Konsep Model-View-Controller (MVC) Codeigniter

Konsep MVC adalah konsep pemisahan antara logic dengan tampilan dan database. Manfaat  konsep  ini  adalah,  membuat  coding  logic  lebih  simple,  karena  sudah  di  pisah  dengancode untuk tampilan dan membuat programmer dapat bekerja secara terpisah dengan designer. Programmer mengerjakan logic, sedangkan designer berkutat dengan design dan tampilan.

Model → Merupakan code struktur data. Model berisi fungsi di dalam pengolahan database. Script Sql masuk di sini.

 View  →  Merupakan  code  untuk  menampilkan  tampilan  suta  program.  Tampilan  dapat  berupa  web page, header, footer dan apa saja yang berjenis tampilan.

Controller → Merupakan code untuk logic, algoritma dan sebagai penghubung antara model, view, dan sumber lain yang di perlukan untuk mengolah HTTP request dan generate web page.

CI  menerapkan  pola  MVC  yang  flexible,  karena  model  dapat  tidak  di  gunakan.  Anda  dapat hanya  menggunakan  Controller  dan  View  saja  dalam  menggunakan  CI  tanpa  Model.  Jika anda  tidak  memerlukan  pemisahan  di  dalam  struktur  data  dan  database  atau  menganggap penggunaan  model  hanya  menambah  kompleks  aplikasi  dengan  keuntungan  yang  kurang sebanding, maka anda dapat tidak menggunakan model.

Comments