Ketahui Penyebab Komputer Sering Restart

Penyebab Komputer Sering Restart - johanandyagasiblogspotcom memperbaiki komputer atau mengatasi masalah komputer yang sering restart sendiri tanpa mengetahui apa penyebab-nya tentu akan sulit untuk mengatasi masalah restart,  yang sering terjadi pada komputer secara tiba-tiba.beberap hal yang menyebabkan sering-nya komputer restart sendiri :
komputer-restart-sendiri

johanandyagasiblogspotcom Penyebab ada masalah pada perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), restart disebabkan ada masalah atau gangguan pada perangkat keras komputer itu sendiri,


Inilah Penyebab Komputer Restart Sendiri



A. Komputer tiba-tiba restart disebabkan dari software (perangkat lunak)
Komputer tiba-tiba restart sendiri, karena disebabkan ada masalah pada perangkat lunak (software), antara lain :

  • Terjadi Crash pada sistem operasi yang di gunakan.
    Ketidak sempurnaan saat install sistem operasi bisa juga menyebabkan komputer blue screen, atau saat melakukan tune-up dengan cara menghapus file-file yang diaggap tidak perlu, dan tanpa diketahui file yang dihapus tersebut ternyata di butuhkan oleh sistem.Menggunakan komputer tidak sesuai dengan prosedure yang tepat, instalasi aplikasi yang tidak sempurna memicu terjadinya crash pada sistem.

    Solusi : Optimasi pada perangkat lunak itu baik, guna mendapatkan performa komputer yang maksimal, haruslah benar-benar mengerti, apa yang harus di buang dan mana yang tidak, penggunaan tools optimasi yang banyak di internet bisa jadi salah satu tools refrensi.
  • Masalah Driver yang digunakan
    Agar perangkat keras yang terdapat pada komputer atau yang sudah terinstall di komputer harus dilengkapi dengan perangkat lunak tambahan yang dapat mengidentifikasikan perangkat yang sudah terpasang, sehingga perangkat dapat berkomunikasi dengan sistem operasi yang digunakan, perangkat lunak ini dikenal dengan istilah driver, instalasi driver yang tidak sesuai tidak lengkap dapat memicu terjadinya crash.

    Solusi : Gunakanlah driver asli, jika anda tidak mempunyai driver yang asli silahkan download dari situs resminya, jika memungkinkan untuk melakukan update silahkan di update.
  • Masalah yang disebabkan dari virus
    virus merupakan masalah besar, buat semua pengguna komputer, umumnya virus melakukan perusakan terhadap perangkat lunak seperti, sistem operasi, program aplikasi, program paket, utility dan banyak program lainnya, yang dirusak oleh virus tersebut.

    Solusi untuk mengatasi atau mencegah komputer restart sendiri akibat adanya virus pada komputer, sebaiknya menambahkan perangkat lunak (software) antivirus, install antivirus pada sebuah komputer sebaiknya tidak terlalu banyak, akan tetapi harus sering di update. semakin banyak antivirus yang diinstall pada komputer bukan saja untuk mengatasi masalah, malahan bisa menimbulkan masalah baru, kerja komputer semakin bertambah dan komputer menjadi lambat, karna banyaknya antivirus yang diinstall pada komputer.

B.Komputer tiba-tiba restart disebabkan dari hardware (perangkat keras)
Restart sendiri karna ada masalah atau gangguan pada perangkat keras yang digunakan, antara lain

Penyebab Komputer Restart Karna Suhu Processor Naik
Komputer sering restart, karna suhu pada prosesor naik terjadi peningkatan suhu yang berlebih, melebihi batas maksimum temperatur processor yang digunakan. Setiap processor yang digunakan Processor Intel atau Processor AMD, mempunyai batasan suhu, dan batas suhu maksimum tidak selalu sama. Umumnya pada komputer sudah dilengkapi indikator suhu, yang bisa di cek langsung melalui BIOS komputer tersebut, dan ada banyak tools yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah suhu processor naik (processor panas).


Penyab Komputer Restart karna Power Supply mengalami masalah
Power supply komputer merupakan komponen yang memungkinkan sering-nya komputer mati sendiri atau restart sendiri, catu daya yang di butuhkan oleh komponen komputer tidak sesuai, tidak stabil atau terjadi penurunan tegangan dan kuat arus yang dibutuhkan.

Penyebab Komputer sering restart sendiri karna Kerusakan pada RAM
Ada masalah pada memory RAM bisa juga menyebabkan komputer restart sendiri, pemasangan ram yang tidak sesuai bisa memicu rusak-nya ram, baca: Random Access Memory, untuk memberikan sedikit tambahan informasi seputar jenis-jenis ram beserta kecepatan-nya,

Penyebab Komputer restart disebabkan Harddisk terdapat Bad Sector
johanandyagasiblogspotcom Harddisk merupakan perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan, di harddisk inilah semua data, file dan sistem operasi disimpan, mungkin anda pernah melihat pemberitahuan secara tiba-tiba dengan tampilan layar biru "bluescreen of deadth", hal tersebut dikarenakan adanya cacat pada bagian plater harddisk, dimana head tidak bisa membaca atau menemukan file yang diminta untuk diload secara baik.

Penyebab Komputer Sering Restart disebabkan VGA Card yang di gunakan bermasalah.
Biasanya kerusakan dari vga card juga diawali dari terjadinya peningkatan suhu, panas yang berlebih pada vga card yang terpasang pada slot agp, dan slot pci hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kerja vga card sehingga transfer data tidak lagi sinkron, tidak sesuai dengan request yang diminta dan yang dikirim oleh vga card.

Kesimpulan
johanandyagasiblogspotcom Agar komputer yang digunakan dapat berfungsi dengan baik, perlu dilakukan perawatan atau maintenance komputer, secara berkala pada perangkat keras juga pada perangkat lunak yang diinstalkan di komputer tersebut agar dapat bekerja secara maksimal, tanpa ada faktor-faktor lain yang menyebabkan komputer tidak dapat bekerja dengan baik,  setiap komponen elektronika memiliki batas maksimum temperatur / suhu, begitu juga dengan perangkat-perangkat yang terdapat didalam komputer oleh sebab itu pengaturan agar suhu tidak berlebih sebaiknya memperhatikan sirkulasi udara, sebisa mungkin membuang udara panas keluar dan memberikan udara baru, jangan biarkan hawa panas dari satu komponen mempengaruhi komponen lain.

Comments