Versi HTML ada berapa hingga saat ini ? Selain HTML5

Setelah anda mengetahui Sejarah terciptanya HTML di artikel sebelumnya . Kali ini saya akan posting versi-versi HTML dari yang pertama tercipta hingga saat ini yang sama-sama kita ketahui HTML5 .

versi html
Thumbnail HTML 5


Versi – Versi HTML


Versi HTML ada berapa hingga saat ini ? Selain HTML5
Gambar 1.1 : Ilustrasi Versi HTML 


HTML versi 1.0

Kemampuan yang dimiliki HTML versi 1.o ini antara lain dapat menampilkan heading , paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan menempatkan teks di sekelilingnya (wrapping) .

HTML versi 2.0

Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuan untuk menampilkan sautu form pada dokumen. Dengan adanya form ini maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik . HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif .

HTML versi 3.0

HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti tabel, versi ini disebut HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML 3.2

HTML versi 4.0

HTML versi 4 ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya . Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps form, dan lain-lain.

Kemudian lahir HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 april 1998 . HTML 4.01 menjadi standar pada tahun 1999 . HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih diterbitkan 18 Desember 1997 . HTML 4.01 ini masih menjadi standar resmi sampai sekarang dan umumnya browser memiliki dukungan penuh terhadap HTML 4.01

HTML versi 5

HTML 5 Versi terbaru HTML

HTML 5 generasi berikutnya dari HTML . Beberapa fitur baru yang paling menarik HTML 5 sebagai berikut .

  • Unsur kanvas untuk menggambar 
  • Video dan elemen audio untuk pemutaran 
  • Dukungan lebih baik untuk penyimpanan offline local 
  • Elemen baru , seperti artikel , footer , header, nav 
  • Kontrol bentuk baru, seperti kalender, tanggal , waktu , url, dan search 

Sekian dari artikel “Versi HTML ada berapa hingga saat ini ?” , semoga menambah ilmu pengetahuan anda . Terima kasih .

Comments