Memilih Beberapa Makna dari Beberapa Warna

https://ctcoke.blogspot.co.id/Warna merupakan pertimbangan emosional, karena variasi warna dapat menyebabkan emosi yang berbeda pada tiap orang. Kita semua tahu bahwa hijau adalah simbol uang (mata duitan), tapi apakah kita tahu ? bahwa hijau merupakan simbol ketamakan, iri hati, dan kecemburuan . ??? Pilihan warna akan mendapat efek langsung dari pengunjung tentang persepsi perusahaan atau produk kita tawarkan. Ini menjadi rumit dengan adanya fakta bahwa penggunaan warna pada web sekarang tak terbatas, perkembangan teknologi membolehkan kita membuat jutaan kombinasi warna.

Jadi bagaimana dengan pilihan kita ? Artikel ini akan membantu mempermudah memahami dasar-dasar dari pemilihan warna. Mari beristirahat sejenak dan melihat ruang makan, kulkas,atau lemari kaca dapur yang berisi produk yang kita beli dari toko sembako. Warna apa yang kebanyakan kita lihat ? Kebanyakan, dari yang terlihat adalah merah, dan banyak yang lain diantaranya. Hanya sekilas terlihat di lemari kaca, sekarang apakah kita tahu apa yang terlihat di dalamnya itu,produk yang penuh dengan warna merah.

Chef Boyardee, Kellogg’s, Lipton,Carnation, Ragu, Aunt Jemima, Betty Crocker, Orville Redenbacher’s, Heinz, Pam , semua merek ini menggunakan label merah. Mengapa ???

Merah Adalah suatu warna ”panas”, dan sangat emosional juga. Didalam studi, merah benar-benar mempunyai suatu fisik mempengaruhi orang-orang, meninggikan jantung dan menyebabkan tekanan darah untuk naik, menarik perhatian kita, tindakan keributan. dan suatu warna yang sangat kuat untuk produk pembungkus.

Semua warna yang pas/cocok dimasukkan ke dalam tiga kategori; sejuk, hangat dan netral. Sedangkan kita bisa memilih semua warna yang kita suka dari kategori yang sama,itu mungkin sering mencapai efek yang lebih sangat kuat dengan memperkenalkan warna dari satu di antara kelompok yang lain. Mari kita liat pandangan/persepsi sekarang bagaimana warna-warna bekerja bersama dan masing-masing warna berarti bagi yang melihatnya.

Warna-warna sejuk Biru, Hijau, Ungu, Pirus dan Perak adalah warna-warna sejuk. Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya. Meskipun digunakan sendiri, warna-warna ini bisa mempunyai rasa dingin atau impersonal, oleh sebab itu memilih warna-warna sejuk, mungkin bijaksana untuk menambahkan warna dari kelompok lain untuk menghindari ini.
Berikut beberapa makna dari beberapa warna sejuk
Biru Positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, intelligence. untuk Negatifnya kedinginan, ketakutan, kejantanan.

Hijau Positif: uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, healing. Untuk Negatifnya iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan 

Ungu adalah kombinasi biru dan merah, oleh sebab itu ditemukan baik kategori-kategori hangat maupun sejuk Positif: raja, kaum ningrat, spirituality, kemewahan, ambition. Untuk Negatifnya misteri, kemasgulan.

Pirus Positif: rohani, sembuh, perlindungan, sophisticated. Untuk Negatifnya cemburu, kewanitaan.

Perak Positif: glamor, tinggi, anggun, sleek. Untuk Negatifnya pengkhayal, tidak tulus.

Warna Hangat Merah, merah muda, kuning, orange, warna ungu, dan emas adalah warna hangat. Warna hangat cenderung mempunyai suatu efek kegairahan bagi yang melihatnya. Bagaimanapun ketika warna ini digunakan sendiri dapat menstimulasi, membangitkan emosi kekerasan/kehebatan dan kemarahan.

Ketika memilih nada hangat, menambahkan warna dari kelompok yang lain akan membantu ke arah menyeimbangkan ini.
Berikut beberapa makna dari beberapa warna hangat
Merah positif: cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas. Untuk negatifnya kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran 

Merah muda positif: sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu. Untuk negatifnya kelemahan, kewanitaan, ketidakdewasaan.

Kuning positif: terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia. Untuk negatifnya penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil.

Orange positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses. Untuk negatifnya ketidaktauan, melempem, keunggulan.

Ungu - Warna ungu ditemukan di dalam kedua-duanya warna dingin dan hangat positif: royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, ambisi. Untuk negatifnya kegaiban, kemurungan.

Emas positif: kekayaan, kemakmuran, berharga, tradisional. Untuk negatifnya ketamakan, pemimpi .

