Cara Sukses Promosi Blog yang Spesifik

Tips Ampuh Promosi BLOG/WEBSITE Merupakan harapan bagi setiap blogger untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung pada websitenya tentunya sudah banyak para blogger melakukan berbagai trik cara promosi blognya agar dapat meningkatkan pengunjung , kali ini saya akan coba memaparkan kepada sobat blogger tentang cara promosi blog yang lebih spesifik dilengkapi dengan cara aplikasinya, sebelumnya pada blok saya ini sudah saya publish tentang 22 cara meningkatkan traffic blog untuk lebih lengkap lagi tentang mempromosikan blog.

Untuk itu saya coba mempublish postingan saya kali ini tentang bagaimana cara sukses promosi blog dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat langsung diterapkan pada blog atau website…,mudah-mudahan cara-cara yang saya paparkan dibawah ini dapat membantu sobat blogger ….! Promosi blog melalui Search Engine.

Tips ini wajib hukumnya karena Search engine adalah sumber utama trafic blog Anda, karena Anda akan mendapatkan direct traffic atau kunjungan yang langsung menuju blog Anda melalui pengetikan URL dari peramban search engine, tentunya search engine yang terkenal dan terbesarlah yang sering dipakai para pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkannya , seperti search engine Google, Yahoo, AOL, MSN dan ODP Dmoz(Web directory), search engine inilah yang harus Anda fokuskan dalam promosi blog Anda, diblog rahasia online bisnis ini saya akan coba menjelaskan dan share kepada Anda secara rinci bagaimana mengoptimalkannya dan bagaimana cara melakukan promosi dengan mendaftarkan blog Anda ke search engine Google, Yahoo, dan MSN.
Cara praktis daftar blog ke Search Engine
Selain dengan cara-cara manual seperti yang dijelaskan diatas , dengan menggunakan auto web submit adalah cara yang lebih praktis. Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran. Anda bisa mencarinya sendiri di search engine atau tanyakan saja ke search engine Google dengan cara mengetikan kata kunci free auto web submit. Untuk memudahkan dalam mendaftar ke search engine , saya sarankan Anda menggunakan layanan Mypagerank. Layanan lain yang dikhususkan dalam pencarian blog diantaranya adalah Google Blog Search dan Blogdigger kedua layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan saat ini , hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas ping karena hal ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan blog yang telah dibuat. Salah satu web auto submit adalah mypagerank, layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog kebeberapa search engine besar seperti dibawah ini : 

www.google.com I www.searchengine.com I www.infotiger.com I www.scrubtheweb.com I www.searchuk.com I www.entireweb.com I www.maxpromo.com I www.aesop.com I www.whatuseek.com I www.splatsearch.com I www.walhello.com I www.acoon.de I www.szukacz.pl I www.davpop.com I www.fybersearch.com I www.biveroo.de I www.infoseek.co.jp I www.yandex.ru I www.amfibi.com I www.bifinder.com I www.metawebsearch.com I www.javde.com I www.cipinet.com I www.websquash.com I www.serch-o-rama.com I www.unasked.com I www.uk.abacho.com I www.mixcat.com

Untuk mempromosikan blog keseluruh search engine dengan sekali submit seperti search engine diatas silahkan Anda Promosikan blog Anda kedirectory ODP DMOZ. DMOZOPDOPTIMAZE Apa itu ODP Dmoz ? ODP DMOZ adalah singkatan dari (Open Directory Project Directory Mozilla) .merupakan directory search engine terbesar untuk saat ini , hampir kurang lebih 37.000 orang sukarelawan yang menjalankan tugasnya sebagai editor pada directory tersebut. Dmoz termasuk yang fenomenal dalam Directory search engine karena hampir semua search engine yang terkenal mengacu pada directory Dmoz.

Beberapa search engine yang mengacu pada DMOZ diantaranya : Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, AskJeevess, Netscape, Hotbot dan beberapa search engine yang lain. Yang jelas jika situs atau blog Anda terindex pada directory tersebut, berbanggalah jika blog Anda salah satu yang dipilih dan pantas masuk kategory mereka , karena blog atau situs yang pantas masuk merupakan dari suatu proses penyaringan yang sangat ketat.

