Cara Geeks Merawat komputer

Artikel Cara merawat Komputer / laptop dengan Benar dan Detail | Catatan Teknisi Komputer ini merupakan update dari artikel saya yang terdahulu (Cara merawat komputer dengan detail | Serilkom ) , melihat banyaknya kesalahan baik dari tulisan , penempatan teks, dll . maka saya mengupdate artikel tersebut menjadi Cara merawat komputer / laptop dengan Benar dan Detail | Catatan Teknisi Komputer . Artikel ini diperoleh setelah saya membaca beberapa buku Panduan Menjadi Teknisi Komputer dari sang Maestro .

Cara merawat Komputer / laptop dengan Benar dan Detail | Catatan Teknisi Komputer
Ilustrai komputer


Perkembangan Teknologi Informasi telah merubah cara hidup dan kegiatan manusia. Dengan teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan performa kinerja. Namun demikian, fungsi teknologi informasi sangat ditentukan oleh perangkat yang digunakan yaitu komputer / laptop. Komputer / laptop yang terawat akan memberikan peluang yang lebih besar terhadap kelancaran atau kesuksesan suatu pekerjaan .

Untuk itu, mengetahui cara merawat komputer / laptop benar mutlak harus diketahui oleh pengguna komputer .

Saat ini komputer / laptop sudah merupakan barang yang wajib dikenal oleh semua masyarakat khususnya yang masih sekolah maupun bekerja karena dengan komputer dapat mempermudah pekerjaan yang berkaitan dengan informasi dengan cepat. Namun demikian, anda tidak saja cukup mengenal apa itu komputer / laptop dan apa gunanya tetapi juga harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar sehingga komputer tetap dapat digunakan.


Ketika komputer anda mengalami masalah atau kerusakan . apa yang anda bisa lakukan ? mungkin kebanyakan mengandalkan Tukang Service Komputer tanpa mengetahui asal mula kerusakan / masalah komputer tersebut. Lalu , sampai kapan mengandalkan Tukang Service ?


Cara Merawat komputer / laptop dengan Benar dan Detail
Ilustrasi : Komputer rusak

Pepatah mengatakakan “Menjaga lebih baik daripada memperbaiki “ , dalam pepatah tersebut sangat jelas bahwa merawat adalah hal sangat penting untuk kita ketahui . Karena dalam topik saya kali ini adalah cara merawat komputer, maka dengan mengetahui Cara merawat komputer dengan benar anda dapat lebih berhati-hati dalam memakai komputer .

Selain itu Dengan mengetahui cara merawat komputer / laptop dengan benar dapat membantu memperpanjang usia pakai komputer dan menghindari kerusakan atau kesalahan (error) dalam pemakaian sehari-hari dan mengurangi biaya perbaikan.

Pertanyaan yang sering mucul di benak kita adalah,
  • Apa penyebab kerusakan pada komputer / laptop ?
  • Bagaimanakah cara merawat komputer / laptop dengan benar ?

Sebelum langsung ke Cara Merawat Komputer dengan benar dan detail , alangkah  lebih baik untuk anda mengatahui penyebab kerusakan komputer / laptop .

Jenis kerusakan apa saja yang bisa anda tangani tanpa resiko menyebabkan kerusakan yang lebih fatal pada komputer pribadi anda ? Bagaimana cara mengetahui penyebab kerusakan komputer / laptop anda ?

Bila anda sudah mengetahui macam-macam penyebab kerusakan komputer , anda dapat langsung scrool mouse anda ke bawah atau menarik artikel ini ke bawah, ke bagian inti artikel Cara Merawat Komputer dengan Benar dan Detail | Catatan Teknisi Komputer , namun bila anda belum begitu mengetahui penyebab kerusakan komputer dan upaya pencegahannya , anda harus mengetahuinya terlebih dahulu penyebab umum kerusakan pada komputer .




Penyebab Umum Kerusakan Komputer

Perawatan komputer tidak lepas dari lingkungan yang digunakan atau tempat meletakkan komputer (yaitu ruang, mebeler, pengguna, dan komponen-komponen lainnya).

Dalam perawatan perlu menghindari kondisi yang dapat menyebabkan kesalahan dan kerusakan yang tidak dikehendaki. Penyebab kerusakan komputer dapat dikarenakan oleh dua faktor yakni Faktor Eksternal dan Faktor Internal . Faktor eksternal berarti faktor yang yang menyebabkan rusaknya komponen komputer sedangkan faktor internal adalah faktor kerusakan komputer yang disebabkan ketika kita memakai komputer, misalnya dari penggunaan komputer yang tidak tepat .


