Tips SEO untuk Blog Baru

SEO untuk blog


SEO untuk blog baru sangat penting sekali, namun masih jarang orang menyadarinyanya. SEO singkatan dari search engine optimization atau bahasa kitanya adalah mengoptimasi atau mengoptimalkan mesin pencari. 

SEO merupakan sebuah teknik supaya blog baru kita masuk ke dalam halaman pertama search engine (SE). Blog baru kita utamakan masuk ke halaman pertama SE dari Google. Baik google.com, google.co.id atau pun jika memungkinkan masuk google negara lain. Kita manfaatkan teknik SEO untuk blog barukita buat.

Dengan SEO dapat membuat blog kita terkenal. Jika kita sudah masuk di halaman pertama SE khususnya Google maka kemungkinan akan banyak orang yang mengunjungi blog kita. Buktinya jika kita search di google dengan kata tertentu maka biasanya kita akan pertama mengkilik web yang ada di halaman pertama dan baris pertama. 


2 Teknik SEO untuk Blog baru


Ada dua teknik  dalam SEO untuk blog. Yaitu teknik secara On Page dan teknik secara Off Page. Teknik yang pertama yaitu mengoptimalkan di dalam halaman blog kita sendiri, sedang teknik yang kedua yaitu mengoptimalkan di luar halaman blog kita untuk mendongkrak blog kita di mesin pencari.

SEO untuk blog baru dengan teknik On Page

Untuk teknik SEO pada halaman blog kita atau On Page diantaranya :

1. Keyword

Keyword atau kata kunci adalah pemilihan kata yang tepat bagi isi blog kita. Maksudnya kita harus mencari kata yang sekiranya orang banyak mencarinya melalui search engine atau kebanyakan orang di google. Untuk mencarinya ada beberapa cara, caranya akan saya coba jelaskan di postingan lain.

Keyword yang kita target itu kita tempatkan di :

  • Alamat URL atau alamat blog kita. Misal kita menarget kata "belajar" maka kita membuat alamat blognya www.belajarngeblog.com 
  • Judul Blog. Kita tempatkan keyword di judul atau title blog. Misal kita menarget kata "belajar" maka judul blog kita bisa Panduan Belajar Blog Bagi Pemula.
  • Judul Artikel. Kita tempatkan juga keyword ini dalam judul artikel yang akan kita buat. Misal tetap kita menarget kata "belajar", maka judul postingan kita adalah Belajar membuat blog di blogspot.
  • Dalam Arikel. Selain dalam judul artikel kita, keyword ini kita sebar dalam isi artikelnya. Namun jangan terlalu banyak penempatannya, proporsional saja yang penting ada di paragraf pertama dan terakhir.
  • Di ALT image. Jika blog kita menggunakan gambar maka tempatkan keyword dalam judul/title dan ALT image.
  • Meta tag. Dalam meta tag blog kita pun kita masukkan keywordnya.
  • Permalink

2. Nama Domain

Domain adalah alamat blog kita. Misalnya www.blogkita.com, inilah alamt blog kita. Usahakan nama domain kita sesuai dngan keyword yang kita target. Jika susah mendpatkannya bisa ditambagkan kata lain atau di beri strip/slash (-). Umpamanya kita menarget keyword belajar bahasa sunda, jika www.belajarbahasasunda.com tidak tersedia maka kita cari lagi dengan  www.belajar-bahasasunda.com.

3. Tag Heading ( H )

Tag Heading adalah sebuah kode HTML yang berfungsi untuk mengatur ukuran tulisan dalam blog kita.
Keyword yang di target dalam artikel dioptimalkan dengan menggunakan Tag heading yang tepat. Sedang untuk menggunakan Tag heading ini yaitu pada :

Tag Heading 1 / H1
1.  Judul Blog
2.  Judul Artikel

Tag Heading 2 / H2
1. Deskripsi Blog
2. Judul Artikel

Tag Heading 3 / H3
1. Judul Widget di Sidebar

·     Tag Heading 4 / H4
1. Judul Widget di Sidebar
2. Jumlah Komentar

·     Tag Heading 5 / H5
1. Nama Komentator

·     Tag Heading 6 / H6
1. Judul Menu Footer


4. Meta Deskcription

Meta description merupakan bagian penting sebuah  blog. Meta description ini berisi informasi tentang blog dan artikel-artikel yang ditulis. 

Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google.