Tidak jarang blog/situs yang mendaftar ditolak bahkan tanpa konfirmasi sama sekali. Untuk cara mendaftar ke ODP DMOZ Cara ini adalah salah satu dari cara yang paling ampuh, Anda pasti sudah sangat kenal dengan facebook dan twitter dua jjs ini adalah jjs yang sangat digemari para netter, apa salahnya manfaatkan keunggulannya dengan cara mempromosikan situs Anda melalui facebook dan twitter, Trik ini adalah yang harus dilakukan sebagai dasar utama SEO OPTIMIZATION untuk mempromosikan blog atau website Anda , Dengan terdaftarnya blog Anda ke directory RSS Search Engine tentunya dengan menggunakan layanan pihak ketiga ini memungkinkan blog Anda lebih dikenal luas keseluruh dunia.

Dibawah ini adalah situs – situs layanan submit RSS yang sangat direkomendasikan untuk mendaftarkan blog Anda ke directory RSS : Technorati : http://www.technorati.com Blog Pulse : http://www.blogpulse.com Blog Digger : http://www.blogdigger.com Myblogblog : http://www.myblogblog.com Digg : http://www.digg.com Del.icio : http://www.del.icio.us 

Promosi Blog ke technorati.
Salah satu dari kunci utama meningkatkan traffic PR Anda diantarannya adalah dengan cara mendaftarkan blog atau situs Anda ke BookMark terkenal seperti Technorati, karena Technorati merupakan salah satu directory blog yang cukup populer sampai saat ini, technorati menjadi favorite para blogger, jadi sudah seharusnya Anda mendaftarkan kelayanan ini.

Keuntungan dari layanan ini yaitu selain blog kita akan dikenal luas sekaligus meningkatkan trafic pada blog kita. RSS Submit, adalah sebuah situs web layanan yang sudah sangat terkenal bagi para blogger senior untuk meningkatkan traffic reader pada RSS FEED Blognya, Dengan menggunakan bantuan layanan pihak ketiga ini Anda dapat melakukan pendaftaran RSS FEED Anda secara massal ke berbagai directory RSS Submit , Anda bisa meningkatkan trafic dengan mendaftarkan Rss Feed secara massal ke berbagai Rss search engine. Tidak diragukan lagi determinasinya RSS Submit untuk mendonkrak readers untuk RSS FEED Anda, Tidak terbayangkan ketika Anda sudah menulis kontent RSS FEED yang sudah Anda anggap bermutu dan bernilai guna dan Anda duplikasi RSS FEED Anda ke Feedburner kemudian tidak ada satupun orang yang membacanya.

Apa jadinya jika Feedcount Anda tidak ada peningkatan, ini berarti bukan konten Anda yang tidak berbobot tapi Anda kurang gencar melakukan promosi Rss Anda. Dengan menggunakan bantuan tools RSS Submit Anda telah melakukan submit Rss Anda ke 80 directories sekaligus. Ini berarti FeedCount Anda mengalami peningkatan sebanyak 80 readers dan ini belum termasuk pembaca didalamnya.

Tools ini tidak gratis, Anda harus mengeluarkan kocek tidak sedikit, jangan khawatir Anda bisa mencoba dengan versi trialnya dengan submit rss 18 directories secara massal , Jika Anda tertarik …. Jika Anda ingin menggunakan layanan RSS Submit gratisan ada baiknya Anda menggunakan keistimewaan Allscoop RSS Submit Feed Pro , dengan submit feed ke situs tersebut maka feed Anda akan tersimpan secara pemanen di situs mereka, karena web mereka umumnya mempunyai pagerank dan alexa dengan hit yang tinggi maka dengan sendirinya lebih mudah bersaing dalam perebutan posisi SERP.

Sehingga memudahkan link feed blog kita muncul di search engine yang fundamental dan secara tidak langsung jika pengunjung membuka feed tersebut akan diarahkan ke blog kita. Metode submit feed ini merupakan salah satunya dari keampuhan TEKNIK SEO , Terutama blogger baru ( termasuk saya newbie blogger alias blogger pemula ) yang belum mempunyai pagerank dan tidak mendapat backup dari blog yang berpagerank tinggi.

Penyedia layanan tempat untuk mempromosikan RSS FEED Blog atau situs Anda dengan gratis , salah satunya yang sering digunakan para blogger senior adalah dengan menggunakan Allscoop Rss Submit dimana Anda diberikan kesempatan melakukan Rss submit ke 50 directories, karena gratis tentu saja fasilitasnya terbatas, jadi jangan berharap banyak dengan tools ini .