Faktor Eksternal Kerusakan pada Komputer :

1. Kerusakan Komputer akibat : Debu

Cara Merawat komputer
Debu menempel pada komponen komputer

Debu merupakan musuh komputer yang paling berat. Komputer PC memungkinkan debu masuk kedalam casing CPU, monitor, keyboard, mouse, dan printer. Debu atau kotoran lain seperti asap, bahan kimia, serat karpet, sisa-sisa makanan dan minuman, serta partikel halus lainnya merupakan benda yang harus dihindarkan dan selalu dibersihkan dari ruang komputer. Debu yang terletak di luar komputer tidak terlalu serius akibatnya, namun debu yang terletak di dalam komputer atau di dalam periferal komputer dapat menyebabkan kerusakan misalnya menyebabkan hubung singkat antar komponen dalam motherboard komputer dan rangkaian dalam perangkat periferal lainnya.

2. Kerusakan Komputer akibat : Medan Elektromagnet
Medan elektromagnet disebabkan oleh kabel listrik, transformator, magnet speaker, dan sebagainya. Medan elektromagnet akan mengacaukan fungsi komputer, merusak data dalam media penyimpan magnetis (misanya harddisk), dan merusak tampilan pada layar monitor.

3. Kerusakan Komputer akibat : Elektrostatis
Muatan elektrostatis dapat timbul akibat gesekan dua buah benda, termasuk pada saat anda berjalan di atas karpet, vinil, dan lantai beton. Muatan elektrostatis dapat menghasilkantegangan elektrostatis, jika tegangan ini sangat besar akan merusak komponen semikonduktor yang ada dalam komputer dan periferal. Karpet menghasilkan muatan elektrostatis paling tinggi (sampai 39.000 volt), sedangkan semen menghasilkan muatan elektrostatis yang paling rendah. Gesekan kertas juga dapat menghasilkan tegangan elektrostatis.

4. Kerusakan Komputer akibat : Gangguan Daya Listrik
Gangguan daya listrik yang paling sering terjadi adalah fluktuasi tegangan listrik, seringnya terjadi pemadaman listrik dengan mendadak oleh PLN, serta noise (derau). Fluktuasi tegangan listrik disebabkan oleh peralatan yang cukup besar (di atas 100 Watt) atau peralatan listrik yang berdaya kecil namun memiliki arus awal yang cukup besar,atau komputer dan monitor itu sendiri. Fluktuasi tegangan tejadi saat peralatan dihidupkan. 

Gangguan berupa derau dapat dihasilkan dari lampu TL yang sedang menyala, transformator, lampu dimmer yang kurang baik kualitasnya, serta peralatan listrik yang mengguakan induksi elektromagnetik lainnya. Fluktuasi yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan atau terganggunya fungsi kerja semikonduktor dalam komputer misalnya mengakibatkan komputer atau periferal menjadi macet (hang), atau dapat mengakibatkan media penyimpan rusak (crash).

5. Kerusakan Komputer akibat : Panas
Cara Merawat komputer
Ilustrasi laptop terbakar
Setiap peralatan elektronik akan menghasilkan panas. Komponen elektronik di dalam komputer akan menghasilkan terutama pada bagian motherboart (CPU) dan monitor. Jika panas ini tidak diredam (didinginkan) maka akan menyebabkan kerusakan. Panas yang berlebihan pada prosesor dan memori akan menyebabkan fungsi sistem menjadi terganggu dan mengurangi usia komponen.

Untuk faktor eksternal , upaya pencegahannya bisa dengan menggunakan cooling pad , meletakkan benda-benda yang mengandung muatan agak jauh dari komputer, dan membersihkan komponen komputer seperti CPU, keyboard, monitor, dan mouse dari debu atau kotoran lainnya yang menempel . Cara untuk membersihkan komponen komputer tersebut anda tidak bisa menggunakan alat yang sembarangan , anda harus menggunakan alat yang sesuai prosedur dan petunjuk untuk membersihkannya .


Alat yang biasanya dipakai untuk merawat komputer dengan membersihkan Komponen komputer adalah :

1. Kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang tertinggal dalam periferal. Keyboard merupakan periferal yang sering terkena debu dan kotoran yang terselip diantara tombol tombol keyboard. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi pada monitor serta dapat juga digunakan untuk membersihkan bola mouse yang sudah mulai lambat untuk mouse lama.

2. Penyedot debu mini



Cara Merawat komputer
Alat penyedot debu mini


Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam, dimaksudkan untuk disesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada periferal. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan keyboard, fentilasi udara pada monitor dan pada fan atau kipas, bahkan sangat baik digunakan untuk membersihkan rangkaian mainboard.

3. Cairan dan Kain Pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Tisu atau kain kering Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan pada periferal. Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada

Cartridge printer injek, karena sifatnya yang mudah menyerap cairan. Sedangkan cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer. Digunakan pada layar monitor, casing, body monitor,dan body printer.

