Sudah tahu Sejarah HTML belum ?

Kali ini saya akan posting artikel Sejarah HTML . Bila anda belajar HTML tentu kurang sempurna bila mengusai HTML tetapi tidak mengetahui asal usul terciptanya HTML . Artikel ini saya peroleh ketika saya membaca sebuah buku “Panduan Mudah Menjadi Programmer Web” dan didalamnya terdapat sejarah HTML . Dan ilmu yang saya peroleh akan saya bagikan untuk anda pembaca :)

sejarah perkembangan html
HTML 5


Sejarah Perkembangan HTML


Gambar 1.1 Ilustrasi Sejarah HTML
Pada tahun 1980 IBM menciptakan konsep untuk menempatkan elemen-elemen yang menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat, dan isi dokumen . Elemen-elemen itu menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis .

Bahasa pemrograman untuk melakukan tugas tersebut disebut markup language atau lebih lengkapnya IBM menamai program tersebut Generalized Markup Language (GML) . Konsep ini pada tahun 1986 disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar bagi pembuatan dokumen-dokumen dengan keluarnya ISO 8879 . ISO menamai GML ini menjadi SGML (Standard Generalized Markup Language ).


Revolusi SGML Ke HTML

HTML menggunakan teknologi markup language dulunya merupakan salah satu bagian dari SGML ini .Tim Berners-Lee , peneliti yang ketika masih bekerja untuk CERN mengemukakan suatu ide tentang pembuatan suatu code bahasa pemrograman dan dokumen bisa diakses oleh seluruh computer tanpa melihat jenis platformnya apakah Windows, Linux, Unix, dan sebagainya . Semenjak itu HTML lebih popular dari SGML .
Gambar 1.2 : Tim Berners-Lee (Penemu HTML)


Perkembangan HTML

Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standard , ia harus disetujui oleh W3C untuk di evaluasi secara ketat . Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML maka browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut . Sebab juka tidak , browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut .

Sejauh ini Perkembangan HTML sampai HTML Versi 5 yang dirilis pada tahun 2014 . (Baca disini untuk mengetahui Versi – Versi HTML sebelumnya )

Terima kasih anda telah membaca Artikel serilkom yang berjudul Sudah tahu Sejarah HTML belum ? , semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda .

Terima kasih.

    Comments