5. Gambar

Kita masukkan gambar untuk mengoptimalkan blog. 
  • Gunakanlah gambar yang sesuai dengan isi artikel, dalam pencarian gambar jangan melanggar copy right orang lain.
  • Gunakan judul gambar atau nama file gambarnya sesuai tema artikel. (title text image)
  • Tempatkan kata kunci kita di atribut gambar atau ALT text image.
6. Menyoroti kata

Maksudnya, kita sorot atau di perjelas keyword yang di target pada artikel atau postingan. 
  • Bold atau di pertebal pada kata kuncinya. 
  • Italic atau di buat miring kata kunci yang di target.
  • Underline atau di beri garis bawah pada kata knci yang di target.
7. Kecepatan loading blog

Blog kita usahakan cepat untuk dibukanya. Yaitu dengan cara :
  • Pilihlah template blog yang ringan, sederhana tapi elegan.
  • Jangan terlalu banyak gambar, kecuali blog kita khusus untuk gambar.
  • Jangan terlalu banyak animasi bergerak.
8. Link

Link adalah sebuah tautan yang mengarah dari blog lain ke blog kita atau sebaliknya.
  • Dalam blog kita jangan terlalu banyak link ke blog ataw web  lain.
  • Di dalam artikel  cukup dua link ke blog lain. Atau jangan sama sekali.
  • Gunakan link antar artikel, maksudnya kita tautkan artikel yang satu dengan yang lain dalam satu blog yang mempunyai bahasan sama. 
9. Footer

Footer adalah bagian paling bawah blog kita. Optimalkan juga footer ini dengan tanpa ada link ke luar blog kita, kecuali template blog kita template gratis buatan orang lain. Biasanya si yang buat template meminta jangan menghilangkan link di bagian footernya yang mengarah pada blognya. Hal ini juga sebagai rasa terima kasih kita kepada yang buat template. 

Jika ingin footer kita bebas dari link keluar, maka belilah template premium. Untuk saat ini bnyak template blog dengan harga murah.

10. Permalink

Permalink singkatan dari permanent link yaitu link permanen atau tautan permanenDinamakan permalink karena link (URL) tersebut terbentuk secara permanen dalam web, dan secara automatis akan menyesuaikan dengan judul postingan setelah dipublikasikan.

Dengan kata lain, Permalink adalah URL yang menghubungkan ke posting/halaman. Contohnya pada URL blog saya yang diberi warna merah :
https://ctcoke.blogspot.com/2015/02/tips-mendapatkan-kepercayaan-pelanggan.html

Keyword juga kita tempatkan di permalink ini. Untuk blogspot berbeda dengan wordpress cara setingan permalink nya.

11. Artikel yang unik

Buatlah artikel yang unik dengan tidak mengkopi dari blog lain. Selain menyalahi aturan, ternyata google tidak senang dengan artikel yang copy paste.

Buatlah artikel yang menarik dan optimasi dengan cara diatas.

SEO untuk blog baru dengan teknik Off Page


Jika pada On Page blog kita sudah di optimasi, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimasi blog dengan cara Off Page.

SEO Off Page ini menjadi penentu keberhasilan blog kita untuk masuk Page One/halaman pertama pada search engine jika OnPage blog sama-sama kuat. Hanya dengan cara ini blog kita bisa unggul dari pada blog lain.

Prinsip dasar SEO Off Page adalah blog kita mendapatkan banyak link atau istilah SEO nya Backlink dari blog atau web lain.

Ada banyak cara bagaimana kita mendapatkan backlink. Untuk pembahasannya tidak bisa dalam postingan ini, karena banyak dan panjang pembahasannya. Insya Alloh akan saya bahas di postingan-postingan saya yang lain.

Diantara cara untuk mendapatkan backlink adalah :

  • Blogwalking atau mengunjungi blog lain. Kita tanam link blog kita pada blog lain pada kolom komentar yang tersedia form untuk memasukan alamat URL blog kita. Namun cara ini harus selektif mencari blognya. 
  • Dummy Blog. Caranya kita membuat blog lain dan kita pasang link ke blog utama kita. Gunakan teknik SEO untuk blog baru ini pada blog dummy yang dibuat.
  • Sosial Media. Kita share artikel kita di media sosial seperti Facebook dan Twitter dan jangan lupa tanam linknya disitu.
  • Forum Internet. Ada banyak sekali forum di internet yang membahas sesuatu tema. Kita bisa daftar di forum tersebut, lalu kita setting profile kita dan tanam link kita di sana. Kalau bisa kita pun aktif dalam forum tersebut.
  • Articel Directory. Adalah web yang memuat artikel-artikel dari penulis luar. Kita buat artikel lalu tanam link didalamnya, dan submit ke artikel directory tersebut.
  • Sosial bookmark. Hampir sama dengan article directory. Kita buat artikel dan submit di situ. Contohnya yaitu sosbook www.digg.com
Dan masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapat backlink dari blog atau web lain.

Demikian postingan saya kali ini tenteng SEO untuk Blog baru, buka juga artikel saya yang lain pada blog ini, semoga banyak memberi manfaat. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung lagi dilain waktu :) buat kita tukar pikir...

Comments