Cara Menjadikan Komputer Sebagai Player Karaoke

software-karaoke-di-pc-komputer
Narasi Karaoke src google img

Karaoke Room atau ruang karaoke, mungkin anda tidak asing dengan istilah karaoke, menjamurnya bisnis karaoke dimana-mana, bahkan hampir setiap daerah ada tempat-tempat karaoke dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan serta tarif yang tidak murah.


Pengertian Karaoke
Menurut Wikipedia : bentuk hiburan interaktif atau video game di mana penyanyi amatir bernyanyi bersama dengan rekaman musik (a music video ) dengan menggunakan mikrofon dan sound sistem publik. Musik karaoke biasanya lagu minus lead vocal. Lyrics biasanya ditampilkan pada layar video, bersama dengan simbol bergerak, berubah warna, atau gambar video musik, untuk membimbing penyanyi. Di beberapa negara, di sebut sebuah kotak karaoke KTV. Ini juga merupakan istilah yang digunakan oleh para teknisi rekaman diterjemahkan sebagai "lagu kosong" yang berarti tidak ada track vokal.

Singkat cerita untuk berkaraoke pastinya harus dilengkapi dengan beberapa peralatan pendukung seperti player (vcd / dvd / komputer /dll), microphone, dan pengeras suara. secara umum kebanyakan dari kita menggunakan, vcd atau dvd sebagai pemutar (player) lagu-nya.

Menjadikan PC / Komputer / Laptop Sebagai Player Karaoke
Menjadikan PC / Komputer / Laptop Sebagai Player Karaoke
Melengkapi pc agar bisa dijadikan sebagai pemutar (player) karaoke, untuk personal (pemakaian pribadi), dipasang dirumah sendiri, atau usaha bisnis karaoke buat public, usaha karaoke menurut hemat saya anda bisa pergunakan perangkat komputer, dengan menambahkan player khusus karaoke bisa lebih leluasa, ada banyak software player yang bisa diinstalkan pada komputer, dan anda bisa unduh dari internet, atau membelinya dari situs-situs online yang menawarkan software karaoke, tersebut.

Apa Keuntungan menggunakan komputer.?
Ini merupakan alasan saya menulis artikel ini, dan di beri judul "Menjadikan Komputer Sebagai Player Karaoke", pastinya dengan komputer semuanya lebih praktis, dilihat dari display tampilan layar, display tata ruang terkesan profesional ketimbang menggunakan vcd/dvd player biasa, kualitas suara yang keluar lebih baik dari pada vcd biasa, bisa tambah lagu, bisa rekam sendiri, dan bisa menambahkan berbagai efek-efek audio dengan melengkapi aplikasi multimedia pada komputer tersebut, kendala lain saat menggunakan dvd /vcd player sering sekali ada masalah seperti tampilan no disc, gambar patah-patah karena melemah-nya kepekaan optik dvd palyer atau kepingan dvd rusak/gores/cacat, sering pilih-pilih lagu, berbeda jika menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software karaoke pada pc, koleksi lagu karaoke yang dimiliki tinggal disimpan pada drive harddisk komputer.

Bisnis / Usaha Karaoke
Menjamurnya usaha karaoke dimana-mana, membuktikan kalau karaoke bukan semata untuk dinikmati secara personal, melainkan sudah menjadi kebutuhan public, bagi mereka yang mengerti dan bergelut di bidang bisnis, hal ini bisa jadi peluang besar untuk meraup keuntungan dengan membuka bisnis / usaha karaoke.

Sekilas pengalaman beberapa hari ini.
Beberapa hari belakangan ini saya dikagetkan dengan penawaran alat karaoke, dengan harga Rp 12 Jt kondisi bekas pakai, untuk tingkat profesional harga segitu emang tidak besar, yang buat saya terkaget itu karena spesifikasi perangkat yang digunakan, menurut saya tidak layak untuk umum (bisnis), perangkat player menggunakan dvd player biasa, suara / audio midi, display menggunakan televisi tabung, sound system rakitan, speaker rakitan, microphone standar.

Software Karaoke di PC
Beberapa software karaoke yang bisa di install atau di pasang pada komputer atau laptop bisa menggunakan, vanbasco atau karafun player untuk kualitas midi, bisa di unduh, software tersebut juga sudah dilengkapi dengan ribuan lagu midi, saya juga mengkoleksi beberapa aplikasi buat karaoke.

Semoga bermanfaat.

Comments