Cara Menggunakkan MP3 Tag Editor


Menambahkan Tag Editor MP3 / Perbaiki Informasi koleksi file lagu mp3 - Merapikan koleksi lagu-lagu mp3 favorit kita dengan menggunakan software aplikasi mp3tag, menyisipkan gambar cover sendiri, mengkategorikan koleksi album sesuai lagunya, dapat memudahkan pencarian dan menjalankan lagu sesuai dengan album koleksi yang ingin didengarkan.
mp3-tag-editor-metafiles-mp3

coba share satu aplikasi yang bisa digunakan sobat guna memperbaiki list daftar koleksi lagu-lagu favorit, saat di copy pada perangkat lain seperti handphone atau pada mp3 player biasanya ada pilihan mode player, putar berdasarkan track, berdasarkan penyanyi atau berdsarkan genre lagu, atau berdsarkan koleksi album, jadi dengan begitu saat kita hendak mendengarkan lagu-lagu dengan genre dangdut, kita tinggal pilih sesuai dengan genre lagu yang ingin didengar saat itu.jadi saat dijalankan lagu yang didengar tidak lagi campur-campur.

Sebelum saya membahas lebih lanjut bagaimana cara membuatnya, sedikit share berdasarkan pengalaman penulis saat menggunakan aplikasi mp3tag editor dan apa kelebihan jika kita merapikan koleksi lagu-lagu mp3 yang kita miliki, agar sobat sita dan agan sekalian bisa lebih paham maksud dan tujuan dari artikel ini.

sekilas kutipan dari situs resminya : Mp3tag is a powerful and yet easy-to-use tool to edit metadata of common audio formats where it supports ID3v1, ID3v2.3, ID3v2.4, iTunes MP4, WMA, Vorbis Comments and APE Tags. It can rename files based on the tag information, replace characters or words in tags and filenames, import/export tag information, create playlists and more.

Dengan menambahkan informasi atau melengkapi informasi metadata di setiap file lagu mp3 koleksi yang kita miliki akan memudahkan kita dalam menentukan lagu mana yang akan kita dengar, mungkin sobat punya koleksi lagu mp3 sampe ratusan bahkan ribuan lagu, ada saatnya kita hendak mendengarkan lagu dengan nuasa slow, atau hiphop, jadi kita tinggal putar berdsarkan genre yang dipilih saja, file lagu yang sudah diedit bukan cuma di komputer saja yanng bisa kita putar (play) sesuai dengan keinginan kita, penulis mencoba melalui handphone samsung gt-e2652w dan berjalan dengan normal tidak ada kendala, jadi bisa dipastikan buat sobat yang menggunakan perangkat player handphone / smartphone akan berjalan dengan baik pula, tidak mengurangi kualitas lagu, akan tetapi akan menambah ukuran lagu saja.

Berikut ini contoh flie lagu koleksi mp3 saya yang belum di lengkapi informasi metadatanya :

tambah foto cover file lagu mp3
List File Koleksi Lagu Mp3
Perhatikan Gambar diatas, (klik untuk memperbesar gambar):

  1. Nomor 1 merupakan Nama file / filename
  2. Nomor 2 Title dari lagu / Judul Lagu
  3. Nomor 3 Artis / Penyanyi
  4. Nomor 4 Track Number
  5. Nomor 5 Size / Ukuran Lagu
  6. Nomor 6 Comment / Komentar
  7. Nomor 7 Album Title (title untuk menggambarkan koleksi album, misal pop indonesia, tembang lawas, pop barat, love song, instrument dan lain-lain).
  8. Nomor 8 Genre Lagu
johanandyagasiblogspotcom Dari gambar diatas terlihat jelas koleksi lagu saya, informasinya belum lengkap, nah untuk melengkapinya agar bisa diplay melalui perangkat player mp3 apa saja dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan kita, informasi metadatanya harus dilengkapi, dan untuk melengkapinya kita membutuhkan tambahan aplikasi mp3tag edito, yang berminat silahkan download aplikasinya.

Setelah di download kemudian install aplikasi mp3tag editor sampai seleesai, kalau sudah selesai tahap selanjutnya mengubah atau menambah informasi metadata di setiap file koleksi mp3 kita dengan cara klik kanan di file yang hendak diedit kemudian pilih mp3tag atau lihat gambar dibawah ini.


merubah metadata info file lagu mp3

johanandyagasiblogspotcom Jika hendak merubah semua informasi pada setiap file lagu koleksi bisa dengan cara select all (ctrl + a) dari keyboard, kemudian klik kanan dan pilih mp3tag, dan tunggu beberapa detik sampai windows mp3tag editor tampil, seperti gambar berikut ini.


mt3tag editor modif metadata info

johanandyagasiblogspotcom Caranya cukup mudah, sahabat tinggal klik satu persatu nama file yang hendak diedit kemudian, tambahkan informasinya yang ada pada kolom sebelah kiri, dan sobat juga bisa menambahkan foto anda sendiri dibagian kolom bawah dengan cara klik kanan kemudian pilih add cover, jika semua selesai klik simpan, dan sobat telah berhasil merapaikan file-file lagu koleksi sahabat.

Jika sudah ditapikan maka hasilnya akan seperti gambar berikut :


memperbaiki info album dan kover gambar file mp3

Beberapa player mp3 membaca metadata file mp3, seperti genre lagu dan otomatis menyesuaikan grapich equalizer sesuai dengan genre yang terdapat pada lagunya.

Comments