Topologi jaringan Komputer & Macam-Macam (Type) Topology

Memikirkan Topologi jaringan komputer berarti anda membayangkan  bentuk atau struktur  jaringan virtual, bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik dan perangkat  jaringan komputer sebenarnya. Sebagai contoh, ketika anda membuat jaringan komputer LAN dalam lingkaran ruang keluarga, tapi hal ini menjadi sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi ring di sana. Topology jaringan komputer mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung, dalam artikel ini diperkenalkan standar topologi  jaringan.

Pengertian Topologi jaringan Komputer & Macam-Macam (Type) Topology  Pada Jaringan Komputer

Pengertian jaringan dalam hal topologinya adalah susunan geometrik dari node dan link kabel dalam LAN, Topologi jaringan komputer mengacu pada bentuk jaringan, atau tata letak jaringan. Sebuah Topologi menggambarkan Bagaimana node berbeda dalam jaringan komputer  terhubung satu sama lain dan bagaimana mereka berkomunikasi ditentukan oleh topologi atau desain bentuk dan tata letak perangkat jaringan komputer. Susunan geometrik jaringan baik fisik maupun logis. pada bagian ini sakan dijelaskan dari berbagai jenis type topology yang lazim dalam perencanaan instalasi jaringan komputer LAN .

Jaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing memiliki satu atau lebih perangkat interface seperti Network Interface Card (NIC) dan/atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat lunak jaringan yang menyediakan fungsionalitas server atau klien. Perangkat keras yang digunakan untuk mengirim data melalui jaringan disebut media. Ini mungkin termasuk kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. Pengkabelan standar yang digunakan untuk tujuan ini adalah 10Base-T Kategori 5 kabel ethernet. Ini adalah kabel tembaga lilit yang muncul di permukaan untuk terlihat mirip dengan TV coaxial cable. Dihentikan pada akhir setiap oleh konektor yang terlihat seperti konektor telepon. Panjang maksimum segmen adalah 100 meter.

Di bawah ini adalah diagram topologi jaringan komputer paling umum ada Enam
Kategori Jaringan berdasarkan arsitektur jaringan komputer yaitu
  1. Jaringan Berbasis server
  2. Jaringan Peer-to-peer
Dalam jaringan berbasis server, ada set komputer  yang menjadi penyedia layanan utama seperti layanan file atau layanan e-mail. Komputer menyediakan layanan ini disebut server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan yang disebut komputer klien.

Di jaringan peer-to-peer, berbagai komputer pada jaringan dapat bertindak sebagai klien dan server. Sebagai contoh, banyak Microsoft Windows berbasis komputer akan memungkinkan sharing file dan print. Komputer ini dapat bertindak sebagai klien dan server olehnya itu disebut  sebagai peers. Banyak jaringan adalah kombinasi jaringan berbasis peer-to-peer dan server. Sistem operasi jaringan menggunakan protokol data jaringan untuk berkomunikasi di jaringan komputer lain. Sistem operasi jaringan mendukung aplikasi pada komputer. Network Operating System (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

  1. Topologi Type Bus
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Type Mesh
  5. Topologi Type Hybrid
  6. Topologi  Type Tree
Bus Topology

Pada Topologi jaringan Bus kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan terminator. Laras konektor dapat digunakan untuk menyambung/menambah panjang. topologi Bus  merupakan topologi jaring komputer paling tua dalam teknologi jaringan Ethernet dan terdiri dari cable coaxial yang menghubungkan  komputer yang ada dalam jaringan dimana tiap komputer terhubung dengan sambungan konektor BNC jenis T.