Tukeran Link Feed dengan Friendfeed. Friendfeed sudah menjadi sangat populer bagi para netter untuk mempromosikan websitenya khususnya bagi para blogger , karena dengan menggunakan layanan friendfeed kita dapat saling bertukar link feed ke sesama anggotanya , sudah tentu dapat meningkatkan pembaca feed reader Anda. Friendfeed mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Rss Feed Readers standart dimana layanan ini memiliki kemampuan untuk menampilkan musik dan video sama halnya dengan layanan milik google feedburner.

Friendfeed bisa dikatakan sebagai feed agregator layanan online yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web,rss feed, foto, video dan musik milik teman dan keluarga Anda ketika mereka membagikannya. Layanan ini juga menawarkan cara unik untuk mengetahui dan mendiskusikan informasi terbaru dengan teman Anda, selain itu Anda dapat mengamati setiap perubahan yang terjadi pada banyak situs dan blog teman Anda secara real time tanpa harus mengunjunginya, Bahkan friendfeed dapat dihubungkan dengan layanan facebook dan twitter sehingga dapat mempermudah Anda untuk memperbanyak traffic pengunjung blog Anda melalui teman, saudara , relasi bisnis Anda di facebook dan twitter.

Jika Anda berminat untuk menjadi members pada Friendfeed Gunakan PING untuk Promosi Blog Anda. Hampir sebagian besar para blogger memanfaatkan layanan Ping untuk meningkatkan page ranknya , Arti ping pada blog adalah pemberitahuan ke sebuah situs bahwa blog telah dibuat atau diperbarui. Ping biasanya berupa pesan XML yang berisi URL blog.

Situs pelacak blog biasanya menerbitkan alamat internet terpisah untuk menerima ping. Situs berita juga biasanya memiliki alamat ping sendiri. Ping berguna untuk promosi blog karena memberitahukan situs lain ketika sebuah blog diperbarui sehingga bisa mengarahkan dan meningkatkan traffic. Ping juga digunakan ketika sebuah blog A mengirimkan pelacakan ke Blog B untuk memberitahu Blog B (lewat ping dan mengakibatkan pelacakan komentar) bahwa Blog A memiliki link ke Blog B.

Istilah ini lebih dikenal dengan “trackback”. Sedangkan pelacakan dalam satu blog yang sama atau antar tulisan dalam satu blog dikenal dengan “pingback”, karena dengan menggunakan Ping blog berarti menginformasikan pada search engine bahwa adanya update terbaru dari blog atau website Anda. Sehingga search engine segera membaca adanya informasi atau artikel baru dari blog Anda.

Secara mekanisme bahwa search engine sangat menyenangi blog atau website yang selalu ter-update kontennya. Jadi salah satu kunci utama Peningkatan Page Rank bisa diantaranya yang cukup ampuh dengan menggunakan fasilitas layanan ping sebagai usaha untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kualitas ranking pada blog Anda.

Cara ini merupakan cara praktis agar blog selalu diketahui banyak pengunjung. Memang Blogger sebenarnya sudah menyediakan layanan ping khusus untuk blog standart, Jika Anda tidak puas dengan layanan ping pada blogger , masih banyak pilihan layanan ping lainnya yang sudah teruji determinasinya untuk meningkatkan traffic pengunjung blog atau website Anda , Anda bisa memilih opsi layanan ping yang lainnya seperti yang ada dibawah ini.
Situs layanan Ping yang sangat direkomendasikan