4. Electronic Toolkit dan Network Toolkit

Cara Merawat komputer
Toolkit

Toolkit adalah peralatan lengkap seperti obeng, tang, gunting, lem, AVO meter, dan lainlain. Electronic Toolkit diperlukan untuj perawatan dan perbaikan perangkat elektrionik termasuk komputer, monitor, printer, mouse, dan periferal lainnya. Sedangkan Network Toolkit diperlukan dalam perawatan dan perbaikan jaringan komputer.



    Faktor Internal Kerusakan pada Komputer

    1. Kerusakan Komputer akibat : Virus

    Cara Merawat komputer
    Ilustrasi virus menyebabkan laptop rusak

    Virus adalah masalah umum dan sangat sering menyerang pengguna komputer , Macam-macam virus pun sangat banyak misalnya virus Shorcut, Ramnit, Trojan, Sality, dll . Untuk dapat dari virus-virus tersebut tidak bisa diremehkan karena virus dapat membuat Komputer Hang, Semua data hilang, hingga kerusakan yang lebih parah lainnya .

    Upaya untuk mencegahnya adalah anda harus memasang antivirus di komputer anda , dan saya sarankan memakai 2 antivirus , antivirus pertama pilihan anda dan dipasangkan dengan antivirus lokal Smadav karena antivirus smadav ini adalah antivirus pasangan dan antivirus USB terbaik .

    Selain itu smadav juga tidak akan mengganggu kinerja antivirus pertama . lain halnya bila anda memakai antivirus misalnya Avast dan Avira , karena kedua antivirus tersebut adalah antivirus utama , maka kinerja dari antivirus tersebut bisa bentrok / tabrakan dan mengakibatkan crash .

    2. Kerusakan Komputer akibat : Software / Aplikasi terlalu banyak
    Bila anda hendak memasang software/aplikasi , anda harus bijaksana dalam memilih software yang akan diinstall. Install-lah software yang benar-benar-benar anda butuhkan dan ketika software tersebut tidak digunakan , lebih baik di hapus atau uninstall .

    3. Kerusakan Komputer akibat : Menjalankan program yang terlalu banyak sehingga RAM tidak kuat
    Bila komputer anda mempunyai spesifikasi yang minim dan RAM nya masih sedikit, anda dilarang menjalankan program yang terlalu banyak karena ditakutkan RAM tidak kuat dan akibatnya adalah komputer Hang . Jalankan bebrapa program yang memang dibutuhkan

    Setelah anda mengetahui penyebab umum kerusakan komputer yang disebabkan oleh faktor eksternal dan internal, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah cara merawatnya . Ini point pada artikel Serilkom Cara Merawat Komputer secara Benar dan Detail | Catatan Teknisi Komputer , untuk cara merawat komputer dengan benar dan detail juga dengan dua cara dari faktor eksternal dan internal . langsung saja



    Cara Merawat Komputer secara Benar dan Detail


    Faktor Eksternal : Cara merawat komputer dengan dengan benar dan detail:

    1. Cara Merawat Komputer dengan #Memeriksa Voltase Listrik
    Perhatikan tegangan volta. Gunakan Regulator tegangan, Jika anda memiliki uang lebih, pakailah UPS atau penstabil/pengatur teganan PLN (biasanya dikenal dengan stavolt). Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati dengan tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

    2. Cara Merawat Komputer dengan #Menutup PC dengan cover khusus



    Cara Merawat komputer
    Pelindung keyboard dari debu


    Hindari Debu dengan menutupi PC dengan cover khusus, sebab debu dapat mengakibatkan kerusakan. Dan jangan melakukan kegiatan lain didepan PC.

    3. Cara Merawat Komputer dengan #Ventilasi yang cukup untuk meletakkan komputer
    Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor/CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen komputer tersebut. Oleh karena itu, usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan AC.

    4. Cara Merawat Komputer dengan #Membersihkan Komponen Komputer dari Debu
    Bersihkan motherboard dan periferal lain (hardware) dari debu secara berkala.Untuk membersihkannya dapat juga anda gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya dua bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casing CPU terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem,Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus.

    Pada saat computer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer. Namun jangan lupa melepas cover pada saat komputer digunakan agar sirkulasi udara berjalan dengan lancer sehingga komputer dan perlengkapannya tidak panas.