Star Topology

Semua perangkat berputar di sekitar hub pusat, yang adalah apa kontrol komunikasi jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan hub lain. Rentang batas adalah sekitar 100 meter dari hub. Di dunia jaringan komputer, topology Jaringan Komputer yang paling umum digunakan dalam LAN adalah topologi  type star. Topologi star dapat dibuat di rumah, kantor, sekolah dll. Semua komputer dalam topologi star terhubung ke perangkat sentral seperti hub, switch atau router. Komputer di jaringan yang biasanya dihubungkan dengan hub, switch atau router dengan 1.527 Twisted Pair (UTP) atau shielded Twisted Pair kabel. Topologi jaringan model Star ini sama halnya anda menarik satu kabel dari setiap komputer menuju pada pusat kosentrasi seperti Switch. Switch menangani Switching traffic keluar ke node lainnya dalam satu jaringan. Baca selengkapnya Topologi Star

Ring Topology 

Topologi jaringan  Ring, perangkat terhubung dari satu ke yang lain, seperti dalam sebuah cincin. data token digunakan untuk memberikan izin untuk setiap komputer untuk berkomunikasi. Node berkomunikasi dengan formasi Ring, dengan setiap node berkomunikasi langsung hanya dengan upstream dan downstream tetangganya saja. komputer atau perangkat memiliki dua tetangga yang berdekatan untuk komunikasi. Di ring network, semua pesan komunikasi perjalanan dalam direktori yang sama Apakah searah jarum jam atau lawan arah jarum jam.

Mesh Topology

Topologi jaringan Mesh merupakan suatu hubungan satu sama lain diantara beberapa node. Umumnya, suatu topologi mesh dimaksudkan untuk keperluan redundancy. Setiap jaringan kampus harus menerapkan suatu topologi mesh untuk mencapai tingkat redundancy dan fault tolerance yang merupakan tuntutan bisnis dari jaringan data mereka.Ada dua jenis mesh yaitu full mesh dan partial mesh topologi. Full mesh – setiap node saling berhubungan satu sama lain dengan dedikasi line tersendiri sementara partial seperti namanya hanya sebagian saja mempunyai jalur menurut kebutuhan. Mesh topologi bekerja pada konsep rute. Pada Topologi Mesh, pesan yang dikirim ke tujuan melalui ruter terpendek, yang termudah untuk mencapai tujuannya. Topologi jaringan  yang dibahas sebelumnya topologi star dan bus, pesan biasanya dikirim  ke setiap komputer, terutama dalam topologi bus. Demikian pula pada Topologi Ring pesan dapat melakukan perjalanan dengan hanya satu arah yaitu searah jarum jam atau anticlockwise. Internet menggunakan Topologi Mesh, pesan menemukan rute untuk tujuan. Router bekerja di menemukan rute untuk mengirim  pesan mengantarkan ke tempat tujuan .

Hybrid Topology

Topologi hybrid adalah Topology jaringan yang kompleks, dibangun di atas dari dua atau lebih topologi jaringan. Jaringan hibrid bisa saja gabungan topologi jarinagan star-bus, star-ring network, dan jaringan mesh dengan hubungan antara berbagai komputer pada jaringan. Jaringan mesh idealnya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain.

Tree Type Topology

Topologi jaringan Type Tree terdiri dari topology multi star di bus. Topologi tree mengintegrasikan topologi multi star bersama-sama ke bus. Hanya hub perangkat dapat terhubung langsung dengan bus tree dan masing-masing fungsi Hub sebagai perangkat jaringan akar tree. Topology jaringan Tree ini disebut juga sebagai topologi bertingkat. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi.

Topologi jaringan Type Tree ini paling ideal  digunakan pada sistem jaringan komputer. Pada jaringan Tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengontrol simpul dibawah tingktannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-4 kekomputer node-8 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-4, 6 dan node-7 sebelum berakhir pada node 8. Kombinasi bus/star/hybrid ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.

Gambaran mengenai Macam-Macam (Type) Topologi Jaringan diatas tentunya akan bisa memberikan pemahaman Pengertian Topologi Jaringan komputer dari berbagai susunan geometrik dan tata letak node pada jaringan komputer.

Comments