap akan memuaskan keinginan para pencari informasi. Dampak positif Internet sangat berpengaruh terhadap perekonomian rakyat secara revolusioner. Kegunaan internet di setiap lini kehidupan  memberikan dampak Internet pada kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Bahkan peta perpolitikan tanah air ikut bergeser karena kehadiran internet. internet dapat dijadikan media kampanye bagi partai politik,  atau media iklan bagi perusahaan-perusahaan.
Bukan hanya itu dampak internet juga sangat berpengaruh pada sistem pendidikan di tanah air, dimana manfaat internet digunakan sebagai media pendidiakan dan komunikasi pendidikan dsb.

Dalam empat tahun terakhir, negara kita telah merebut kesempatan langka untuk mengembangkan jaringan komputer. Pada paruh tahun 1998, negara kita telah  terhubung dengan Internet, dengan pengguna yang semakin terus bertambah jumlahnya. Untuk percepatan  aplikasi teknologi informasi lembaga-lembaga pemerintah dan swasta tidak pernah ketinggalan untuk membangun jaringan komunikasi dan informasi data  melalui internet, meskipun awalnya tujuan internet hanya dirancang uuntuk kepentingan pertahanan Amerika serikat dan tujuan penelitian di universiatas-universitas di AS. Namun kerena globalisasi dan  desentralisasi mulai terbuka sehingga memberikan peluang bagi semua negara-negara untuk merasakan manfaat internet. Sementara itu dampak internet  dengan memberikan kemudahan yang sangat besar dan merangsang pengembangan perekonomian global. baca lebih lanjut dampak positif internet [ more ]

Dampak Negatif Internet Terhadap Kehidupan Sosial Dan Politik 

  1. Internet secara eksplisit menjalar dan secara implisit menyebarkan nilai-nilai demokrasi liberal ala barat.
  2. Dampak negatif Internet dapat mendegradasi dan menolak negara, partai politik, dan pemerintah yang memiliki ideologi yang berbeda dari orang-orang dari Barat.
  3. Internet dapat digunakan sebagai alat untuk menyerang kedaulatan nasional dan mengganggu urusan internal negara lain.
Dampak Negatif Internet Terhadap Moral dan Budaya
  1. Dampak Negatif internet terhadap tatanan nilai budaya yang luhur telah luntur karena internet menjadi pendukung gaya hidup barat. Website menampilkan berbagai aspek dari masyarakat barat dan kehidupan mayoritas dari mereka
  2. Internet membantu dominasi budaya dan menghomogenkan budaya dalam posisi inferior.
  3. Dampak negatif internet dapat merusak pikiran orang  dan mempengaruhi perspektif moral  dan perubahan nilai-nilai etis masyarakat.
Dampak Negatif Internet terhadap Ancaman Keamanan
  1. Keamanan Jaringan komputer menjadi rentang terhadap invasi. Cyber Crime Adalah Jenis Tindak Kejahatan Di Internet mulai bermunculan dan beraksi
  2. Dampak negatif Internet  memudahkan  kehilangan dan kebocoran rahasia. Karena kebebasan karyawan untuk mengirim dan menerima surat elektronik,  kebocoran rahasia menjadi sangat mudah pada saat ini,
  3. Internet dapat menimbulkan potensi ancaman perang informasi. Beberapa negara telah menerapkan Internet ke dalam operasi militer, telah melakukan semacam tiruan serangan terhadap negara-negara lain, jaringan telah direkayasa dengan  informasi yang menipu dan berbahaya bagi militer negara-negara lain
  4. Dampak negatif Internet dapat memberi keleluasaan pelaku kejahatan dunia maya. Internet global telah memberikan wawasan yang lebih luas dan sarana teknis yang lebih banyak untuk melakukan kejahatan komputer.
Solusi Dampak Negatif Internet
Suatu kenyataan Dampak negatif internet telah memasuki segala aspek kehidupan, mulai dari Aspek sosial, politik, budaya, moral dan bahkan memberikan ancaman terhadap pertahanan keamanan negara, Beberapa solusi yang cukup efektif untuk menahan arus dampak negatif dari internet adalah:
  • memperkuat program pendidikan Nasionalisme, etika keagamaan dan ideologi untuk menjaga keteguhan mental kita pada kebenaran norma-norma yang dianut di negara kita merupakan solusi terbaik sebagai tindakan prefentif terhadapa ancaman dampak negatif internet pada aspek sosial dan politik.
  • Memperkuat konstruksi moral, menahan penetrasi dan pengaruh pikiran korup dan budaya barat, dan menjaga kemurnian moralitas pikiran kita. adalah langkah defensif memerangi dampak negatif internet
  • Untuk mengantisipasi Dampak negatif internet, sebaiknya lembaga kebijakan membuat undang-undang, melengkapi sistem hukum; memperkuat penegakan hukum, dan memberi sanksi yang berat terhadap kejahatan internet. Saat ini, negara kita memiliki hukum-hukum berikut yang berkaitan dengan komputer dan internet: peraturan mengenai konten, Aturan pengelolaan keamanan internet. dan memberlakukan pidana bagi pelanggar-pelanggarnya.
Sebagai suatu kesimpulan, kehadiran Internet sebagai revolusi teknologi komunikasi dan informasi. Dampak positif internet memberi manfaat yang sangat besar pada semua sisi kehidupan, tetapi terlepas dari itu yang perlu diwaspadai pula adalah dampak negatif internet. mencari solusi terbaik adalah hal penting  untuk mengantisipasi dampak negatif internet.

Comments