Tolls Online untuk menganalisa halaman Web/Blog

Keberhasilan beberapa blog/situs populer bukan karena kejeniusan mereka memainkan SEO dan Keyword, bukan juga karena content yang mereka tulis memang merupakan materi populer, tapi banyak sekali faktor-faktor yang menentukan, ini sebaiknya yang harus kita cermati sekaligus dipelajari jika ingin blog kita benar-benar bisa sejajar dengan blog/situs populer lainnya.

Cara inilah yang selalu saya lakukan bila setiap kali menemukan situs-situs populer, saya selalu melakukan riset, mempelajarinya, lalu mencoba mengakses keberbagai data statistik mereka. Dan cara ini lumayan berhasil dari pada saya harus menghabiskan waktu mempelajari keyword utama mereka, apalagi sampai membuat duplikat konten terbaik pada situs populer tersebut.

Pokoknya jangan sampai deh, Nah, dari pada tanya sana-sini tidak jelas, lebih baik saya sarankan kita mencoba menganalisa statistik halaman mereka secara langsung. Caranya mudah saja, coba pelajari statistik halaman kita sendiri terlebih dahulu, sekarang coba bandingkan dengan beberapa halaman web populer lainya.

Lihat dan coba perhatikan statistik web mereka, misalkan dengan membandingkan kecepatan loading page, bandingkan jumlah karakter keyword dan deskripsi yang mereka gunakan, pada layanan populer mana saja halaman mereka terindex ? dan tentu saja masih banyak lagi yang harus kita pelajari. Yang jelas, semakin sering kita melakukan riset, semakin banyak pula ilmu untuk memudahkan kita menemukan jawabannya.

Dibawah ini merupakan sedikit tool online yang saya tau biasa digunakan untuk melakukan riset dan mencoba menganalisa halaman-halaman web/blog target, silahkan dicoba aja dulu.
Googlerankings.com
Dikembangkan oleh Graphite-Works, Budapest, Hongaria tim desain web Eropa, semata-mata untuk Pengambilan lokasi situs di halaman hasil pencarian Google. Googlerankings.com adalah tidak berafiliasi, disponsori atau dengan cara apapun milik atau tanggung jawab Google.com. Meskipun demikian alat yang menggunakan Web API Google untuk menemukan nama domain dalam daftar Google.com menunjukkan untuk pencarian tertentu, sehingga ini didukung oleh Google. Layanan ini beroperasi dengan courtesy of Google Inc., dan telah diberi izin untuk dijalankan oleh departemen hukum mereka.
SEMRush
Dimulai pada tahun 2008 sebagai kelompok kecil SEO dan spesialis IT disatukan oleh satu misi - untuk membuat kompetisi secara online yang adil dan transparan, dengan kesempatan yang sama bagi semua orang. Setelah tujuh tahun percobaan trailblazing dan kemajuan konstan, kami telah tumbuh menjadi layanan penelitian terkemuka di dunia yang kompetitif untuk pemasaran online. Perjalanan jalan dari startup kecil untuk sebuah perusahaan internasional yang besar, kami di SEMRush yang masih setia dengan nilai-nilai mendasar yang harus kita di mana kita sekarang - beradaptasi dengan perubahan selama mengikuti rencana yang ketat dan selalu menempatkan individu atas proses. 
Urlmetrix.com
URLMetrix merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk memeriksa popularitas URL (link popularity) suatu Blog atau WebSite. Hanya dengan memasukan alamat URL, kita langsung disuguhkan beberapa informasi penting tentang keberadaan, posisi dan ranking serta jumlah backlink dari beberapa layanan populer seperti Google PageRank, Alexa Rank, Compete Rank, Quantcast rank, Technorati Rank, Google Indexed, Yahoo Indexed, Google BackLinks, Yahoo BackLinks, Delicious Bookmarks, DMOZ Links dan beberapa layanan popular lainnya.
Tools.pingdom.com
Pingdom.com layanan Page Speed Test inilah yang sampai saat ini masih saya gunakan, layanan ini mampu memberikan informasi lengkap dalam menganalisa setiap ukuran image yang kita gunakan pada halaman web. Terus terang saya selalu memperhatikan masalah ukuran gambar, anda bisa cek sendiri sebesar apapun ukuran gambar yang saya gunakan dan biasanya tidak lebih besar dari 10KB.
websiteoptimization.com
Websiteoptimization.com Tool ini termasuk web page speed report yang akurat, dan ada banyak sekali informasi yang ditayangkan. Selain hanya menyampaikan informasi penting pada halaman web yang di analisis, kita juga diberikan solusi serta pemecahan masalah.

Gali dan terus gali semua informasi yang anda butuhkan..karena apapun pertanyaan anda semua sudah terjawab di Google. Satu rahasia yang jarang diungkap para master SEO, yaitu Google hack dan basic SEO dari Google itu sendiri.. ini bisa rekan pelajari pada GHDB (Google Hack Data Base) yang sebenarnya sudah lama sekali dikelompokan kedalam satu database yang dikembangkan oleh Johnny i hack stuff.

Silahkan pelajari cara Google menganalisa halaman web target, tapi bukan cara h*cking-nya lho ya. Trus alamat link-nya mana?? nah itu dia, silahkan di Googling aja pasti ketemu kok Sebenarnya beberapa layanan diatas bukanlah sebagai solusi, tapi hanya sebagai tools mempermudah pekerjaan anda saja.

Saya selalu berusaha membuat pembaca blog ini tidak manja. Dan jujur saja, membangun blog itu sangat sulit dan tidak semudah membalikkan telapak tangan, semua butuh waktu tenaga dan pikiran. Jadi pelajari saja karakteristik blog/site populer sesuai target yang ingin anda pelajari statistiknya, saya yakin semakin sering anda menganalisa, semakin mudah saja anda akan menemukan jawaban pada akhirnya.

Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat dan menambah sedikit ilmu bagi pemula seperti saya ini. Untuk para Master SEO atau Master master lainya jika ada yang mau menambahkan atau kritik yang membangun silahkan berbagi untuk perkembangan blog kecil saya kedepannya.

Comments