Cara Menonaktifkan Mode Sleep pada Windows 8

Pentingnya menonaktifkan mode sleep adalah ketika anda sedang menginstall atau mendownload file yang berukuran besar .

Studi Kasus : Misalnya ketika anda mendownload file misalnya .ISO sistem operasi windows 8 yang berukuruan 2,7 GB . Tentu memerlukan waktu yang cukup lama agar proses download selesai terlebih jika jaringan modem/seluler anda buruk , pasti bertambah lama, dan mau tidak mau anda harus tetap berada di depan komputer karena disaat komputer anda otomatis sleep , proses download akan berhenti. Disaat yang bersamaan anda ingin melakukan suatu kegiatan misalnya anda ingin mandi , tentu anda tidak bisa mandi karena anda sedang download file dan tidak bisa ditinggal karena ketika komputer otomatis sleep file yang anda download akan berhenti . Untuk menyelesaikan masalah tersebut sebenarnya sangat mudah . Bagaimana caranya ?

Cara Menonaktifkan Mode Sleep pada Windows 8
Windows 8 
Untuk menyelesaikan masalah diatas anda hanya perlu menonaktifkan mode sleep agar komputer anda tidak otomatis sleep ketika ditinggal atau tidak digunakan . Dengan menonaktifkan mode sleep komputer anda akan terus standby / hidup walaupun tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama selama battery anda masih tersisa.

Cara menonaktifkan mode sleep pada windows 7 maupun windows 8 sebenarnya hampir sama , akan tetapi saya menggunakan Windows 8 untuk memberikan tutorialnya

Cara menonaktifkan mode sleep pada Windows 8

1. Masuk ke Control Panel dengan cara arahkan kursor ke pojok kanan lalu klik setting dan pilih Control Panel

Control Panel

2. Ketika muncul kotak Control Panel , Klik System and Security
Pada pilihan Power Options


Power Option
3. Kemudian pilih Change when the computer sleeps
4. Lalu muncul kotak Change setting for the plan : Balanced
  • Turn off the display : Waktu mati komputer anda ketika tidak digunakan tetapi keadaan masih standby / hidup artinya segala kegiatan komputer masih berjalan
  • Put the computer to sleep : Waktu mati komputer ketika tidak digunakan , dan segala kegiatan komputer akan dihentikan sementara sampai komputer kembali hidup 
5. Untuk mengatur menu pada Turn Off the display, anda tinggal memilih dengan cara meng klik maka akan muncul pilihan option otomatis . Pada kolom On Battery berarti dalam keadaan komputer tanpa di charge memakai battery dan tanpa aliran listrik, sedangkan pada Plugged in berarti ketika komputer dalam keadaan di charge. Bila ingin menonaktifkan pilih never pada pilihan option tadi .






6. Mengatur Menu Turn Off the display

7. Kemudian pada menu Put the computer to sleep , inilah inti artikel serilkom pada kali ini . Bila ingin menonaktifkan mode sleep pada Windows 8 anda harus memilih never pada kedua kolom baik pada kolom on battery maupun Plugged in .






8. Mengatur Menu Put the computer to sleep

Setelah anda mengatur mode sleep , yang terakhir Klik save changes untuk menyimpan perubahan


Selamat anda berhasil menonaktifkan mode sleep pada Windows 8 . Sekarang komputer anda akan terus standby dan tidak akan otomatis sleep ketika tidak digunakan .

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda . Terima kasih

Comments