www.technorati.com http://www.mypagerank.net/service pingservice index http://www.pingoat.com http://www.pingomatic.com www.feedburner.com Dibawah ini merupakan kumpulan alamat ping service yang bisa Anda gunakan untuk promosi blog : www.1470.net I www.a2b.cc I www.amagle.com I www.apple.com I www.bakeinu.jp I www.bblog.com I www.bitacoles.net I www.blo.gs I www.blog.goo.ne.jp I www.blogbuzzmachine.com I www.blogdb.jp I www.blogdigger.com I www.blogflux.com I www.blogg.de I www.bloggers.jp I www.blogmatcher.com I www.blogmura.jp I www.blogoole.com I www.blogoon.net I www.blogpeople.net I www.blogrolling.com I www.blogroots.com I www.blogshares.com I www.blogstreet.com I www.britblog.com I www.bulkfeeds.net I www.cocolog-nifty.com I www.coreblog.org I www.datashed.net I www.effbot.org I www.exblog.jp I www.fakapster.com I www.feedburner.com I www.feedster.com I www.fokuslook.com I www.google.com I www.holycowdude.com I www.icerocket.com I www.imblogs.net I www.lasermemory.com I www.mod-pubsub.org I www.moreover.com I www.msn.com I www.myblog.jp I www.newsgator.com I www.newsisfree.com I www.pingates.com I www.pingoat.com I www.pingomatic.com I www.pingqueue.com I www.popdex.com I www.pubsub.com I www.rootblog.com I www.snipsnap.org I www.syndic8.com I www.tailrank.com I www.technorati.com I www.topicala.com I www.topicexchange.com I www.wasalive.com I www.weblogalot.com I www.weblogs.com I www.weblogs.se I www.weblogues.com I www.wpkeys.com I www.yahoo.com/rpc2 I www.yahoo.com/rss/ping I

Jika Anda sudah melakukan semua proses ping dengan layanan – layanan ping diatas, Anda tinggal menunggu hasilnya.
Tips menggunakan Ping  Lakukan ping jika Anda telah mengupdate blog Anda Lakukan ping jika Anda melakukan posting terbaru Jangan lakukan ping terlalu sering karena ini bisa dikatakan sebagai spam Lakukan ping seperlunya dan jangan berlebihan Yang perlu diperhatikan adalah layanan Ping ini bisa memperlambat proses postingan blog kita bila hosting yang kita gunakan membatasi bandwith yang kita gunakan.

Bertukar link (banner exchange) Buat Banner blog atau link exchange simple button untuk bertukar link dengan blok lain, Tips ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan back link dan banyak digunakan oleh para blogger, caranya adalah bertukar link dengan blok yang topiknya sama dengan blok kita, kalau memungkinkan dengan blok yang pagerangenya lebih tinggi.

Tips Untuk blogger baru/newbie ( seperti saya yang masih newbie ): Gunakan link outomatis untuk bertukar link secara praktis, Trik ini merupakan trik yang cukup ampuh untuk Anda yang senang bertukar link dengan sesama blogger, mungkin ini dapat dipertimbangkan menjadi salah satu sarana bertukar link di blog Anda.

Cari blog yang sudah terkenal yang mempunyai rangking terbaik, selain meninggalkan jejak hal ini akan membuat blog Anda terindex oleh search engine. Saling bertukar link antar new blogger tidak hanya membuat blog Anda dikenal, akan tetapi sebagai media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi. Jangan pernah punya perasaan buruk, dendam, kesal, merasa terhina jika tidak dilink balik, berfikirlah positif mungkin saja saat ini ia lagi sibuk atau lupa. Berikan komentar dengan cara bijak , halus, dan berkesan baik.

Tips Untuk blogger lama Bagi para blogger yang senior berbagilah link dengan blogger baru, Karena tanpa dukungan mereka blog Anda tidak akan berarti apa-apa.

Memang bertukar link dengan blogger baru tidak akan mengunungkan apa-apa dari segi web page ranking dan malah menguntungkan bloger baru, tetapi Anda harus ingat dalam hal lain blog Anda akan terus dikunjungi dan diingat para blogger baru, alasannya cukup sederhana karena mereka sangat dihargai dan diperhatikan serta memberikan kesan positif.

Jangan merasa kesal dengan ulah blogger baru, maklumi saja mereka masih pemula ( termasuk saya sendiri ) mungkin perlu waktu untuk belajar lebih banyak, coba Anda renungkan kembali bagaimana cara Anda ketika baru belajar mempromosikan blog, saya rasa mungkin sama.

Perhatikan Broken Link, Pastikan tidak ada link exchange yang rusak diblog Anda. Lakukan Redirect link, selalu melakukan link balik jika ada yang memasang link exchange di blog Anda. Tips bertukar link : Semakin banyak link dengan PR tinggi yang menuju pada blog Anda maka akan meningkatkan nilai PR blog Anda, jadi gunakanlah Redirect link pada website atau blog yang pagerange nya tinggi atau blog/website yang memiliki hit traffic pengunjung, lakukan ini pada setiap ada kesempatan untuk lebih meningkatkan lagi traffic pengunjung blog .