    5. Cara Merawat Komputer dengan #Meletakkan Speaker agak jauh dari komputer

    Cara Merawat komputer
    Meletakkan speaker jauh dari laptop

    Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor , karena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

    6. Cara Merawat Komputer dengan #Pasang kabel ground
    Apabila casing CPU nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

      Faktor Internal : Cara merawat komputer dengan dengan benar dan detail:

      1. Cara Merawat Komputer dengan # Shutdown sesuai prosedur
      Matikan komputer dengan benar, jika tidak, akan mengakibatkan masalah yang sangat serius salah satunya crash pada hardisk atau bisa saja Bad Sector . Bila anda belum mengetahui prosedur menyalakan dan menghidupkan komputer / dan laptop, disarakan membaca artikel (Prosedur Menyalakan dan Mematikan Komputer yang benar )

      2. Cara Merawat Komputer dengan # Uninstall atau buang program yang tidak berguna
      Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses baca/tulis (read/write) harddisk sehingga beban kerja komputer akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

      Biasanya akan muncul warning jika ruang (space) hardisk sudah mulai penuh. System operasi windows sudah mendukung terhadap penggunaan ruang harddisk yang sudah mulai penuh.

      3. Cara Merawat Komputer dengan #Membersihkan Recycle Bin dengan rutin


      Cara Merawat komputer
      Reycycle bin penuh

      Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, meskipun ada beberapa jenis pengaturan yang bisa anda gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Pengaturan untuk jenis “hapus lalu disimpan ditempat penampungan” ini bertujuan agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lambat. (Baca juga Cara mengosongkan Recycle Bin )

      4. Cara Merawat Komputer dengan #Menutup/close program yang tidak berguna
      karena setiap program yang dijalankan atau di-load akan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yang terpakai. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.

      5. Cara Merawat Komputer dengan #Mengaktifkan Screensaver
      Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT seperti halnya televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat yang cukup lama maka ada fosfor yang menyala terus menerus. 

      Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor adalah jenis LCD atau LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.

      Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk Mengaktifkan Screen Saver di komputer anda, dapat membaca artikel (Cara Mengaktifkan Screen Saver pada Windows 7 )

      6. Cara Merawat Komputer dengan #Memasang Antivirus
      Cara Merawat komputer
      Ilustrasi antivirus pelindung laptop 


      Install program antivirus dan update dengan berkala . Jenis virus/trojan2 dapat dikenali menggunakan antivirus yang selalu di-update dengan berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat menyebabkan instalasi ulang perangkat lunak pada komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk komputer akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

      7. Cara Merawat Komputer dengan #Update Virus
      Lakukan update database antivirus setiap bulan, setiap minggu, atau lebih baik setiap hari bila anda selalu terkoneksi dengan insternet. Update Operation System (OS) WindowsUpdate setiap minggu Windows Update agar PC anda terbebas dari security hole (Celah keamanan).

      8. Cara Merawat Komputer dengan #Defrag harddisk secara berkala
      Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write. Dengan demikian, beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk

      9. Cara Merawat Komputer dengan #Selalu Bersihkan system registry
      Ini juga penting, agar kinerja komputer anda semakin baik dan menambah usia komputer anda.

      10. Cara Merawat Komputer dengan #Optimalisasi PC Windows
      Lambatnya kondisi sistem Windows disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terinstall sehingga kinerja PC semakin berkurang.



      Untuk yang terakhir tips cara merawat komputer dengan benar dan detail adalah

      1. Tips Merawat Komputer dengan #Back up data (Membuat data cadangan) .
      Ini tips yang sangat penting , Penyalinan data dengan berkala, Backup system dan aplikasi (system restore), dan, karena jika suatu saat hardisk komputer anda rusak , anda tidak terlalu memikirkan data yang anda dalam hardisk tersebut . Untuk membackup anda bisa menggunakan tools khusus (Norton ghost, drive images).

      2. Tips merawat komputer dengan #Mengenali Spesifikasi dan System Komputer anda
      Kenali sistem komputer anda, sebab informasi tersebut diperlukan disaat service, ini mungkin sepele tetapi sangat fatal bila anda tidak memerhatikannya . Bila kerusakan sudah sangat parah , hal terakhir sebelum beli komputer baru adalah dengan menyervis nya. Bila kita menyervise sangat dianjurkan untuk service komputer kepada teknisi yang cukup handal dan populer , atau anda service langsung ke center merek laptop anda (Bila masih bergaransi ) .

      Ketika service anda harus membawa buku panduan laptop anda yang terpaket saat pembelian awal komputer / laptop . Tujuannya adalah agar Teknisi mengetahui spesifikasi laptop anda , dan ketika memasang Sistem Operasi (OS) atau Software , teknisi dapat menentukan Sistem Operasi atau Software tersebut yang cocok untuk komputer anda

      Terima Kasih

      Pesan dari Saya “Rawatlah komputer anda, karena bisa jadi kesuksesan masa depan anda berawal dari sebuah alat canggih yang bernama komputer”

      Sekian yang dapat cara paparkan tentang artikel "Cara merawat komputer dengan benar dan detail | Catatan Teknisi Komputer " . Semoga bermanfaat dan menambah ilmu wawasan anda seputar komputer .

      Comments