Warna Netral Coklat, berwarna coklat, gading, kelabu, putih dan hitam adalah warna netral. Warna netral adalah suatu pemilihan agung untuk bergaul dengan suatu palet(lukis) hangat atau dingin. warna-warna itu adalah yang baik untuk latar belakang dalam suatu disain, dan juga cenderung untuk berbicara lebih pelan, penggunaan dari yang lain lebih menaklukkan warna. Tambahkan hitam untuk menciptakan suatu yang lebih gelap ” keteduhan” tentang suatu warna utama, sedang putih ditambahkan untuk menciptakan suatu tongkang/geretan ” warna”.
Berikut beberapa makna dari beberapa warna netral
Hitam positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas. Untuk negatifnya kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban.

Kelabu positif: keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen, padat, konservatif. Untuk negatifnya muram, sedih, konservatif.

Cokelat positif: ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, konservatif. Untuk negatifnya dogmatis, konservatif.

Tan ( wol halus yang masih putih) positif: ketergantungan, fleksibel, keriting, konservatif. Untuk negatifnya tumpul, membosankan, konservatif Gading positif: ketenangan, kenyamanan, kebersihan/kesucian, hangat. Untuk negatifnya lemah, tidak stabil.

Putih positif: kebaikan, keadaan tak bersalah, kemurnian, segar, gampang, bersih. Untuk negatifnya musim dingin, dingin.

Jauh Kita mungkin bertanya-tanya, ”Apa yang merupakan kebenaran mewarnai kombinasi untuk bisnis website?” Selagi tidak ada kemutlakan “kebenaran”. Untuk mewarnai website, kamu perlu memahami target pendengar, dan mempertimbangkan tanggapan mereka tentang warna, yang tidak dimilik. Jika gol akhir adalah untuk memilih produk atau perusahaan, kemudian palet warna harus ditetapkan. Ada keseluruhan faktor yang menandai apa yang pengunjung suka atau tidak suka.

Faktor dasar target pengunjung untuk dipertimbangkan adalah perbedaan umur/zaman, perbedaan kelas, perbedaan jenis kelamin dan keseluruhan kecenderungan warna (Dilist).

Perbedaan umur/zaman adalah suatu faktor pokok yang tidak boleh diabaikan. Jika anak remaja dan anak-anak adalah target pengunjung, kemudian mereka menyukai terang, warna dasar, warna primer merah, biru, kuning dan hijau. Bagaimanapun, berbeda dengan orang dewasa, lebih tua, mereka akan menyukai warna yang lebih gelap, sama dengan mewarnai dari kelompok warna-warna yang netral.

Perbedaan kelas adalah faktor pokok yang lain di dalam memilih warna. Riset Amerika Serikat telah menunjukkan kelas pekerja menyukai warna seperti biru, merah, hijau, dan lain lain, yang lebih terdidik cenderung untuk menyukai yang lebih mengaburkan warna seperti taupe, warna biru langit, celadon, ikan salem, dll.

Perbedaan jenis kelamin adalah suatu faktor nyata didalam memilih warna. laki-laki cenderung untuk menyukai warna cool seperti hijau dan biru, di mana wanita menyukai warna lebih hangat, merah dan orange. Jika kita mempunyai pendengar/pemerhati keduanya para laki-laki dan perempuan, yang akan mempertimbangkan pencampuran beberapa warna dari palet cool dan hangat kepada keduanya laki-laki dan perempuan dapat bertanya pada mereka.

Yang terakhir tapi bukan tidak penting adalah kecenderungan warna. Menurut definisi, suatu kecenderungan berarti “trend”. Memilih warna yang populer boleh-boleh saja untuk beberapa bentuk website dan produk, tetapi jika kita ingin menyajikan umur yang panjang dan stabilitas web, kemudian warna populer tidak memungkinkan jadi yang terbaik untuk web kita. Sebagai gantinya, kita boleh mempertimbangkan warna yang lebih tradisional yang berdiri dari waktu ke waktu. 

Memilih warna lebih kepada mengambil apa yang dirasa baik oleh kita, adalah menimbulkan suatu tanggapan lain dari yang melihat web kita. Dengan mengetahui target dan efek yang berbeda dari warna yang ditimbulkan, kita memperoleh suatu kemampuan lebih besar untuk menentukan apa yang menjadi warna terbaik untuk menarik pengunjung.
Satu catatan terakhir tentang warna
Pengunjung web biasanya menggunakan monitor berbeda, browser berbeda , dan sistem operasi berbeda. Itu hampir mustahil untuk memastikan bahwa warna yang kita buat akan sama pada tiap-tiap komputer seperti halnya sedang dicetak. Jangan hanya terkait dengan perbedaan pada komputer yang berbeda, tetapi bagaimana kita mencoba menjadikan konsisten. Bagaimana kita menciptakan suatu palet warna untuk perusahaan, identitas merek, atau warna produk. Konsistensi adalah kunci. Gunakan warna yang sama pada seluruh usaha pemasaran untuk menciptakan keakraban dengan produk atau perusahaan. Konsistensi akan membantu menarik pengunjung.

Mungkin itu sedikit solusi memilih beberapa makna dari beberapa warna , silahkan kalau ada temen-temen yang mau menambahkan atau berbagi , karna admin juga manusia yang banyak kekurangan .
Terima kasih , dan semoga bermanfaat dan dapat membantu :) 

Comments