Untuk cara membuat dan menggunakan link exchange selengkapnya Blogwalking atau Memberi komentar adalah salah satu dari promosi blog yang terbaik. Memberikan komentar ke blog yang dikunjungi adalah terbukti meningkatkan traffic blog dan hampir setiap blogger melakukannya. Hampir semua blogger tentunya sangat menyukai comment yang super friendly atau yang bersahabat buatlah komentar yang berkesan pada blog yang dikunjungi, besar kemungkinan dengan komentar yang friendly dan berkesan membuat yang punya blog akan me-respon Anda dengan mengunjungi dan comment diblog Anda, hal semacam inilah yang dapat meningkatkan traffic pengunjung blog Anda.

Tips memberikan komentar ke blog yang dikunjungi, Isikan komentar apapun yang positif pada blog orang lain isi buku tamu atau online chat atau tagboard kalau memang tersedia Berikan pujian apa adanya pada blog yang dikunjungi, jangan terlalu berlebihan dalam memberikan pujian mungkin ada sebagian orang yang menilai pujian yang berlebihan adalah hinaan.

Berikan komentar yang berbobot dan berkesan sesuai dengan topik yang ada. Jangan melakukan spam. Jangan melakukan comment ke blog orang lain yang mengandung paksaan alias promosi yang berlebihan agar dapat mengunjungi blok Anda. Promosi Lewat Shoutbox/TagBoard.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan sering bertanya/sharing pengalaman blogger yang sudah senior dan pageranknya yang sudah hit bahwa cara promosi lewat TagBoard/ShoutBox adalah cara yang paling mudah dan ampuh untuk mempromosikan blog Anda sebagai blogger pasti sudah mengenal shoutbox/Tagboard atau istilah kerennya Kotak pesan singkat.

Biasanya kotak pesan diletakan pada halaman utama pada beberapa blog personal, ini merupakan kesempaan yang baik buat Anda untuk memulai promosi blog, namun Anda harus hati-hati dalam memberikan pesan, jangan melakukan spam, beri pesan bersahabat dan apa adanya.

Bergabung dengan Forum/mailing lists : Bergabung dengan millis/forum yang sesuai dengan materi blog, mengapa harus sesuai dengan materi ? Karena jika tidak, kemungkinan besar kita hanya berniat spam yang justru akan merugikan performance dan value dari blog/website yang kita miliki. Cara paling mudah untuk menarik minat seseorang untuk datang berkunjung adalah meninggalkan link blog/website pada bagian signature, disertai keterangan singkat yang bermutu mengenai isinya. Cara ini akan membuat relationship antar blogger. Beri komentar atau menjawab semua persoalan yang baik diforum dan ingat jangan lakukan spam.

Signature E-mail / Promosikan melalui E-MAIL Promosi blog melalui signature e-mail tidak ada salahnya tetapi hati-hati jangan sampai dianggap SPAM , Cara ini lebih efektif untuk mempromosikan blog Anda, misalnya Anda kirimkan keteman, saudara, rekankerja/bisnis , cukup berikan keterangan alamat blog sebagai informasi lebih lanjut, tanpa melakukan paksaan ke blog yang diinformasikan.

Tips untuk Signature E-mail Etika dan bahasa tulisan blog untuk promosi. Gunakan bahasa tulisan postingan Anda yang bersahabat Penggunaan Bahasa pada blog atau situs yang Anda tulis Gunakan bahasa tulisan yang berkesan dan bermutu. Sederhanakan Halaman Blog/website Anda dengan menggunakan template yang elegan. Sebagian besar blogger yang menambahkan fasilitas periklanan biasanya berfikir untuk menjadikan blognya sebagai monetize blog.

Kadang website dalam bentuk CMS juga di optimasi agar bisa mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang penambahan penghasilannya. Agar menarik, blog juga dibuat dan ditambahkan berbagai feature. Akibatnya bisa ditebak , alih-alih menarik pengunjung, blog menjadi terlalu lambat karena dijelajahi oleh fasilitas tambahan, Mereka tidak menyadari bahwa blog degan bentuk simple (efeknya tentu saja cepat dan mudah di akses) atau website yang elegan dan statis dapat juga menghasilkan profit.

semoga coretan di atas dapat membantu :) , Terima kasih .

Comments