Perangkat Jaringan Komputer

Berbicara perangkat jaringan komputer, sudah terbayang dibenak kita sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Jika pemahaman kita bahwa perangkat jaringan komputer hanyalah  sebuah alat saja bisa berhubungan ke jaringan komputer yang lain, tentu pendapat itu tidak sepenuhnya benar

Pengertian Perangkat jaringan Komputer

Pengertian Perangkat jaringan komputer atau dalam bahasa asing disebut Network Device adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat elektronik lainnya secara bersama-sama sehingga mereka dapat berbagi file atau sumber daya seperti printer atau mesin faks. Sebuah contoh Perangkat yang paling umum dari perangkat jaringan digunakan pada  jaringan Local Area Network (LAN). Sebuah LAN membutuhkan hub, router, kabel atau teknologi radio, kartu jaringan (NIC), dan jika menginginkan akses online maka dibutuhkan pula, modem kecepatan tinggi.

Dari Pengertian perangkat jaringan Komputer diatas dapatlah kita simpulkan bahwa  istilah perangkat jaringan terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan protokol jaringan komputer dan ISP. Masing-masing perangkat tidak berfungsi sepenuhnya tanpa ada salah satu jenis perangkat pada jaringan komputer . Perangkat-perangkat ini saling mendukung satu sama lainnya agar jaringan dapat berjalan secara optimal.

Sebagai contoh, taruhlah  sebut modem sebagai alat perangkat keras jaringan komputer untuk mengakses  internet. Jika hanya dengan modem saja tentu belum bisa mengakses jaringan internet. Masih dibutuhkan perangkat lunak jaringan dan protokol jaringan yang bisa memfungsikan perangkat  jaringan komputer tersebut, atau perangkat pada jaringan komputer yang berupa program aplikasi pengakses jaringan lainnya. Bukan cuma itu saja dibutuhkan mediator berupa wired maupun wireless sebagai media perangkat jaringan untuk menghubungkan komputer ke modem dan dari modem  ke komputer lainnya. Selain itu juga tentunya mediator penyedia layanan jasa  (ISP-Internet Service Provider)  jika komputer itu dihubungkan ke jaringan komputer berbasis internet. Jika berbica perangkat jaringan komputer untuk akses lokal, selain di butuhkan perangkat dari jaringan komputer berupa kartu LAN atau sering diistilah Network interface Card (NIC), dibutuhkan juga pengkabelan sebagai mediator penghubung dan tentunya perangkat lunak jaringan yang berupa program pengakses jaringan lokal misalnya program network neighboor hood, net meeting, network connection sharing dan sebagainya

Macam-Macam Perangkat jaringan Komputer

Terdapat Limat kategori Perangkat jaringan Komputer:
  1. perangkat jaringan berupa hardware, contoh: Kartu jaringan (NIC), ethernet, Hub, Router, Bridge, Switch, modem, dll.
  2. perangkat lunak jaringan  berupa software jaringan  contoh: Sistem Operasi Jaringan, Sistem Administrasi jaringan, Sistem Keamanan jaringan.
  3. protokol jaringan, Contoh: TCP / IP, FTP, UDP, dll.
  4. perangkat jaringan berupa mediator / media transmisi. wired maupun wireless contoh: Kabel UTP, Fiber Optik.
  5. jika untuk mengakses internet maka ISP juga masuk dalam perangkat jaringan komputer.

Driver Perangkat Jaringan Komputer

Dalam istilah komputer, peristilahan “driver” adalah pengandar perangkat (driver perangkat keras) adalah sekelompok file (perangkat lunak) pendukung agar perangkat keras memungkinkan berkomunikasi dengan sistem operasi komputer. Tanpa driver, perangkat keras jaringan komputer tidak akan bisa bekerja dengan komputer, itulah sebabnya mengapa setiap perangkat keras dan yang terhubung ke komputer memilikihal yang berhubungan dengan driver.

Network Device atau driver perangkat jaringan adalah pengandar perangkat yang memungkinkan perangkat jaringan untuk berkomunikasi antara komputer dan sistem operasi serta dengan perangkat komputer jaringan lain.

Comments